Ramuan Herbal Daun Sungkai Digunakan Warga Bantu Pengobatan Pasien Covid-19 di Banjar Nah Loh, Dana PPKM Level IV Banjarmasin Gagal Cair Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal BREAKING! Ambulans Mendiang Istri Abah Guru Sekumpul Tiba di Ar-Raudhah

Bapak dan Anak Komplotan Curanmor Lintas Daerah Diringkus Polda Kaltim

- Apahabar.com     Kamis, 18 Maret 2021 - 14:42 WITA

Bapak dan Anak Komplotan Curanmor Lintas Daerah Diringkus Polda Kaltim

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim meringkus komplotan pencurian motor dan bobol rumah lintas daerah. Foto-apahabar.com/Ahmad Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Subdir Jatanras Ditreskrimum Polda Kaltim berhasil meringkus komplotan pencurian motor dan bobol rumah lintas daerah pada awal Maret lalu.

Tiga orang tersangka pun tertunduk tak berdaya dihadapan petugas saat press rilis di Mapolda Kaltim pada Kamis (18/3/2021).

Ironisnya dari komplotan yang diringkus terdapat bapak dan anak yang kompak terjun dalam kejahatan pencurian di beberapa TKP.

Sang bapak berinisial BD, anaknya berinisial AF, dan rekan anaknya berinisial UP.

“Ya, ada bapak dan anak serta satu orang rekannya lagi. Dengan barang bukti ada 6 kendaraan roda dua hasil curian. Lalu ada barang lainnya seperti laptop, handphone dan lainnya,” kata Kasubdit Jatanras Polda Kaltim, AKBP Agus Puryadi.

Ketiga pelaku beraksi disejumlah daerah seperti di Kutai Kartanegara, Samboja, Sangatta dan Penajam Paser Utara.
Modus yang digunakan pelaku yakni BD mengajak anaknya AF dan rekannya UP untuk beraksi di beberapa tempat yang menjadi incarannya.

Mereka membobol rumah korban dengan cara mencongkel pintu jendela dan langsung membawa kabur motor dari dalam rumah.

“Mereka bersama-sama melakukan curat di rumah yang berpenghuni dengan cara mencongkel pintu jendela menggunakan obeng kemudian tersangka masuk dan mengambil motor yang terparkir didalam rumah,” jelas Agus.

“Sedangkan tugas dua anak tadi tugasnya ngawasin keadaan sekitar, dan memberi isyarat apabila ada situasi berbahaya bagi bapaknya ABD dalam menjalankan aksinya,” terangnya.

Aksi mereka pun berakhir di TKP terakhir yakni di Penajam Paser Utara (PPU). Pelaku melakukan pembobolan rumah dikawasan PPU dan melarikan diri.

Oleh petugas pun melakukan penyelidikan dan mendapati dua orang pelaku berada di Samarinda.

“Berdasarkan keterangan atau informasi dari masyarakat keberadaan tersangka ada dua di Samarinda satunya di Balikpapan. Di Samarinda kami tangkap duluan lalu kita lanjutkan ke Balikpapan, ketangkaplah Bapak ABD di sebuah hotel di Balikpapan,” ungkapnya.

Selanutnya penyidik pun melakukan pengembangan terhadap barang bukti. Hasilnya keenam barang bukti berhasil diamankan dan penyidik masih menelusuri kasus tersebut.

“Dari itu kita kembangkan dapatlah BB handphone yang merupakan tkp dari Polres PPU, akhirnya dua tersangka ditangani oleh Polres PPU. Lalu akhirnya didapat 6 motor, dimana 4 adalah BB, 2 adalah sarana yang dipakai pelaku,” pungkasnya.

Para tersangka diancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman pidana diatas 5 tahun penjara.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Penajam Berharap Dana Kurang Salur Biayai Kegiatan
apahabar.com

Kaltim

Polisi Bongkar Prostitusi Online di Balikpapan, Delapan Perempuan Diamankan
apahabar.com

Kaltim

PPU Bersinar, 100 Keluarga Dapat Bantuan PHM

Kaltim

Balikpapan Tambah 28 Kasus Positif, 8 Anak Bawah Umur Terpapar
Curanmor

Kaltim

Aksi Curanmor Kakak Adik di Balikpapan Kembali Terbongkar

Kaltim

Breaking News! Pemukiman Warga di Gunung Malang Balikpapan Terbakar
Kapal Tanjung Putri

Kaltim

Sempat Hilang Kontak, Kapal Tanjung Putri Terdampar di Pulau Perairan Selat Makassar

Kaltim

Dewan Masjid Balikpapan Protes Larangan Wanita dan Anak Salat Idulfitri di Masjid
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com