Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Bertekad Raih WTP, Pemprov Kalsel Serahkan LKPD ke BPK RI

- Apahabar.com Senin, 29 Maret 2021 - 21:58 WIB

Bertekad Raih WTP, Pemprov Kalsel Serahkan LKPD ke BPK RI

Pemprov Kalsel serahkan LKPD ke BPK RI Perwakilan Kalsel. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)RI perwakilan Kalsel, Senin (29/3) sore.

Dibuat pada masa pandemi, Pj Gubernur Safrizal ZA menyebut LKPD yang dibuat tidak mengurangi transparasi dan akuntabilitas.

“LKPD ini dibuat dalam kondisi darurat, bukan berati mengurangi transparansi dan akuntanbilitas. Pemda beberapa kali melakukan refocusing, tetapi kualitas penyajiannya tidak boleh diturunkan,” kata Safrizal.

Selain Pemprov Kalsel, juga diserahkan LKPD Unaudited tahun anggaran 2020 dari Pemerintah Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, serta Kabupaten Tabalong. Hasil pemeriksaan akan disampaikan paling lambat 60 hari setelah laporan diterima.

Safrizal berharap dengan meningkatkan kualitas LKPD, Kalsel dapat kembali meraih serta mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian. Ke depan, sambungnya, Pemprov Kalsel dapat melakukan evaluasi secara terintegrasi dan digital.

“Secara umum Kalsel termasuk yang baik dalam laporan keuangan. Terbukti ada daerah yang sudah 5 sampai 7 kali menerima Opini WTP,” sambungnya.

Selain LKPD, BPK juga melakukan pemeriksaan Long Form Audit Report. Yakni, perpaduan pemeriksaan antara keuangan dan kinerja yang dilakukan terhadap aspek ekonomi, efisiensi, serta efektivitas atas pengelolaan keuangan daerah.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, M Ali Asyhar, menyebut dua musibah yang melanda Kalsel menjadi tantangan dalam melakukan pemeriksaan informasi keuangan. Pandemi Covid-19 dan banjir, berdampak langsung pada pengelolaan keuangan daerah serta penyusunan LKPD.

“Kondisi ini menjadi tantangan bagi BPK dalam memeroleh bukti pemeriksaan, agar kualitas terjaga dengan baik. Lebih krusial pada pengadaan barang dan jasa,” kata Ali

Refocusing anggaran menjadi lebih banyak untuk penanganan Covid-19 di Kalsel. Dalam kondisi itu, regulasi melonggar dan memiliki risiko tinggi terhadap pengelolaan keuangan.

“Namun, kami juga memberikan apresiasi Pemprov Kalsel, Pemkab Tabalong, Pemkab Banjar dan Pemko Banjarmasin atas capaian Opini WTP yang sudah diperoleh selama ini. Kami harap tetap dipertahankan dan kualitas pengelolaannya ditingkatkan lagi,” imbuhnya

Laporan yang diterima BPK RI akan diperiksa berdasarkan standar pemeriksaan keuangan negara. Ada 4 kriteria, yaitu kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Sementara, permasalahan-permasalahan yang menjadi perhatian dalam pemeriksaan terinci LKPD antara lain pengelolaan kas yang belum tertib.

Kemudian temuan yang selalu berulang pada penatausahaan persediaan, temuan-temuan BPK terkait penatausahaan aset tetap belum ditindaklanjuti dengan baik.

Berikutnya, kekurangan volume pada beberapa pekerjaan konstruksi. Serta, pengelolaan dana penanganan pandemi Covid-19 baik yang bersumber pada APBD, APBN maupun sumbangan atau hibah dari masyarakat yang belum tertib.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Disbunnak Kalsel

Pemprov Kalsel

Pascabanjir, Disbunnak Kalsel Kunjungi Kebun Lada di HST
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sambut Ramadan, Pemprov Kalsel Launching Pasar Murah ‘Door To Door’
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Apresiasi Pengembangan Profesionalisme Guru di Kalsel, Paman Birin Puji PGRI
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Akan Fungsikan RSJ Tamban Sebagai Panti Rehabilitasi
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Jelang PSBB Banjarmasin, Dinsos Kalsel Wacanakan Pembagian Makan Sahur dan Buka Puasa
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Ke Kalsel, Tim Banggar DPR RI Soroti Program Dana Desa

Pemprov Kalsel

Penilaian Kelompok Tani Berlanjut, Giliran Desa Mamar di HSU
Vaksinasi

Pemprov Kalsel

Menanti Vaksin Sinovac, Kalsel Bisa Berdayakan Ribuan Dokter Mitra
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com