Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten HSS Tahun 2022

- Apahabar.com Selasa, 23 Maret 2021 - 21:52 WIB

Bupati Buka Musrenbang RKPD Kabupaten HSS Tahun 2022

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan H Achmad Fikry membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) 2022 di Pendopo Bupati melalui video conference, Selasa (23/3/2021).

Kepala Bappelitbangda HSS M Arliyan Syahrial menjelaskan penyusunan RKPD HSS melalui proses koordinasi antar instansi pemerintah serta partisipasi antar seluruh pelaku pembangunan sebagai penjabaran tahun keempat RPJMD HSS Tahun 2018-2023.

Musrenbang RKPD dilaksanakan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah dan prioritasnya, menyelaraskan sasaran dan prioritas pembangunan daerah tahun 2022, dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan provinsi maupun nasional.

“Menggunakan pendekatan bottom up, untuk RKPD HSS Tahun 2022 terdapat 816 usulan yang terdiri dari 500 usulan pokok-pokok pikiran DPRD HSS, sedang 316 berasal dari daftar prioritas usulan sebelas Kecamatan,” ungkap Arliyan.

Ketua DPRD H Akhmad Fahmi menyambut baik dilaksanakannya Musrenbang RKPD HSS Tahun 2022.

Dengan pelibatan pihaknya, diharapkan segala masukan berupa aspirasi masyarakat atau hal yang dibutuhkan masyarakat didapat pada masa resis maupun kunker ke daerah dapat terakomodir dalam RKPD.

Sesuai dengan laporan yang diterimanya dari masing-masing fraksi, hingga saat ini DPRD melalui aplikasi sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) sudah menyampaikan 500 usulan yang dimuat dalam pokok-pokok pikiran DPRD HSS.

“Pokok pokok pikiran ini hasil dari reses setiap anggota DPRD dan sudah meliputi semua bidang, baik bidang infrastruktur, ekonomi, sosial dan budaya, bahkan dalam prosesnya sudah secara aktif mengikuti tahapan perencanaan dari Musrenbang Kecamatan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati HSS H Achmad Fikry mengungkapkan untuk merumuskan dan memformulasikan RKPD Kab HSS Tahun 2022, terlebih dahulu harus mencermati situasi dan kondisi sekarang.

Bupati mengungkapkan pandemi Covid-19 sangat berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi HSS. Di tahun 2020 lalu, meskipun keadaan masih lebih baik dari Provinsi dan Nasional, pertumbuhan ekonomi di HSS terjadi penurunan hingga minus 1,19 persen.

Sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi di HSS masih pada sektor pertanian yakni 24,8 persen.

“Untuk itu, HSS masin perlu mengedepankan sektor pertanian agar ekonomi bisa cepat pulih,” ungkap Bupati.

Dengan potensi meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi HSS, maka perlu meningkatkan produktifitas pertanian dengan target-target yang jelas dan terukur serta selalu memperhatikan sistem pola tanam dan iklim.

Menurut Fikry, ada beberapa poin utama yang perlu menjadi perhatian dalam penyusunan RKPD HSS Tahun 2022 mendatang. Yakni memantapkan pemulihan ekonomi dan sosial yang berkontribusi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

Selain itu, poin selanjutnya yakni meningkat indeks pembangunan masyarakat (IPM) HSS. Meski laju pertumbuhan UPM diatas rata-rata Provinsi Kalsel, namun Pada tahun 2020 IPM HSS hanya 68,85 berada di bawah IPM Provinsi 70,91 dan Nasional 71,94.

Selanjutnya, Penurunan Angka Kemiskinan juga harus tetap menjadi prioritas. Di tahun 2019 angka kemiskinan sebesar 5,33 persen dan di tahun 2020 ini turun menjadi 5,17 persen.

Walau saat ini masih berada di tengah pandemi Covid-19, namun Bupati masih bersyukur tingkat pengangguran terbuka semakin berkurang, gini ratio semakin baik dan IPM HSS meningkat.

“Dengan mengembangkan semua potensi yang ada, bagaimana kita mengembangkan potensi yang ada, menurunkan angka kemiskina, meningkatkan IPM, menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan mengurangi angka gini ratio (ketimpangan pendapatan), inilah yang akan kami laksanakan,” ujar Bupati HSS.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bupati HSS: Pemungutan Suara Berbagai TPS Berjalan Sesuai Prokes
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Imbau Anak Berkebutuhan Khusus Tidak Diperlakukan Diskriminatif
HSS

HSS

Bupati HSS Sambutan Kedatangan Pangdam VI Mulawarman
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gelar Bimtek Adipura Tahap 1
HSS

HSS

Musrenbang Kecamatan Sungai Raya, 35 Usulan Masuk Skala Prioritas 2022
apahabar.com

HSS

Dusun di Haratai Loksado Bakal Dialiri Listrik
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Terima Penghargaan Peduli Lansia

HSS

Sekda HSS Buka Asistensi Penyusunan LPPD 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com