Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Dikabulkan MK, BirinMu-H2D Berebut Suara di Ratusan TPS Banjarmasin Selatan

- Apahabar.com Jumat, 19 Maret 2021 - 20:14 WIB

Dikabulkan MK, BirinMu-H2D Berebut Suara di Ratusan TPS Banjarmasin Selatan

Majelis Hakim MK mengabulkan sebagian permohonan gugatan sengketa Pilgub Kalsel 2020 yang diajukan H2D. Foto: Youtube/MK

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan sebagian gugatan sengketa hasil Pilgub Kalsel 2020 yang diajukan H Denny Indrayana-Difriadi Darjat (H2D), Jumat (19/3).

Dalil permohonan Denny yang dikabulkan utamanya mengenai pemungutan suara ulang (PSU) di sejumlah daerah, antara lain Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin.

“Mengabulkan permohonan untuk sebagian, menyatakan batal surat keputusan KPU tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kalsel tanggal 18 Desember 2020 sepanjang mengenai perolehan suara masing masing paslon di Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Aluh-Aluh, Kecamatan Martapura, Kecamatan Mataraman, dan Kecamatan Astambul Banjar, dan 24 TPS di Kecamatan Binuang, Tapin,” ujar Anwar Usman, dalam sidang MK yang digelar secara luring dan daring, Jumat petang itu.

Seiring terkabulnya sebagian gugatan hasil sengketa itu, Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah menerangkan bahwa pihaknya menunggu perintah untuk melakukan PSU di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Banjarmasin Selatan.

“Karena ini Pilkada Gubernur jadi kita menunggu arahan dari provinsi. Dan provinsi menunggu arahan dari KPU RI,” ujarnya kepada apahabar.com.

Lantas dari mana biayanya?

Rahmi bilang biaya pelaksanaan PSU di Banjarmasin Selatan akan dibebankan kepada KPU dan Pemprov Kalsel.

KPU Banjarmasin, kata dia, hanya bersifat melaksanakan pemungutan Pilkada ulang. Termasuk melakukan perekrutan KPPS, PPK dan PPS yang baru.

“Dalam keputusan itu PPK, PPS dan KPPS bukan yang sebelumnya. Tapi kita tetap menunggu KPU Provinsi, karena mereka yang melaksanakan mau gimana,” ucapnya.

Lebih jauh untuk tanggal pelaksanaan PSU, pihaknya lagi-lagi mengikuti instruksi KPU Kalsel.

MK memerintahkan PSU digelar selambat-lambatnya 60 hari setelah putusan berlangsung.

Lantas, berapakah jumlah TPS di Banjarmasin Selatan?

Penelusuran media ini, Banjarmasin Selatan memiliki 301 TPS yang tersebar di 12 kelurahan. Sedangkan daftar pemilih tetapnya (DPT) sebanyak 107.782 jiwa.

“Siap tidak siap, kalau itu keputusan kita harus melaksanakan,” ucapnya.

Sebelumnya, MK membatalkan surat penetapan KPU tentang penetapan rekapitulasi hasil pemilihan Gubernur Kalsel tanggal 18 Desember 2020 sepanjang perolehan suara di Banjarmasin Selatan, Sambung Makmur, Aluh-aluh, Martapura, Mataraman, dan Astambul dan 24 TPS di Kecamatan Binuang karena terjadi pelanggaran. Karenanya, dalam amar putusannya, MK menyimpulkan bahwa telah terjadi kecurangan dan pelanggaran sehingga mencederai demokrasi di Pilgub Kalsel 2020.

Dalil Pemohon

Dalam permohonannya, paslon H2D sebelumnya mengajukan sejumlah dalil kecurangan, ancaman hingga intimidasi saat pemungutan suara berlangsung di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, Kecamatan Hatungun Kabupaten Banjar, hingga Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Selengkapnya di halaman selanjutnya:

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

UU No 13 Tahun 2018, Selamatkan Gagasan Pikiran Penulis
apahabar.com

Kalsel

Sungai Mataraman Meluap, Rendam Desa Tanah Habang Hingga Satu Meter
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Tiga Wilayah Kalsel Masuk Peringatan Dini BMKG Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Heboh, Waria di Kotabaru Bisa Gandakan Uang
apahabar.com

Kalsel

Pengendara Honda Beat Tewas Usai Ditabrak Truk Fuso
apahabar.com

Kalsel

Kuburan Massal Korban Jumat Kelabu Sepi Peziarah
apahabar.com

Kalsel

Banjir di Desa Tanah Habang Mulai Surut, Warga Enggan Mengungsi
apahabar.com

Kalsel

Siapkan Anggaran Rp23 Miliar, RSUD Sultan Suriansyah Pesan Alkes di Luar Negeri 
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com