Memanas, Tim Ibnu-Ariffin Bakal Polisikan Sosok Diduga Jurkam AnandaMu Buntut Transkrip! Waspada, Hujan Berpetir dari Kaltim hingga Kalteng Imbas Siklon Surigae Geger! Wanita Hampang Kotabaru Tewas Bersimbah Darah Didatangi Dinkes, 5 RS di Banjarmasin Langsung Bayar Tunggakan Darah Kebakaran di Tapin, Rumah dan Kendaraan Hangus Dilalap Api

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

- Apahabar.com Minggu, 21 Maret 2021 - 17:51 WIB

Innalillaah…, 400 Ulama Wafat di Masa Pandemi Covid-19

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Sekitar 400 ulama wafat selama pandemi Covid-19. Begitu catatan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) hingga pekan lalu.

Ketua Satkor Covid-19 RMI PBNU, KH Ulun Nuha mengatakan, para kiai atau ulama bekerja di garis depan. Mereka adalah pahlawan spiritual masyarakat. Pada Ramadan tahun lalu sudah dilalui dengan kesedihan dan kebekuan kegiatan keagamaan. Tentu harapannya Ramadan ini bisa berjalan dengan baik.

“Sampai pekan lalu dalam catatan kami sudah ada 400 ulama yang meninggal dunia selama masa pandemi Covid-19,” kata Kiai Ulun seperti dilansir Republika.co.id, Minggu (21/3).

Ia mengatakan, kalau ulama terus wafat, meninggalkan umat. Tentu yang rugi adalah seluruh bangsa. Sehubungan dengan itu, RMI melihat penting sekali pemerintah memprioritaskan perlindungan terhadap alim ulama. Salah satunya dengan upaya memprioritaskan vaksinasi bagi para alim ulama.

“Sepertinya kalau dari pemerintah pusat, kesadaran dan political will-nya sudah ada (untuk vakinasi ulama dan pesantren), tetapi saya tidak tahu tetapi ketika turun ke daerah provinsi dan kabupaten/ kota kemudian inisiatifnya bisa sangat berbeda-beda,” ujarnya.

Maka dari itu, Kiai Ulun mengimbau dan berhadap dukungan dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/ kota untuk memprioritaskan para alim ulama dan keluarga besar pesantren. Supaya mereka segera mendapatkan vaksin Covid-19.

RMI juga menyampaikan bahwa sudah ada laporan dari sejumlah pesantren yang telah mendapat vaksin Covid-19. Tapi masih banyak pesantren yang belum mendapatkan vaksin Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Ketika Pahala Zikir Setimpal dengan Haji, Umrah, dan Jihad

Religi

Haul ke-43 KH Abdul Qadir Hasan, Sosok Pemimpin dan Pejuang Kemerdekaan

Habar

Ikhwanul Muslimin Tanggapi Pernyataan Saudi yang Menyebut Mereka Sesat
apahabar.com

Habar

Jelang Haul Sekumpul ke 15, Pesawat Tujuan Banjarmasin Dijejali Tamu Haul
apahabar.com

Religi

Kisah Sumur Zamzam yang Tak Pernah Kering Sepanjang Zaman
apahabar.com

Habar

Perkirakan 2 Juta Lebih Jemaah Hadir, Wakapolda Kalsel Tinjau Kesiapan Pengamanan Haul Sekumpul ke 15
apahabar.com

Habar

Hadapi Haul, PLN Terjunkan Ratusan Personil Siaga Gangguan Kelistrikan
apahabar.com

Habar

NU Kalsel Imbau Warga Nahdliyyin Rayakan Malam Nishfu Sya’ban di Rumah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com