Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi! Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru

Dongkrak PAD, Paman Yani Sosialisasikan Perda Retribusi Jasa Usaha

- Apahabar.com Jumat, 26 Maret 2021 - 21:22 WIB

Dongkrak PAD, Paman Yani Sosialisasikan Perda Retribusi Jasa Usaha

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi saat sosialisasi Perda Retribusi Jasa Usaha di Tanah Bumbu. Foto-Ist

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Yani Helmi melakukan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Retribusi Jasa Usaha.

Sosialisasi tersebut diselenggarakan di Balai Pertemuan Nelayan Pelabuhan Perikanan Batulicin Provinsi Kalimantan Selatan Kabupaten Tanah Bumbu dengan menerapkan protokol kesehatan, Kamis (25/03).

Wakil Rakyat yang akrab disapa Paman Yani ini mengatakan, sosialisasi Perda khususnya Perda Retribusi Jasa Usaha ini penting diketahui masyarakat secara luas.

“Sehingga mereka mengetahui besaran tarif jasa usaha yang terlampir dalam Perda tersebut dan memahami bahwa ini untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” katanya.

Paman Yani mengungkapkan, semua pihak tentu berkeinginan agar pelabuhan perikanan ini bisa lebih ditingkatkan, sehingga dapat menampung banyak kapal.
Dengan begitu, kegiatan bongkar muat bisa lebih dipermudah dan bisa dibangun fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

“Fasilitas pendukung itu seperti tempat istirahat bagi para nelayan yang menyandarkan kapalnya di pelabuhan tersebut dan penyediaan stok es batu dalam jumlah besar dengan kualitas yang baik,” jelasnya.

Diharapkan ke depan, sambung Paman Yani, pelabuhan perikanan ini bisa dikembangkan dan ditingkatkan klasifikasinya.

Sementara Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Fadli mengimbau semua pihak terkait bersama-sama menaati dan melaksanakan Perda ini,

“Karena retribusi ini sangat bermanfaat untuk pengembangan pelabuhan perikanan dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,” jelasnya.

Sedangkan, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Pelabuhan Perikanan Batulicin, Akhmad Syarwani menambahkan bahwa hal yang paling menunjang untuk operasional pelabuhan ini adalah kerjasama yang baik dan kemitraan antara pegiat dengan aparatur pemerintah.

“Sehingga fungsi pelabuhan tercapai keduanya baik dari pengusahaan maupun tata pemerintahan yang pada gilirannya yang mendapatkan hasil adalah masyarakat juga,” pungkasnya.

Reporter: Rizal Khalqi
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

651 Peserta Seleksi Pendidikan Pengembangan Polda Kalsel Ikuti Pemeriksaan Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Klarifikasi Satgas Covid-19 Kalsel soal Bantuan Ribuan Rapid Test
apahabar.com

Kalsel

Rumah Warga Dekat Syamsudin Noor Terkepung Kebakaran Lahan

Kalsel

Sikapi Kasus Banjarhits, AJI: Polisi Harus Taat Putusan Dewan Pers
Sabu

Kalsel

Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya
apahabar.com

Kalsel

Serius Tangani Karhutla, Kapolda Kalsel Pimpin Simulasi Penanganan Karhutla
apahabar.com

Kalsel

Kader Golkar Tunggu Pidato Politik Akbar Tanjung
apahabar.com

Kalsel

Semua Wilayah di Kalsel Rawan Konflik Pemilu, Polisi Siap Turunkan 3 Ribu Personel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com