Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

BREAKING! Nasib Komisioner KPU Banjar Aziz di Ujung Tanduk Pemberhentian

- Apahabar.com Selasa, 30 Maret 2021 - 16:12 WIB

BREAKING! Nasib Komisioner KPU Banjar Aziz di Ujung Tanduk Pemberhentian

Komisioner KPU Banjar, Abdul Muthalib usai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Kalsel, belum lama tadi. apahabar.com/Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Nasib Abdul Mutalib alias Aziz di ujung tanduk. Ia terancam diberhentikan sementara sebagai Komisioner KPU Kabupaten Banjar.

Bahkan KPU Kalsel sudah mengambil ancang-ancang untuk mendepak Aziz. Dengan catatan, jika surat pernyataan penggelembungan suara yang menjadi bukti di Mahkamah Konstitusi (MK) benar dibuatnya.

“Apabila yang bersangkutan benar yang membuat, maka akan kita usulkan pemberhentian sementara,” ujar Komisioner KPU Kalsel, Divisi Hukum, Nur Zazin kepada apahabar.com, Selasa (30/3).

KPK-APP Desak Mundur Petinggi KPU Banjar Buntut Penggelembungan Suara

Bukti surat pernyataan Aziz sebelumnya disuguhkan Denny Indrayana selaku pemohon sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020 dalam sidang pembuktian di Mahkamah Konstitusi.

Sejauh ini KPU Kalsel telah meminta informasi serta klarifikasi kepada seluruh Komisioner KPU Kabupaten Banjar, termasuk Aziz.

Hasilnya, Aziz membantah keras telah membuat surat pernyataan adanya penggelembungan suara di Kabupaten Banjar.

Belum cukup, pada 26 Februari 2021 Aziz membuat laporan ke Ditreskrimum Polda Kalsel. Ia melapor bahwa namanya dicatut dan tandatangannya dipalsukan.

Meski Aziz mati-matian menyangkal, namun nyatanya MK menjadikan surat pernyataan itu sebagai bahan pertimbangan putusan.

Yang mana atas adanya kejanggalan tersebut, MK memerintahkan KPU Kalsel menggelar pemungutan suara ulang di 7 kecamatan di Kalsel, termasuk 5 kecamatan di Kabupaten Banjar.

Dari sanalah mengapa KPU Kalsel menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran kode etik. Hingga KPU Kalsel akhirnya mengeluarkan peringatan kepada Aziz.

Isu Penggelembungan Suara Kabupaten Banjar, KPU Cecar Komisioner Aziz 

Dikatakan Zazin, peringatan itu sesegeranya akan diusulkan ke KPU RI, lembaga yang memiliki kewenangan untuk mengeluarkan surat keputusan (SK).

“Nanti kita usulkan ke KPU RI, apakah KPU RI yang meng-SK-kan. Dari SK itu akan dikroscek lagi ke KPU RI apakah perlu disanksi atau tidak,” jelas Zazin.

Tunggu Polda Kalsel 

Selain itu, yang paling penting saat ini KPU Kalsel masih menunggu hasil pemeriksaan Polda Kalsel. Hasil pemeriksaan inilah yang menjadi penentu nasib Aziz.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya: 

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Secercah Asa Intan, Korban Kebakaran Dua Tahun Silam di Tangan H Rusli-Guru Fadhlan
apahabar.com

Politik

Pilkada Banjarbaru: Alasan Ovi-Iwansyah Yakin Berjodoh dengan PKB
apahabar.com

Politik

Terinspirasi Tengku Zul, Ustaz di Banyuwangi Fitnah Pemerintah Legalkan Zina
apahabar.com

Politik

LIPI: Isu Tenaga Asing Tak Akan Dibahas Mendalam
HMI

Politik

Jelang Pilkada, HMI Kapuas Gelar Dialog Publik
apahabar.com

Politik

Organisasi Relawan Hj Ananda – H Mushaffa Zakir Bermunculan, Terbaru Ada Jangkar Kanas!
Kotak Suara

Politik

Polemik Kotak Suara Dibuka di Banjarmasin, Tim H2D Beberkan Bukti Video
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin 2020, Filosofi Nomor Urut 4 di Mata Hj Ananda-Mushaffa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com