Kandas di Piala Presiden, Barito Putera Langsung Fokus ke Liga 1 Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu…

Catat! 5 Makanan yang ‘Diharamkan’ Setelah Vaksin Covid-19

- Apahabar.com     Minggu, 14 Maret 2021 - 14:57 WITA

Catat! 5 Makanan yang ‘Diharamkan’ Setelah Vaksin Covid-19

Ilustrasi minuman bersoda. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA Pemerintah terus gencar melakukan vaksinasi. Sebagian kelompok masyarakat pun sudah menerima vaksin dan ditargetkan bisa selesai hingga akhir tahun ini.

Namun, ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan perhatian, utamanya dalam asupan makanan. Seperti diketahui, efektivitas vaksin juga dipengaruhi oleh asupan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang harus dihindari setelah vaksin agar berjalan efektif.

Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities ini mengamati 49 studi vaksin yang dilakukan sebelumnya selama tiga dekade terakhir.

Hasilnya, stres menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi efektivitas vaksin. Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar. Selain itu, bagi penerima vaksinasi juga disarankan menghindari minuman beralkohol. Minuman alkohol dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap vaksin.

Mengutip CNN Indonesia, Sabtu (13/3/2021), berikut makanan yang harus dihindari setelah vaksin.

1. Minuman bersoda atau berpemanis

Anda benar-benar disarankan untuk tidak meminum minuman jenis ini. Pasalnya, minuman jenis ini tidak memiliki satu pun manfaat kesehatan. Alih-alih sehat, terlalu banyak minuman bersoda dan berpemanis berisiko penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi risiko kesehatan lainnya.

2. Makanan olahan

Makanan olahan didefinisikan sebagai makanan yang telah diubah dari bentuk aslinya dengan pemrosesan pabrik. Makanan dengan proses tinggi cenderung dibuat dengan bahan yang tak sehat seperti gula dan lemak jenuh.

3. Minuman berenergi

Minuman berenergi mengandung stimulan seperti kafein yang membebani kelenjar adrenal dan bersifat adiktif. Bukan hanya itu, untuk menciptakan rasa yang enak minuman berenergi juga umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

4. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji jelas bukan pilihan yang tepat. Makanan ini melalui pemrosesan yang tinggi dengan tambahan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

5. Minuman beralkohol

Alkohol dikhawatirkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Sebuah studi juga menemukan, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Korban Tewas Akibat Virus Corona Capai 106 Orang, 4 Ribu Pasien Dirawat di China
apahabar.com

Nasional

Dapat Keringanan, Ratna Sarumpaet Bebas!
apahabar.com

Nasional

Kapolres: Situasi dan Kondisi Puncak Jaya Kondusif
apahabar.com

Nasional

Caketum HIPMI Mardani H. Maming Siap Dorong Pemerataan Ekonomi
apahabar.com

Nasional

PN Jaksel Belum Pastikan Hakim dan Panitera yang Kena OTT
apahabar.com

Nasional

Warga Bilis-bilis Apresiasi Pembangunan Jalan Penghubung Dua Desa
Kangen Band

Nasional

Andika Eks Kangen Band Tak Percaya Mantan Istri Dibekuk karena Narkoba
Aktivis Lingkungan

Nasional

Soal Status Danau Toba, Presiden Jokowi Terima Aktivis Lingkungan Togu Simorangkir
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com