Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar Kuasa Hukum AF Tantang Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara

BMKG Pastikan Gempa Jepang Tidak Berdampak di Indonesia

- Apahabar.com Sabtu, 20 Maret 2021 - 23:37 WIB

BMKG Pastikan Gempa Jepang Tidak Berdampak di Indonesia

Ilustrasi. Foto-Ist

apahabar.com, JAKARTA – Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono memastikan bahwa gempa magnitudo 7,0 yang mengguncang Jepang tidak akan berdampak di Indonesia.

“Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir karena gempa Ishinomaki, Jepang ini tidak berdampak di Indonesia,” kata Daryono dalam pernyataan yang diterima di Jakarta pada Sabtu (20/03) malam.

Sebelumnya, dikabarkan gempa M7,2 terjadi di Prefektur Miyagi, Jepang pada Sabtu (20/3) pukul 18.26 waktu setempat dengan selanjutnya data pemutakhiran menunjukkan gempa itu berkekuatan M7,0.

Episenter gempa itu terletak pada koordinat 141,41 derajat bujur timur dan 38,53 derajat lintang utara, atau tepatnya berada di luat 27 kilometer (km) timur laut kota Ishinomaki dengan kedalaman dangkal yaitu 44 km.

Daerah itu berada di wilayah yang sebelumnya terdampak gempa besar pada 2011.

Menurut Daryono, gempa tersebut memiliki mekanisme sumber berupa sesar naik atau thrust fault yang berasosiasi dengan sumber gempa megathrust pada subduksi Lempeng Pasifik yang menujam ke bawah Jepang.

Dampak gempa itu di Miyagi dirasakan guncangan mencapai skala intensitas VI-VII MMI. Tetapi karena struktur bangunan di wilayah tersebut dibangun berdasarkan standar bangunan tahan gempa maka hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan.

“Meskipun sebelumnya gempa ini dinyatakan berpotensi tsunami akan tetapi catatan pada tide gauge di Ofunato Station pada Prefektur Iwate menunjukkan tidak terjadi adanya anomali tinggi muka laut, yang artinya tidak terjadi tsunami,” tegasnya.

 

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ani Yudhoyono Sosok Perempuan Inspiratif Bangsa
apahabar.com

Nasional

Jelang Debat, Jokowi Makan Siang Bersama Keluarga di Restoran Padang
apahabar.com

Nasional

Lima Kapal Perang Indonesia Amankan Perairan Natuna
Rapid Test Antigen

Nasional

Mengenal Rapid Test Antigen, Harga dan Bedanya dengan Rapid Test Antibodi
apahabar.com

Nasional

Divonis Seumur Hidup, Benny Tjokro Diwajibkan Uang Pengganti Rp 6 Triliun
kapolri

Nasional

Dear Jenderal Listyo Sigit Prabowo, MPR Beber Sederet PR Polri Saat Ini
apahabar.com

Nasional

Jokowi: TNI Nomor Satu di Asean, Jangan Diremehkan
apahabar.com

Nasional

Said Aqil: Ustaz Arifin Ilham Orang yang Sangat Sederhana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com