Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api Dikira Tenggelam, Buron Biang Tewasnya Polisi di Sungai Martapura Ditangkap! Duel Ulang Pilgub Kalsel, Habib Banua: Money Politics Itu Menghina Masyarakat

Dispersip Kotabaru Ingin SIKD Tiap SKPD dan Kecamatan Kembali Aktif

- Apahabar.com Jumat, 19 Maret 2021 - 23:17 WIB

Dispersip Kotabaru Ingin SIKD Tiap SKPD dan Kecamatan Kembali Aktif

Belasan SKPD dan kecamatan di Kotabaru mengikuti sosialisasi kearsipan. Foto : Istimewa.

apahabar.com, KOTABARU – Sebanyak 14 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan 19 kecamatan di Kotabaru mengikuti sosialiasi ihwal Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Kegiatan itu diselenggarakan tim Kearsipan Kabupaten Kotabaru menggandeng Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kotabaru, Gusti Syahruddin mengatakan kegiatan tersebut untuk mengaktifkan kembali Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) pada SKPD dan kecamatan.

Hal itu dilakukan sebelum dilaksanakannya perubahan website nomenklatur menjadi SRIKANDI (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis).

Tujuan lainnya, Syahruddin bilang, untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada SKPD dan Kecamatan dalam penataan dan pengelolaan arsip dinamis (Aktif & in aktif) sampai penyerahan arsip Statis ke Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kotabaru.

“Semoga melalui kegiatan ini akan timbul kesadaran dan ketaatan dalam penataan pengelolaan arsip secara baku sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan sebagai alat bukti yang sah, sehingga akan terwujud tertibnya arsip pada pemerintahan di Kotabaru,” ujarnya, Jumat (19/3).

Sementara, Asisten Administrasi Umum Setda Kotabaru, Murdianto mengatakan arsip merupakan identitas dan jati diri bangsa serta sebagai memori, acuan dan bahkan untuk pertanggung jawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Oleh karena itu, kata dia, maka harus dikelola dan diselamatkan oleh negara.

Mewujudkan, arsip yang autentik dan terpecaya, perlu penyelenggaraan kearsipan yang sesuai dengan prinsip, kaidah dan standar kearsipan dalam menghadapai tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggaraan negara.

Khususnya pemerintahan yang baik dan bersih guna peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Nah, melalui kegiatan ini, diharapkan kearsipan SKPD di Kotabaru akan menjadi lebih baik, sehingga nantinya audit kearsipan dapat bernilai cukup atau lebih optimis lagi bernilai baik atau sangat baik,” pungkasnya.

 

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kota Baru

Hari Valentine, 1 Lagi Warga Kotabaru Terpapar Covid-19
mtq kotabaru

Kota Baru

Syairi Mukhlis Berharap MTQ Ciptakan Generasi Qurani di Kotabaru

Kota Baru

Terungkap, Pengebom Molotov Rumah Warga di Kotabaru Bermotif Sakit Hati
Update Covid-19

Kota Baru

Update Covid-19 Kotabaru: 26 Sembuh, dan 2 Positif
apahabar.com

Pemkab Kotabaru

Proyek Peningkatan Jalan Tanjung Seloka-Kotabaru Segera Dimulai
apahabar.com

Kota Baru

Perpus Baru di Tapin Diharap Jadi Pilar Literasi
apahabar.com

Kota Baru

Peduli Korban Kebakaran di Kotabaru, Komunitas Seliko Urunan Salurkan Bantuan
corona

Kota Baru

Update Covid-19 Kotabaru 13 Desember: 9 Positif, 3 Negatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com