Nunggu Sahur, 3 Warga HST Kedapatan Polisi Main Dadu di Belakang SD Program Ramadan YN’S Center Berlanjut, Panitia Undang Peserta Tadarus dari Kabupaten Banjar Kabar Duka, Politisi Senior PKB Kalteng HM Asera Tutup Usia Keren! Al-Mazaya Islamic School Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi Covid-19 POPULER SEPEKAN: Polisi Tewas Tenggelam di Sungai Martapura, hingga 2 Kasus Kriminalitas di Hulu Sungai

Kapolda Kalsel: Normalisasi Sungai Jadi PR Seluruh Stakeholder Hindari Banjir

- Apahabar.com Kamis, 4 Maret 2021 - 15:24 WIB

Kapolda Kalsel: Normalisasi Sungai Jadi PR Seluruh Stakeholder Hindari Banjir

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto menerima Audensi PJ. Walikota Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) mendukung langkah Pemerintah Kota Banjarmasin untuk menormalisasi sungai.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. yang secara topografi melihat kondisi Kota berjuluk Seribu Sungai saat terjadinya musibah banjir beberapa waktu lalu yang seharusnya itu tidak terjadi.

Namun yang terjadi dilapangan berbeda dari kenyataannya, meski banyaknya aliran Sungai di Kota Banjarmasin banjir tetap saja terjadi.

Menurut Kapolda Kalsel, di Kota Banjarmasin ini terdapat kesalahan dalam melaksanakan penataan bangunan, di mana sungai-sungai yang seharusnya menjadi aliran air disekat, kemudian diuruk untuk dijadikan halaman, hingga mengakibatkan aliran air sungai buntu dan air sungai akhirnya meluap.

“Saya tidak menduga juga itu (Sungai, red) ada sekatan-sekatan. Memang ada cara membangun jembatan yang salah, ada orang membangun halaman atau membangun kantor mengambil lahan aliran air, ada juga yang sengaja membangun dengan menguruk di atas aliran air itu, ada yang membuat untuk kepentingan tertentu, sesuai dengan pemikirannya masing-masing,” kata Kapolda Kalsel di ruang kerjanya saat menerima Audensi PJ. Walikota Banjarmasin, Rabu (3/3) kemarin.

Hal itu, lanjutnya, harus menjadi PR bagi Pemerintah Kota dan seluruh stakeholder yang ada di Bumi Kayuh Baimbai untuk menormalisasikan Sungai-sungai yang buntu dan telah disekat-sekat itu, sehingga musibah banjir tidak terjadi lagi di Kota ini.

“Ini menjadi PR nya Pemerintah Kota, bukan hanya sesaat ataupun insidentil. Memelihata drinase itu adalah tugas rutin dari waktu kewaktu, tidak ada tugas berhenti, memelihara jalan memelihara tata kota dan memelihara yang menjadi kewajiban perangkat Kota itu, ya setiap hari,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, PJ. Walikota Banjarmasin H. Mukhyar menegaskan, arahan yang telah diberikan Kapolda Kalsel itu akan dilaksanakan Pemko Banjarmasin bersama stakeholder terkait.

Intinya, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan sungai akan terus digalakan Pemko Banjarmasin, sampai Kota ini benar-benar menjadi Barasih Wan Nyaman.

Sedangkan dalam kesempatan yang sama Direktur Binmas Polda Kalsel Kombes Pol Widiatmoko, S.H., S.I.K. mengatakan, tindakan tegas saat kegiatan normalisasi Sungai akan dilakukan aparat terkait, apabila dalam imbauan yang diberikan ada masyarakat atau pemilik bangunan yang berdiri di atas sungai tidak mematuhinya.

“Intinya kami kasih peringatan, kalau sudah dikasih peringatan beberapa kali, tapi tetap saja mengindahkan, terpaksa di bongkar,” katanya.

Selain dihadiri Kapolda Kalsel, Direktur Binmas Polda Kalsel, dan PJ. Walikota Banjarmasin, turut hadir juga Asisten 2 Bidang Perekonomian Kotamadya Banjarmasin dan Sektretasia PUPR Kota Banjarmasin.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pegawainya Positif Covid-19, Diskominfo Kalsel Gelar Tes Cepat
apahabar.com

Kalsel

Ombudsman Dukung Penandatanganan Komitmen Lapor Pemkab HSU
apahabar.com

Kalsel

Terganjal Status, Rusunawa Teluk Kelayan Tak Bisa Ditempati

Kalsel

Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

6 Rumah dan HRV Diamuk Api di Tapin, Kerugian Capai Miliaran
apahabar.com

Kalsel

Uji Nasionalisme, Polisi di Banjarmasin Kibarkan Bendera di Tengah Jalan
apahabar.com

Kalsel

Heboh, Sesosok Mayat Ditemukan di Pasar Antasari
haul abah guru

Kalsel

Tanpa Haul Abah Guru, Sekumpul Lengang Meski Ada Peziarah Datang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com