Armada Batu Bara Nebeng Fasum, Puluhan Pemuda Kotabaru Turun ke Jalan Megaproyek 4 Smelter Haji Isam, Prof Mutia Bilang Begini  Kata Pemprov Soal Megaproyek 4 Smelter Haji Isam di Kalsel Bersih-bersih Badut Jalanan di Kapuas, Satu dari Banjarmasin Terjaring Resmi Dubes, Pengganti ‘Urang Banua’ Jadi Jubir Jokowi Masih Tanda Tanya

Geger Ritual Bugil di Pandeglang, Pengikut Dijanjikan Selamat Dunia Akhirat

- Apahabar.com     Jumat, 12 Maret 2021 - 23:42 WITA

Geger Ritual Bugil di Pandeglang, Pengikut Dijanjikan Selamat Dunia Akhirat

Tangkapan layar video sekolompok orang di Pandeglang mandi telanjang. Foto-Istimewa

apahabar.com, PANDEGLANG – Ritual bugil dilakoni pengikut kelompok ‘Hakekok Balakasuta’ menggegerkan warga Karang Bolong, Pandeglang, Banten.

Berdasarkan pemeriksaan sementara, pengikut kelompok ini tergiur ajakan Aryani atau Arya (52), pemimpin ‘Hakekok’, yang menjanjikan keselamatan dunia akhirat

“Berdasarkan hasil keterangan kami, pimpinannya ini mempengaruhi mereka dengan iming-iming selamat dunia akhirat. Dia menjanjikan kelompoknya bisa hidup layak kalau ikut keyakinan ini,” kata Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi, kutip Detikcom, Jumat (12/3).

Untuk memuluskan aksinya, Arya selalu menunjukkan sejumlah azimat, mulai dari keris hingga barang-barang klenik lain, saat menyebarkan ajaran ‘Hakekok’.

“Barang pusaka ini dimiliki oleh ketuanya sebagai pegangan yang bersangkutan. Jadi, dia digunakan karena mungkin dianggap oleh pengikutnya punya kemampuan lebih sehingga bisa mempengaruhi yang lain,” tutur Hamam.

Hamam memastikan kegiatan kelompok Arya hanya terjadi di kampung tersebut. Dia mengaku belum menerima laporan dari warga daerah lain terkait aktivitas kelompok ‘Hakekok’.

“Sementara ini laporannya hanya terjadu di wilayah Karang Bolong, Cigeulis,” ujar Hamam.

Polisi terus mendalami motif ritual bugil yang dilakukan kelompok ‘Hakekok’. 16 orang yang ikut ritual bugil itu masih menjalani pemeriksaan. Polisi berkoordinasi dengan ulama di Pandeglang menangani persoalan ini.

“Hasil komunikasi kami dengan para ulama, mereka siap membina kelompok ini supaya kembali lagi ke jalan yang benar. Setelah itu, mudah-mudahan kelompok ini bisa kami kembalikan ke masyarakat,” ujar Hamam.

MUI belum memutuskan status kelompok ‘Hakekok’. MUI menunggu hasil komisi fatwa untuk memutuskan kelompok ini aliran sesat atau tidak.

“Sebagai ketua, saya menyatakan kalau ini menyimpang. Tapi, kami perlu menunggu dulu hasil dari komisi fatwa, baru bisa kami nyatakan aliran ini sesat ataupun menyimpang,” kata Ketua MUI Pandeglang Tubagus Hamdi Maani.

Hamdi memastikan hasil kajian dari komisi fatwa itu akan diumumkan dalam waktu dekat. MUI juga sepakat untuk membina kelompok

‘Hakekok’ ini setelah para pengikutnya mengaku akan kembali ke jalan yang benar.

“Tadi saya ketemu sama si Arya itu. Setelah ngobrol sama dia, dia merasa bersalah dan siap untuk dibenarkan, dibimbing kembali,” tutur Hamdi.

 

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

33 Peserta Tak Lulus Rikkes Tahap 1 Catar Akpol
Komedian Terbaik 2021

Tak Berkategori

Komeng Ajak Valentino Rossi Ambil Duit Pensiun ke Bank Pemerintah!
apahabar.com

Tak Berkategori

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polresta Banjarmasin Gelar Cipkon
apahabar.com

Pemko Banjarbaru

Haul Syarifah Badrun Dibanjiri Jamaah
Elpiji 3 Kilogram

Tak Berkategori

Redam Gejolak Elpiji 3 Kilogram, Pemkab Tala Punya Kartu Kendali
apahabar.com

Tak Berkategori

Syekh Samir Al Nafar Beri Motivasi Anak-Anak Penghafal Alquran
apahabar.com

Tak Berkategori

Sajian Maknyus Iduladha, Ini Makanan Penurun Kolesterol
Yayasan Sioux Ular Indonesia

Tak Berkategori

UPT Damkar Banjar Serap Ilmu Yayasan Sioux Ular Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com