Breaking: Kapal Selam TNI AL Dikabarkan Hilang Kontak Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara Duh, DLH Tabalong Tak Pernah Lihat Dokumen Pascatambang ADARO Melihat Sidang Perdana Kasus Korupsi Kursi di Tanah Bumbu, Audit Tak Dilakukan BPK! AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi!

Cegah Penyimpangan, Disdik Kapuas Sosialisasikan Trik Kelola Keuangan Sekolah

- Apahabar.com Rabu, 31 Maret 2021 - 21:40 WIB

Cegah Penyimpangan, Disdik Kapuas Sosialisasikan Trik Kelola Keuangan Sekolah

Pengelolaan keuangan sekolah disosialisasikan kepada para kepala sekolah SMP di Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kalteng, mensosialisasikan cara pengelolaan keuangan sekolah kepada para kepala sekolah (Kepsek) SMP di daerah setempat.

Sosialisasi pengelolaan keuangan sekolah dilakukan dalam kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP yang berlangsung di aula Kantor Dinas Pendidikan Kapuas, Rabu (31/3).

Sosialisasi tersebut menghadirkan nara sumber yakni Kepala Disdik Kapuas H Suwarno Muriyat, Kepala Inspektorat Kapuas Herry Bowo dan Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Arif Raharjo.

Kepala Dinas Pendidikan Kapuas H Suwarno Muriyat mengatakan, pengelolaan keuangan sekolah disosialisasikan agar para kepala sekolah mengetahui secara benar regulasi pengelolaan keuangan sekolah.

“Dengan sosialisasi ini para kepala sekolah bisa secara benar melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah, terutama pada pemanfaatan dana BOS dan dana lainnya,” katanya.

“Jadi, kenapa pengelolaan keuangan sekolah kami sosialisasikan, tujuannya adalah untuk pencegahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya seperti permasalahan hukum,” terang Suwarno.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas Arif Rahajo mengatakan, dalam setiap kegiatan pengelolaan keuangan negara pasti akan terkandung suatu resiko yang ujungnya adalah resiko penegakan hukum.

“Nah, kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Inspektorat Daerah Kapuas untuk meminimalkan semua resiko hukum yang kemungkinan bisa muncul,” katanya.

Karenanya, lanjut Arif Raharjo, pihaknya lebih menitik beratkan kepada upaya prepentif, agar resiko hukum tersebut tidak muncul.

“Jadi, kami sangat mendukung sekali kegiatan sosialisasi seperti ini, karena memang perlu untuk menghindari rekan-rekan kepala sekolah agar terjadinya penyimpangan,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

kalteng

Kalteng

Sejumlah Desa di Barut Kelola Mata Air Pegunungan dari Dana Desa
apahabar.com

Kalteng

Rapid Test Massal di Barut Sasar Petugas Posko
apahabar.com

Kalteng

Orang ke-3 dan Masalah Ekonomi Picu Perceraian di Teweh

Kalteng

Citilink hubungkan Pangkalan Bun dengan Jakarta dan Semarang
Kapuas

Kalteng

Polres Kapuas Gelar Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Anggota Polri 2021
apahabar.com

Kalteng

PSBB Berakhir, Pemkab Kapuas Susun Langkah Selanjutnya
apahabar.com

Kalteng

Tambah 16 Kasus Baru, Positif Covid-19 di Palangka Raya Jadi 168 Orang
Covid-19 Kapuas

Kalteng

Update Covid-19 Kapuas: Positif Tambah 4, Sembuh 9 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com