Peluncuran Vaksin AS Picu Kenaikan Harga Minyak Cuaca Kalsel Hari Ini, Hujan Berpetir Masih Mengancam PPKM Mikro Saat Ramadan, ASN di Banjarmasin Diminta Lebih Proaktif Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok Milan Lockdown, Eh Ibrahimovic Tepergok di Restoran

Hari Air Se-Dunia 2021, Mahipa IAI Darussalam Martapura Pilih Susur Sungai

- Apahabar.com Rabu, 24 Maret 2021 - 21:36 WIB

Hari Air Se-Dunia 2021, Mahipa IAI Darussalam Martapura Pilih Susur Sungai

Mahipa IAI Darussalam Martapura gelar susur sungai. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Mahasiswa Islam Pecinta Alam (Mahipa) Institut Agama Islam (IAI) Darussalam Martapura yang tergabung dalam Super Friends Banjarmasin di bawah payung Kolaborasi KITA punya cara tersendiri untuk menyelamatkan lingkungan.

Dalam rangka menyambut Hari Air Sedunia, Mahipa IAI Darussalam bekerja sama dengan Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar melakukan kegiatan susur sungai dengan tujuan membersihkan sampah di permukaan sungai.

Wakil Ketua Umum Mahipa IAI Darussalam Shofy Muhammad mengatakan kegiatan susur sungai ini berlangsung di Saluran Irigasi Cindai Alus hingga Irigasi Pinus, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada belum lama tadi.

Sekitar 10 orang ikut serta membersihkan sampah-sampah di saluran irigasi ini dengan menggunakan 2 perahu karet.

“Alasan kami membuat kegiatan ini sebenarnya sederhana. Belakangan ini, sampah di Saluran Irigasi Cindai Alus-Pinus semakin banyak sehingga mengakibatkan aliran air terhambat dan naik ke atas. Hal ini tentu bisa mengakibatkan banjir. Karena itulah, kami kemudian berinisiatif untuk mengadakan aksi ini,” kata Shofy Muhammad, dalam keterangannya, Rabu (24/3).

Wayang sapaan akrabnya melanjutkan, dalam aksi susur sungai sejauh kurang lebih 1,5 kilometer tersebut, para anggota Mahipa IAI Darussalam yang tergabung dalam Super Friends Banjarmasin di bawah payung Kolaborasi KITA bersama FAJI Kalimantan Selatan dan FAJI Kabupaten Banjar berhasil mengumpulkan 5 kantong sampah dari permukaan sungai.

Selanjutnya sampah-sampah itu dibuang ke tempat pembuangan sampah di wilayah Bincau, Martapura.

“Sampah-sampah yang kami kumpulkan diantaranya sampah plastik, kayu, bambu, dan lain sebagainya. Dengan aksi seperti ini, kami juga ingin menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya untuk tidak membuang sampah di sungai,” lanjutnya.

Selain susur sungai, kegiatan lain yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam dalam memperingati Hari Air Sedunia adalah workshop mengenai lingkungan dan game berupa fun rafting.

Devin Ilham, selaku Penanggung jawab Super Friends Banjarmasin yang berada di bawah payung Kolaborasi KITA mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam.

Menurut Devin, kegiatan seperti ini bisa menjadi contoh bagi para mahasiswa maupun komunitas pecinta alam lainnya.

“Aksi yang dilakukan Mahipa IAI Darussalam bersama FAJI Kalimantan Selatan dan Kabupaten Banjar ini sungguh luar biasa. Selain membantu menyelamatkan lingkungan, kegiatan ini juga menjadi kampanye bagi mapala maupun komunitas lain untuk melakukan kegiatan serupa,” tutup Devin.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ratusan Warga Kalsel se-Jabodetabek Halalbihalal di Museum Gajah, Bupati HST Gaungkan #SaveMeratus
apahabar.com

Kalsel

Resmi Bekerja, Panwascam Batola Ditunggu 3 Tantangan Berat
BMKG

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini, BMKG: Waspada Potensi Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Videonya Viral di Medsos, Nyanyikan Lagu India Sambil Gelantungan di Pick Up, Gimar Terinsipirasi Aktor Laga Jackie Chan
apahabar.com

Kalsel

Nahas, Satu dari Lima Remaja Hanyut di Sungai Tabalong Dinyatakan Tenggelam
apahabar.com

Kalsel

Saudi Tutup Umrah, Jumlah Jemaah Kalsel Belum Terpantau
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 Hambat Realisasi Investasi di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Kerugian Tembus Miliaran, Pelayanan di Puskesmas Kayutangi Dialihkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com