Bawa Sayur, Pengendara Motor di Balikpapan Tewas Tabrak Truk Kontainer Parkir Percepat Perubahan di Tanbu, Zairullah Kembali Rombak Pejabat Struktural Cuaca Kalsel Hari Ini, Hampir Seluruh Wilayah Cerah Berawan Dana BOS Gencar Disosialisasikan, Berikut Pesan Kadisdik Kapuas Pernah Cekcok, Warga LAS HST Nekat Bacok Rekan Sekampungnya

Cegah Tindakan Terorisme, Kodim 0905/Balikpapan Awasi Kelompok Disinyalir Menganut Paham Radikalisme

- Apahabar.com Minggu, 28 Maret 2021 - 19:34 WIB

Cegah Tindakan Terorisme, Kodim 0905/Balikpapan Awasi Kelompok Disinyalir Menganut Paham Radikalisme

Dandim 0905/Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa. Foto-apahabar.com/Ahmad Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kejadian bom bunuh diri di depan gereja Katedral, Kota Makassar, membuat seluruh aparat keamanan bertindak cepat dalam melakukan pencegahan.

Di Balikpapan, Kodim 0905/Balikpapan juga langsung menggelar rapat internal untuk memetakan kelompok-kelompok yang disinyalir menganut paham radikalisme.

Dandim 0905/Balikpapan, Kolonel Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa, mengatakan dirinya telah meminta para perwiranya untuk mengawasi kelompok tersebut agar tidak terdoktrin oleh orang-orang tidak bertanggung jawab sehingga melakukan hal yang tidak diinginkan.

“Ada orang yang kita waspadai yang tidak bisa saya buka di sini. Nah itu kita waspadai terus. Kan ada hal-hal yang mengarah ke sana [radikal], jadi kita rangkul mereka dan kita bina bersama supaya jangan dimanfaatkan oleh orang-orang yang salah. Kalau mereka didoktrin oleh orang yang salah ya begitu jadinya [bunuh diri], padahal mereka juga korban,” ungkapnya.

Tentu koordinasi dengan pihak terkait dan pemerintah kota terus dilakukan untuk pencegahan tindak terorisme di Balikpapan. Di mana aparat TNI juga akan merangkul seluruh tokoh-tokoh masyarakat agar membangun kondusifitas kota.

“Tentu koordinasi dengan pihak terkait dan bersama-sama pemerintah kota untuk melakukan pencegahan. Kami juga akan merangkul tokoh-tokoh informil dari masyarakat guna bersama-sama menciptakan kondusifitas,” ujarnya.

Selain itu pihaknya bersama Polri juga akan menyambangi rumah ibadah dan tempat keramaian guna menciptakan rasa aman dan nyaman.

“Makanya kami juga akan turut meningkatkan pengawasan dan menyambangi tempat ibadah dan keramaian agar bersama-sama menciptakan kondusifitas. Kami tentunya akan terus melakukan pengamanan dan pengawasan tapi kan tidak bisa sendiri, perlu adanya kerjasama dengan masyarakat juga,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Wawali Kota Balikpapan

Kaltim

Merasa Dirugikan, Mantan Wawali Kota Balikpapan Siap Ajukan PK
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Isran Tegaskan Kaltim Sejajar dengan Jawa
apahabar.com

Kaltim

Ke Inggris, Isran Siap ‘Jual’ Maloy
apahabar.com

Kaltim

2020, Target Pendapatan APBD Penajam Naik
apahabar.com

Kaltim

Tuan Rumah Rakernas Forsesdasi: Momen Kenalkan Pariwisata Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Ortu Ok, Pemkab Penajam Belum Izinkan Belajar Tatap Muka

Kaltim

11.700 Dosis Vaksin Tiba di Balikpapan, Guru dan Lansia Prioritas
ABK Tenggelam

Kaltim

Lagi Cari ABK Tenggelam di Sungai Mahakam, Malah Jasad Pria Setengah Kepala Muncul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com