Tepat di Hari Menanam Pohon Indonesia, HST Dilanda Musibah Banjir Siaga 1! 10 Desa di 3 Kecamatan HST Banjir, Tagana Kalsel Terjun ke Lokasi Banjir Meluas ke Pusat Kota HST, Diprediksi Puncak Air Naik Tengah Malam Pascabanjir Palangka Raya, Warga Tumbang Tahai Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak Banjir Kiriman Tiba di Kandangan, Bhalink-bhalink Rescue Bantu Evakuasi Warga

Hampir Setahun Tertunda, Pilkades Serentak Kabupaten Banjar Ditetapkan 24 Mei

- Apahabar.com     Senin, 8 Maret 2021 - 21:12 WITA

Hampir Setahun Tertunda, Pilkades Serentak Kabupaten Banjar Ditetapkan 24 Mei

Pemkab Banjar bersama Forkompimda menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Pilkades Serentak 2021, di Mahligai Sultan Adam, Pendopo Bupati Banjar, Senin (8/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Setelah hampir setahun ketidakjelasan jadwal pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Banjar, kini pemerintah sudah menetapkan pada Senin 24 Mei 2021.

Hal ini disampaikan Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dalam rapat koordinasi persiapan Pilkases, di Mahligai Sultan Adam Martapura, Senin (8/3).

Total 140 desa di 19 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak, dari 277 desa di 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Pilkades serentak sejatinya dilaksanakan pada Rabu 22 April 2020, hingga akhirnya ditunda.

Penundaan Pilkades akibat dari pandemi Covid-19 di Kabupaten Banjar. Bupati kala itu H Khalilurrahman mengeluarkan surat edaran (SE) penundaan Pilkades bernomor 18.45/182/KUM/2020 tertanggal 23 Maret 2020, berdasarkan SE Mendagri RI nomor 141/2577/SJ.

Penundaan dalam SE Bupati Banjar tahun lalu, hanya menyebutkan sampai 2021, tidak menjelaskan lebih rinci kapan kembali dilaksanakan.

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur dalam rakor tadi kembali menekankan pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes), dalam pelaksanaan Pilkades serentak nanti.

Apalagi saat ini masih ada 5 kecamatan yang berstatus zona merah, yakni di Martapura, Simpang Empat, Kertak Hanyar, Gambut, dan Sungai Tabuk.

“Jangan sampai terjadi kerumunan dan penularan Covid-19 pada pelaksanaan Pilkades serentak 2021 nanti,” imbau Bupati Saidi Mansyur.

Saidi juga mengimbau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang terlibat dalam pembentukan panitia Pilkades, agar melibatkan aparat keamanan TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

“Melalui rapat koordinasi ini, saya harap dapat memberikan masukan guna terlaksananya Pilkades yang aman, tertib, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin-pemimpin desa yang mampu mengemban amanah rakyatnya,” harap Saidi.

Adapun pihak keamanan, baik dari Kodim 1006/Martapura, Polres Banjar dan Polres Banjarbaru siap memberikan dukungan untuk mensukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Banjar 2021.

Rakor tadi juga dihadiri Wakil Bupati Banjar, H Said Idrus Al Habsyie, Sekda Banjar, H Mokhamad Hilman, Dandim 1006/Martapura, Letkol Imam Muctharom, perwakilan Polres Banjar dan Banjarbaru, DPRD Banjar, Asisten I Pemerintahan dan Kesra H Masruri, beberapa Kepala SKPD terkait dan camat se-Kabupaten Banjar.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kades Penggalaman, Nur Ifansyah saat menerima bantuan dari instansi, di tempat pengungsian, Jumat (12/6) malam. Foto-apahabar.com/hendralianor.

Kabupaten Banjar

Puting Beliung di Martapura Barat, Kades Penggalaman Harap Ada Bantuan Bedah Rumah
Kafilah

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Serahkan Bonus untuk Kafilah Berprestasi
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Keluarga Korban Kesetrum di Martapura Dapat Santunan Puluhan Juta

Kabupaten Banjar

Mampu Tingkatkan Kinerja, Bapenda Banjar Dapat Penghargaan dari Indonesia Award Magazine Center

Kabupaten Banjar

Kick Off Kejurprov Futsal Kalsel, Askab PSSI Banjar Ingatkan Soal Prokes
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pertama di Kalsel, Kabupaten Banjar Punya Layanan 112 untuk Masyarakat
Covid-19

Kabupaten Banjar

Sekda Banjar: Pasien Covid-19 Tetap Bisa Nyoblos di Pilkades
Curi Pompa Air

Kabupaten Banjar

Curi Pompa Air, Warga Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Diringkus Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com