Hasil MotoGP Portugal: Fabio Quartararo Sempurna, Marc Marquez Finis Ketujuh Bawaslu Perintahkan Copot Spanduk Denny-Difri di Martapura, Raziv: Error in Subject Duh, Pembayar Pajak Terbesar Kedua di Kalsel Curhat Jalan Rusak! Cari Lansia Diduga Tenggelam, Relawan Gabungan Tapin Dirikan Posko Usai Beri Makan Kucing, Kai Tj Diduga Tenggelam di Sungai Tapin

Gunung Sinabung Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

- Apahabar.com Selasa, 2 Maret 2021 - 20:08 WIB

Gunung Sinabung Erupsi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 4,5 Kilometer

Erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Foto-Antara

apahabar.com, MEDAN – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara erupsi pada Selasa (2/3), sekitar pukul 07.15 WIB.

Kemudian mengalami erupsi lanjutan dengan ditandai keluarnya awan panas guguran dengan jarak luncur 4,5 kilometer ke arah tenggara-timur.

“Dengan tinggi kolom mencapai 5.000 meter,” kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Perangin-angin saat dihubungi dari Medan, Selasa, dilansir Antara.

Ia menjelaskan sekitar pukul 07.11 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 3 kilometer ke arah tenggara-timur.

“Selain itu sekitar pukul 07.07 WIB terjadi awan panas guguran akibat kubah lava yang membeku di puncak Gunung Sinabung dengan jarak luncuran 2.000 meter ke arah tenggara-timur,” ujarnya.

Saat ini, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga dan petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi dalam radius 3 kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, pada radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat ke luar rumah untuk mengurangi dampak terhadap gangguan kesehatan dari abu vulkanik.

Pihaknya juga meminta masyarakat mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

“Masyarakat yang berada di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar dingin,” kata Natanail Perangin-angin.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

ASN Hamil dan Lansia di Bogor Wajib Kerja dari Rumah

Nasional

Daftar 25 Bidang Usaha yang Bisa 100 Persen Investasi Asing
apahabar.com

Nasional

Polri Angkat Bicara Soal Viral Pria Ditilang di Puncak
Deklarasi Tentara Allah

Nasional

Heboh Deklarasi Tentara Allah di Bandung Barat, Ketua RW Tak Tahu
apahabar.com

Nasional

Hari Pertama PSBB, Perbatasan Surabaya-Sidoarjo Macet Parah
apahabar.com

Nasional

Arus Balik Lebaran, Bamsoet: Perbanyak Titik Penyekatan Masuk ke Jabodetabek

Nasional

VIDEO: Rais Aam PBNU Kunjungi Kalsel, Tinjau Kesiapan Muktamar NU?
apahabar.com

Nasional

Damkar Gagal Evakuasi Induk Kobra dari Plafon Rumah Warga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com