Sidang Pembuktian AnandaMu, Koordinator Banjarmasin-Baiman 2 Beri Kesaksian Kecelakaan Tunggal di Tol Mantewe Tanbu, Dua Orang Tewas Buntut Pembongkaran, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Kena Gugat Beredar Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta, Kordiv Bawaslu Terkejut Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!

Waspadai Penularan Covid-19 di Permukaan Benda Mati

- Apahabar.com Minggu, 21 Februari 2021 - 09:29 WIB

Waspadai Penularan Covid-19 di Permukaan Benda Mati

ilustrasi. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Virus Corona disebut bisa bertahan hidup beberapa jam di sejumlah benda mati. Untuk itu, waspadai media penularan Covid-19 lewat permukaan media tersebut.

Mengutip Detik, Minggu (21/2), Ketua Sub Bidang Penanganan Limbah Medis Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Dr dr Lia G Partakusuma, SpPK, MM, MARS, merinci berapa lama Covid-19 bertahan di beberapa jenis permukaan.

“Bahwa dia itu masih hidup sebetulnya di dalam permukaan-permukaan, iya memang di aerosol dia bisa tinggal cuma 3 jam, tetapi kalau di permukaan dalam jumlah banyak dia bisa hidup di kaca, di kayu, di plastik, di limbah karton,” jelas Dr Lia, yang juga seorang spesialis patologi klinis, dalam webinar di YouTube BNPB.

Menurut Dr Lia, COVID-19 juga bisa hidup di solid feses bahkan hingga berhari-hari. Maka dari itu, Lia menyebut setiap orang perlu mewaspadai penularan virus Corona COVID-19 dari beragam media.

“Nah di dalam solid feses itu dia masih ada 3-4 hari itu ya atau di feses masih ada, jadi banyak sekali bisa menularkan lewat mana-mana,” bebernya.
Dr Lia menyarankan, bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri agar perlu selalu melakukan disinfeksi di rumah. Setidaknya, virus Corona COVID-19 disebutnya bisa mati dalam suhu lebih dari 60 derajat Celcius.

“Tentu kita harus melakukan disinfeksi, kita membunuh kumannya, virus ini bisa mati dalam suhu lebih dari 60 derajat celcius, pakai alkohol, atau pakai detergen,” tegasnya.

Udara (aerosol): 3 jam
• Tembaga: 4 jam
• Karton: 24 jam
• Stainless steel: 2-3 hari
• Saluran air: 3 hari
• Solid feses: 3-4 hari
• Plastik: 3 hari
• Kayu: 4 hari
• Kaca: 5 hari

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Perhatikan Waktu yang Tepat Berangkat Liburan Bersama Anak
apahabar.com

Gaya

Gaharnya Sosok Toyota Hilux Racikan Tuner Racing TRD
apahabar.com

Gaya

Mengenal Tentang Gangguan Kecemasan
apahabar.com

Gaya

Cara Jitu Jaga Kesehatan Selama Berpuasa
apahabar.com

Gaya

Upaya Penanganan Adiksi Online Game
apahabar.com

Gaya

Pentingkah Pakai Penyangga Masker? Simak Kata Pakar
apahabar.com

Gaya

Pecinta Motor Dua Tak: Pembina Brotherhood Of Two Stroke Sebut Dua Tak Juga Punya Kelas
apahabar.com

Gaya

Apakah Kuning Telur Pucat dan Pekat Berbeda Nutrisinya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com