Program Ramadan YN’S Center Berlanjut, Panitia Undang Peserta Tadarus dari Kabupaten Banjar Kabar Duka, Politisi Senior PKB Kalteng HM Asera Tutup Usia Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai Wakil Ketua DPRD HST Kecelakaan di Angkinang, Mobil Ringsek Parah!

Bang Dhin Usulkan Dua Desa di Tanbu Masuk Program Kemendesa

- Apahabar.com Sabtu, 6 Maret 2021 - 15:13 WIB

Bang Dhin Usulkan Dua Desa di Tanbu Masuk Program Kemendesa

Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin bersama Kabid PMD Kabupaten Tanah Bumbu Sartika Dewi saat ke Kementerian Desa. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua DPRD Kalsel, Muhammad Syaripuddin mengusulkan dua desa di Tanah Bumbu masuk program argowisata dan argopolitan Kementerian Desa (Kemendesa).

“Desa ini cukup strategis. Warga desa yang mengelola BUMDes dengan baik dan membuat upaya membangun argowisata dan argopolitan bisa berjalan baik,” ujar unsur pimpinan yang akrab disapa Bang Dhin ini menginformasikan.

Politisi PDIP Kalsel ini bertemu dengan Koordinator Kelompok Substansi dan Pemasaran Produk Unggulan Desa DT, dan Transmigrasi, Direktorat Jenderal pengembangan Ekonomi Desa, Heroe Prasetya, Jumat (5/3) pagi.

Dikemukakannya, di Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Utara (HSU), Barito Kuala, Kabupaten Banjar, dan Tanah Laut, dua desa Tanah Bumbu juga bisa menjadi investasi untuk pengembangan desa.

Bang Dhin memastikan dengan dorongan Kementerian Desa, ekonomi masyarakat akan lebih baju.

Terlebih saat ini, masyarakat bergotong royong mengembangkan BUMDes masing-masing.

“Saya harap BUMDes selalu berinovasi dan kreatif, sebab ke depan pemerintah pusat akan lebih fokus pada BUMDes yang bisa berinovasi dan kreatif,” sambungnya.

Datang ke Kemendes, Bang Dhin tidak sendiri, ia bersama Kabid PMD Kabupaten Tanah Bumbu Sartika Dewi.

“Ini salah satu strategi pemulihan ekonomi adalah pariwisata apa lagi Pertanian merupakan sektor krusial, kita ingin mencapai swasembada pangan,” kata Sartika Dewi.

Menurutnya, desa-desa di daerah Kusan Hilir memiliki potensi pertanian. Kebanyakan desa di sana masuk status desa tertinggal.
Makanya program argowisata dan argopolitan bisa lebih dari satu kawasan desa.

Dia mengatakan desa agrowisata masuk di Kecamatan Angsana, seperti di Desa Mekar Jaya, Karang Indah, Sumber Baru dan Bunati
Sementara desa agropolitan berada di Kecamatan Kusan Hilir, di Desa Sepunggur, Saring Sungai Bubu, Saring Sungai binjai, Api api, Pakatellu, Batarang dan Desa Manurung.

Kedatangan Bang Dhin dan Kabid PMD Kabupaten Tanah Bumbu Sartika Dewi disambut baik Kementerian Desa. Mereka pun sepakat untuk menindaklanjuti usulan dari wakil rakyat Kalsel dalam program kementerian.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Terus Upayakan Pencegahan, Polsek Banjarbaru Barat Tempel Stiker “Ayo Pakai Masker” di Sejumlah Tempat
apahabar.com

Kalsel

Tak Digubris, Warga di Kelumpang Kotabaru Kembali Adang Truk Perusahaan Sawit
apahabar.com

Kalsel

ICMI Kalsel Sepakat Tolak Pernikahan Beda Agama
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 Kalsel 9 September: 9.001 Positif, 7.058 Pasien Sembuh
apahabar.com

Kalsel

Ringankan Beban Korban Kebakaran di Alalak Selatan, Pelajar NU Serahkan Dana Rp9,6 Juta
apahabar.com

Kalsel

Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Paman Birin Sambangi KPU dan Bawaslu
apahabar.com

Kalsel

Diganjar Remisi, Napi Lapas Barabai Sujud Syukur
apahabar.com

Kalsel

Sudah 8 Kali Beraksi, Dua Jambret Ini Tertangkap Warga di Cendrawasih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com