Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjuang hingga 19 April Bawa Sayur, Pengendara Motor di Balikpapan Tewas Tabrak Truk Kontainer Parkir Percepat Perubahan di Tanbu, Zairullah Kembali Rombak Pejabat Struktural Cuaca Kalsel Hari Ini, Hampir Seluruh Wilayah Cerah Berawan Dana BOS Gencar Disosialisasikan, Berikut Pesan Kadisdik Kapuas

Babak Baru Dugaan Ijazah Palsu Wali Kota Balikpapan Terpilih

- Apahabar.com Selasa, 23 Maret 2021 - 00:40 WIB

Babak Baru Dugaan Ijazah Palsu Wali Kota Balikpapan Terpilih

Tim Pelapor saat memberikan keterangan kepada awak media pada Senin (22/3/2021). Foto-Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Polemik keabsahan ijazah Wali Kota Balikpapan terpilih, Rahmad Masud kembali berlanjut.

Setelah sebelumnya pihak Rahmad Masud dan Universitas Tridharma (Untri) menjawab tudingan dari pelapor yang mengatasnamakan Forum Masyarakat Balikpapan dan menyatakan akan melaporkan balik atas tuduhan pencemaran nama baik, kali ini pihak pelapor kembali angkat bicara.

Kepada awak media, Senin (22/3) di ruang press room Kedai Laut, Jalan Jenderal Sudirman, pelapor atas nama Suriansyah didampingi Juru Bicara Rona Fortuna dan Kuasa Hukum Kahar JuliĀ  menjelaskan perihal ijazah Rahmad Masud.

Dalam hal ini pihak pelapor mengakui keabsahan ijazah Rahmad Masud sekaligus membantah atas apa yang diucapkannya sebelumnya.

Pihaknya bukan menyoroti soal keabsahan ijazah tersebut, melainkan proses mendapatkan ijazah dari Rahmad Masud yang dinilai tidak sesuai prosedur pendidikan.

“Kami tidak menggiring. Kami tidak pernah mengatakan ijazah palsu. Ini bukan hanya 100 persen asli, bahkan 1 juta persen asli. Karena yang mengeluarkan universitasnya terdaftar, rektornya ada, ijazahnya ada (asli). Jadi yang kami tekankan adalah cara (prosedur) dalam mendapatkannya,” tegas Rona Fortuna.

Pihak pelapor menuding bahwa Rahmad Masud menggunakan kedekatan relasi dengan pihak universitas untuk mendapatkan ijazah tersebut. Sejumlah kejanggalan pun telah dikantongi pelapor dan akan dibeberkan kepada penyidik nantinya.

“Alhamdulillah kami diberi waktu untuk melengkapi bukti lainnya, sehingga kami sudah mendapatkan termasuk insyaallah dalam waktu dekat akan datang EKA (Evaluasi Kinerja Akademik) Pusat, untuk memverifikasi dan menjawab surat dari kami. Jadi nanti akan ada titik terang di situ,” bebernya.

Rona juga menanggapi soal adanya ancaman laporan balik dari pihak Rahmad Masud ataupun Universitas Tridharma. Ia tak mempermasalahkan.

“Kalau kami salah kami siap dilapor balik. Karena kami tunggu-tunggu ancaman balik yang bilang akan dilaporkan. Kalau memang mau dilaporkan atas pencemaran nama baik ya monggo. Kalau saya mengatakan silahkan ikuti prosedur,” jelasnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum Pelapor, Kahar Juli mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi sejumlah bukti-bukti yang akan dibeberkan nantinya.

Ia menyampaikan bahwa pelaporan ini murni pidana dan tidak ada kaitannya dengan politik ataupun membuat kondisi kota menjadi tidak kondusif.

“Kita melapor bukan tanpa dasar. Jangan berarti ketika kita melaporkan hal ini terus kita jadi musuh, nggak. Kita tetap mencintai Wali Kota terpilih, juga kita mencintai damainya Balikpapan. Jangan dibilang ada surat seperti ini lalu terjadi huru-hara, nggak kok, kita cinta damai. Ini pidana murni, biasa aja, ini proses hukum, tidak ada yang lain,” ungkapnya.

Perihal laporan ini, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik nantinya bila laporan tersebut telah masuk dalam tahap penyidikan.

“Kalau kami dasar surat itu sudah cukup mewakili kami, karena kalau yang teknis itu penyidik. Kami tidak masuk pokok yang teknis walaupun kami punya datanya. Biarlah nanti dalam penyidikan nanti kan ada ahli, kemudian forensik dan lain sebagainya itu kan teknis semua,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Pemprov Kaltim Raih Opini WTP Keenam Berturut-turut
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Kaltim Siap Lanjutkan Proyek Kereta Api Borneo
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Miliki Stok Karbon 4,5 Juta Hektare
Pemkot Balikpapan

Kaltim

Pemkot Balikpapan Segera Bentuk Posko Bencana
apahabar.com

Kaltim

Di Kaltim, Jokowi Yakin Cerita Manis Terulang

Kaltim

Walhi: Kehancuran Karst Sangkulirang di Depan Mata

Kaltim

Di Ujung Pengabdian, Rizal Effendi Menangis Saat Paripurna Istimewa
apahabar.com

Kaltim

HUT Balikpapan, Pertamina Diganjar Penghargaan LH
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com