Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar Kuasa Hukum AF Tantang Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara

Banjir Banjarbaru Mulai Surut, PMI Getol Edukasi Warga

- Apahabar.com Selasa, 16 Maret 2021 - 14:05 WIB

Banjir Banjarbaru Mulai Surut, PMI Getol Edukasi Warga

Personel PMI aktif melakukan edukasi ke warga pasca-banjir di Banjarbaru. Foto: PMI for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Posko Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan getol mengedukasi warga akan ancaman wabah penyakit pasca-banjir.

Mereka juga menyiagakan personel dan sarana kebencanaan guna mendukung Pemerintah Kota Banjarbaru dalam upaya merespons banjir yang sempat merendam.

“20 personel dengan dilengkapi sarana pendukung kebencanaan disiagakan untuk membantu Pemerintah dalam tanggap darurat banjir Kota Banjarbaru,” kata H. Aiman, Koordinator Posko TDB PMI Kota Banjarbaru, Selasa (16/3).

Berdasarkan hasil assesment yang dirilis dalam laporan situasi PMI kota Banjarbaru pada Senin (15/3),  di RT 1 tercatat ada 67 KK atau 209 jiwa dengan 58 rumah warga yang terdampak banjir.

Kemudian di lingkungan RT 02 kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang tercatat sebanyak 118 KK atau 265 Jiwa dan ada 78 rumah warga yang terdampak banjir.

Menindaklanjuti hasil assesment tersebut, Posko TDB PMI Kota Banjarbaru melakukan kegiatan skala prioritas bantuan paket sembako, edukasi kesehatan dan promosi kebersihan di lingkungan RT 01 dan 02 Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang sejak Senin (15/3).

Menurut Aiman, selain distribusi bantuan paket sembako dengan cara mengunjungi warga terdampak langsung, personel juga mengedukasi masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit diare, demam berdarah, gatal-gatal atau penyakit kulit lainnya yang rentan menyerang warga pasca-banjir.

“Selain itu, di lingkungan RT 01 warga dibantu relawan PMI mulai membersihkan material banjir sekaligus bagikan bantuan 15 paket sembako,” ungkapnya.

Hasil pantauan personil PMI yang bertugas, wilayah terdampak banjir di Kelurahan Landasan Ulin selatan pada hari ini, Selasa (16/3) debit air terpantau surut dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing secara mandiri.

“Saat ini warga mengeluhkan kesulitan mendapatkan air bersih terutama di kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Mas dan Kelurahan Landasan Ulin Selatan Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Bandara Bantu Korban Kebakaran Cempaka
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Wawali Apresiasi Kerja Panitia MTQ XVII Banjarbaru 

Pemko Banjarbaru

Pjs Wali Kota Banjarbaru Dampingi 2 Dinas dalam Evaluasi Penilaian Pembangunan Zona Integritas
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Puji Serapan Anggaran Banjarbaru, Nadjmi: Kalau Bisa 95 Persen
Covid-19

Pemko Banjarbaru

Positif Covid-19, 50 Kafilah MTQ dari Banjarbaru Gagal Berangkat
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Sukseskan Haul Sekumpul Ke-15, Belasan Sekolah di Banjarbaru Siap Tampung Jemaah
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Kampanye Food Loss and Waste, Ini Pesan Ririn Nadjmi untuk Ibu Rumah Tangga
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Nadjmi Adhani Minta PKK Aktif Sosialisasikan Protokol Kesehatan ke Masyarakat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com