Skandal Pungli di Tegalrejo Kotabaru Sudah Berlangsung Lama! Duh, Usai Divaksin Covid-19 Sejumlah Wartawan Pingsan Dituding Gelembungkan Suara, Komisioner KPU Banjar Belum Berniat Polisikan Saksi Polisi Buru Perempuan Pelaku Prostitusi Online via MiChat di Balikpapan Alasan Mengapa Ananda-Mushaffa Sulit Menang di MK

Sokong IKN, Bupati Tanah Bumbu Tawarkan Potensi Pertanian ke Penajam

- Apahabar.com Jumat, 5 Februari 2021 - 12:21 WIB

Sokong IKN, Bupati Tanah Bumbu Tawarkan Potensi Pertanian ke Penajam

Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor diterima Sekretaris Kabupaten PPU Muliadi beserta Pengurus PKK dan sejumlah OPD membahas kerja sama sejumlah bidang terkait pembangunan ibu kota negara. Foto: Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Baru tadi, Bupati Tanah Bumbu, Sudian Noor berkunjung ke Penajam Paser Utara (PPU).

Di kabupaten calon ibu kota negara (IKN) itu, Sudian Noor membahas sejumlah kerja sama berbagai bidang. Khususnya pertanian.

“Meski beda provinsi, namun Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kawasan yang terdekat dengan calon IKN, jadi kedatangan kami ke sini selain untuk bertukar informasi juga menjajaki peluang kerja sama,” ujar Sudian Noor, Jumat (5/2) dilansir Antara.

Peluang yang paling memungkinkan dalam kerja sama untuk dimulai saat ini adalah bidang ekonomi, terutama sektor pertanian dalam karena Tanah Bumbu didukung dengan luasnya lahan pertanian.

Ia menjelaskan luas sawah baik fungsional maupun cadangan di Tanah Bumbu mencapai 19.844 hektare (ha), lahan pertanian bukan sawah seluas 410.897 ha sehingga total lahan pertanian mencapai 430.741 ha.

“Produksi padi sawah sebesar 83.867 ton dengan luasan panen 16.214 ha, sedangkan padi ladang mampu berproduksi 19.118 ton,” katanya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Muliadi, saat menerima rombongan dari Tanah Bumbu tersebut menyambut baik keinginan Bupati Sudian Noor melakukan silaturahim untuk penjajakan kerja sama terkait dengan penetapan calon IKN di daerah itu.

“Jika nanti IKN pindah ke sini, tentu akan ada jutaan warga baru yang pindah, sehingga mereka pasti memerlukan berbagai kebutuhan pokok di antaranya pangan, maka Tanah Bumbu yang merupakan daerah penyangga pasti terlibat menyuplai berbagai kebutuhannya,” katanya.

Ia mengatakan kawasan calon IKN di Penajam Paser Utara berada di Kecamatan Sepaku, sekitar 35 km dari Penajam, Ibu Kota Kabupaten Penajam Paser Utara sehingga jarak ini dinilainya tidak terlalu jauh.

“Kami terbuka melakukan kerja sama. Perlu juga kami sampaikan bahwa PPU (Penajam Paser Utara) selain unggul dalam produksi padi, perekonomian masyarakat PPU yang dominan adalah kelapa sawit, sehingga kita bisa kerja sama dalam industri hilir kelapa sawit,” ucap Muliadi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ketika Si Jago Merah Beraksi, Karyawan Duta Mall Padamkan Api dengan APAR
apahabar.com

Kalsel

Curhat Warga Tapin Setelah 3 Pekan di Rumah Isolasi Covid-19
apahabar.com

Kalsel

Berakhir Hari Ini, PSBB Banjarmasin Jilid III Masih Abu-Abu
Update Kondisi Pengidap Covid-19 Kalsel 7 April, Simak Rinciannya

Kalsel

Update Kondisi Pengidap Covid-19 Kalsel 7 April, Simak Rinciannya
apahabar.com

Kalsel

Cegah Karhutla, Polsek Karang Bintang Rutin Sambangi Warga
Infografis Cuaca. Foto-Istimewa

Kalsel

Siang ini, BMKG Prakirakan 4 Wilayah Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

GTPP Covid-19 Kalsel Identifikasi Data dan Permasalahan Covid-19 di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Pancasila Vs Paham Radikal, 23 Persen Mahasiswa Terpapar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com