Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Bangun Gedung Baru, Uniska MAB Juga Usul 6 Dosen Jadi Guru Besar Jelang Nataru di Tabalong, 4 Warga Beserta Ratusan Botol Miras Diamankan Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Resmi, Pengurus MUI Kotabaru Dikukuhkan

Ada Ritual Mandi Bersama Tanpa Busana, Kemenag Selidiki Aliran Hakekok

- Apahabar.com     Minggu, 14 Maret 2021 - 13:31 WITA

Ada Ritual Mandi Bersama Tanpa Busana, Kemenag Selidiki Aliran Hakekok

Mandi bareng aliran Hakekok. Foto-Indeksnewsbanten

apahabar.com, JAKARTA – Mendapat informasi aliran Hakekok tak sesuaui ajaran Islam, Kementerian Agama dalam hal ini Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Mohammad Agus Salim menyelidiki ritual aliran tersebut.

Aliran Hakekok Balatustak tersebut berada di Desa Karang bolong, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang.

“Kita akan melakukan pendalaman terlebih dahulu, apakah pengikut aliran Hakekok ini adalah muslim, infonya mereka muslim tapi kita tetap harus memastikan, artinya kalau dilihat dari ritualnya berarti aliran ini tidak sesuai dengan ajaran agama Islam,” kata Agus seperti dilansir CNN Indonesia, Minggu (14/3).

Agus mengatakan pihaknya mendalami aliran Hakekok dengan melibatkan Pemerintah Daerah dan Penyuluh Agama Islam setempat ke lokasi kelompok tersebut.

Bahkan, Agus mengatakan akan menggandeng tokoh agama hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan instansi lainnya untuk memberikan pembinaan dengan pendekatan keagamaan.

“Bulan Februari kemarin, Direktorat Urais Binsyar Kemenag RI juga sudah menggelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Modul Penanganan Konflik Paham Keagamaan di Indonesia. Saat ini masih dalam proses penggodokan lebih lanjut, “kata dia.

Agus menjelaskan modul Penanganan Konflik Paham Keagamaan nantinya akan menjadi regulasi penanganan konflik terkait paham-paham keagamaan. Modul itu, kata dia, juga menyertakan standar operasional prosedur (SOP) untuk melacak faktor-faktor penyebab serta bagaimana tahapan dalam merespon pesan tersebut.

“Dalam modul itu juga akan menerapkan koordinasi lintas sektoral dalam pelaksanaannya, ada dasar hukumnya, serta manfaat dan implikasi koordinasi lintas sektoralnya. Sehingga hal itu dapat memudahkan penyuluh agama dalam merespon ketika ada kasus aliran seperti di Pandeglang ini, “pungkasnya.

Diketahui, sekelompok warga yang tidak diketahui tergabung dalam pengikut ‘Hakekok Balakasuta’ di Pandeglang, Banten melakukan ritual hingga akhirnya viral di media sosial.

Aliran Hakekok itu memiliki ritual berupa mandi bersama tanpa busana. Diketahui, aliran ini dipimpin oleh seseorang berinisial A (52) yang merupakan warga Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pihak Polres Pandeglang sendiri sudah menggeledah rumah pimpinan Hakekok, A dan menemukan jimat, pusaka, kitab, hingga kondom. Seluruhnya sudah dibawa ke Mapolres Pandeglang untuk dijadikan barang bukti oleh polisi.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Progres Kereta Cepat

Nasional

Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung 79 Persen, Berikut Fokus KCIC
apahabar.com

Nasional

Sekjen MPR Bantah Undang Paranormal untuk Gladi Pelantikan
apahabar.com

Nasional

Dua Roket Mendarat di Zona Hijau Baghdad

Nasional

Bantu Keluarga Miskin, Set Top Box Gratis TV Digital Akan Dibagikan
apahabar.com

Nasional

Badak LNG Raih Proper Emas 7 Kali Berturut-turut
apahabar.com

Nasional

Kelebihan UU Ciptaker di Mata Pengamat, Ciptakan Pasar Tenaga Kerja Fleksibel
apahabar.com

Nasional

Esok, Pengurus Pusat JMSI Lakukan Rakorev Via Online
apahabar.com

Nasional

Kapal Perusak Jepang dan China Tabrakan di Laut China Timur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com