Breaking! Heboh Mobil Terbakar di Tapin, 1 Warga Jadi Korban Kadesnya Dijebloskan ke Bui, Plh Bupati Kotabaru Buka Suara Dugaan Penggelembungan Suara Pilgub Kalsel, Muthalib: Paraf Saya Dipalsukan Dukung Infrastruktur Food Estate Kalteng, Kemenhub Tinjau Lokasi Dermaga Kapuas Usai Divaksin, Nakes di Palangka Raya Terpapar Covid-19

Ujian Bikin SIM Bakal Dilakukan Online

- Apahabar.com Jumat, 5 Februari 2021 - 17:46 WIB

Ujian Bikin SIM Bakal Dilakukan Online

Ujian praktik SIM. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan mengubah mengubah pengujian teori bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) dari metode konvensional menjadi tes online.

Kepala Korlantas Inspektur Jenderal Istiono mengatakan pihaknya akan mempersiapkan pelayanan SIM berbasis teknologi informasi untuk mendukung rencana ini. Namun untuk tes praktik, pemohon tetap harus hadir ke tempat pembuatan SIM terdekat.

“Ujian SIM teori kedepan bisa dilakukan dengan online, tetapi untuk ujian praktek harus tetap hadir, karena ini merupakan kompetensi dari pemohon SIM,” kata Istiono, dikutip CNN Indonesia dari laman resmi Korlantas Polri.

Lebih lanjut, Istiono belum menjelaskan mengenai teknis ujian teori SIM secara daring tersebut. Ia hanya bilang program tersebut masuk dalam target atau rencana 100 hari kerja Kapolri.

Saat menjalani uji kepatutan dan kelayakan sebelum menjadi Kapolri di DPR, Listyo Sigit sebelumnya mengusulkan berbagai pelayanan kepolisian dapat dilakukan secara daring, termasuk urusan SIM.

“Sebagai terobosan baru dalam modernisasi sistem pelayanan publik, diwujudkan dengan menyediakan beberapa pelayanan online dan delivery system. Tanpa perlu kehadiran masyarakat di lokasi pelayanan kepolisian,” ujar Listyo.

Menurut Listyo masyarakat hanya cukup mengandalkan aplikasi yang dibuat polisi tanpa harus ke lokasi.

“Sehingga masyarakat tak perlu datang ke kantor polisi, cukup masuk ke aplikasi tertentu yang nanti disiapkan sehingga kemudian dari aplikasi masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan,” ungkap Listyo.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Blusukan di Balikpapan, 1.401 Personel Gabungan TNI-Polri Diterjunkan
apahabar.com

Nasional

Kabut Asap, Garuda Batalkan 15 Penerbangan Domestik
apahabar.com

Nasional

Gubernur: Penyalahguna Narkoba Jateng Capai 300.000 Orang

Nasional

Ulama Syekh Ali Jaber Ditusuk di Lampung, Ustadz Abdul Somad Doakan Ini, HNW Minta Polisi Usut Tuntas
apahabar.com

Nasional

Sosok Sukanto Tanoto, Konglomerat Penguasa Lahan Ibu Kota Baru RI
apahabar.com

Nasional

Berharap Ibu Kota Baru Tak Senasib Jakarta
apahabar.com

Nasional

Gus Jazil: Semangat Agama Bertemu Nasionalisme di Hari Santri
apahabar.com

Nasional

Sepekan, IHSG Naik 0,98 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com