Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar Kuasa Hukum AF Tantang Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara

Kalsel Siapkan Metode Luring dan Daring Ganti Ujian Nasional

- Apahabar.com Kamis, 25 Maret 2021 - 13:12 WIB

Kalsel Siapkan Metode Luring dan Daring Ganti Ujian Nasional

Rapat virtual persiapan pelaksanaan ujian sekolah. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan menyiapkan dua metode pengganti ujian nasional pada 29 Maret-10 April mendatang.

Ujian akhir sekolah akan dilakukan secara luring dan daring dengan menyesuaikan kondisi satuan pendidikan.

“Ujian sekolah mayoritas dilakukan secara daring atau online. Sebagian luring atau offline karena kesukitan internet,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, kepada apahabar.com usai melakukan rapat virtual persiapan ujian sekolah di Command Center Setdaprov Kalsel, Kamis (25/3) siang.

Dari 200 satuan pendidikan di bawah kewenangan Disdik Kalsel, ada 194 sekolah yang siap melaksanakan ujian. Sementara 6 sekolah lainnya tergolong baru dan belum memiliki peserta didik di kelas XII.

“Kita berharap walaupun pembelajaran secara daring, tetapi mutu dan kualitasnya sama dengan sekolah langsung,” harap Safrizal.

Untuk menghindari penularan Covid-19, dia memberi arahan agar penerapan ujian sekolah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mewajibkan Rapid Test Antigen untuk para guru, melakukan gerakan 3M, hingga mengatur waktu ujian untuk jumlah peserta didik.

“Jadi mayoritas daring, untuk luring sebagian tatap muka juga ada metodologi penugasan,” imbuhnya.

Pola kombinasi ini diharapkan dapat mempermudah para siswa dalam mengikuti jadwal ujian sekolah nanti. Sehingga apabila mengalami kendala, peserta didik dapat memilih metode ujian yang akan diikutinya.

“Yang luring itu campuran. Misalnya ada yang tempat tinggalnya tidak ada sinyal, bisa mengikuti ujian di sekolahnya. Tetapi mayoritas memang daring,” kata Kepala Disdikbud Kalsel, Yusuf Effendi, menambahkan.

Sebagai informasi, ujian sekolah untuk SMA dilaksanakan pada 29 Maret-10 April, ujian sekolah untuk SMK dilaksanakan pada 15 – 27 Maret, serta Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dilaksanakan pada 29 Maret-9 April.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Tabrakan Horor di Kotabaru, Pemotor Tewas Seketika
apahabar.com

Kalsel

Pelantikan Ketua Dewan Kalsel Diwarnai Unjuk Rasa
apahabar.com

Kalsel

Proses Pencarian Korban KM Pieces Berlanjut
apahabar.com

Kalsel

Peringati HUT ke-65 Lalu Lintas Bhayangkara, Polres Banjar Bagikan Ratusan Logistik pada Korban Laka
apahabar.com

Kalsel

Pilu di Balik Puing Bangunan PAUD Terpadu Aisyiyah 2 Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Kembangkan Tanaman Langka di Kebun Raya Banua
apahabar.com

Kalsel

3 Unit BPK Gabung Balakar 654 Murakata
apahabar.com

Kalsel

Detik-Detik Penangkapan Pengendara Avanza Bawa Sabu di HSU
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com