Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Suap Ditjen Pajak

- Apahabar.com Kamis, 4 Maret 2021 - 18:20 WIB

KPK Tetapkan Tersangka Dugaan Suap Ditjen Pajak

Gedung KPK. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, menyebut pihaknya telah menetapkan tersangka dalam kasus dugaan suap miliaran rupiah di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan.

Penetapan tersangka dilakukan menyusul surat yang dikirimkan KPK ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mencekal mantan Direktur Ekstensifikasi dan Penilaian Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Angin Prayitno Aji.

“Umumnya sejak tersangka ditetapkan, ya kita cegah ke luar negeri,” ucap Alex di Gedung KPK Jakarta, dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (4/3).

Meski begitu, Alex tak merinci sejak kapan dan siapa pihak yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Permohonan pencekalan terhadap Angin sendiri telah diajukan KPK sejak 8 Februari lalu. Angin dicekal ke luar negeri bersama inisial DR, RAR, AIM, VL, dan AS.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri menjelaskan bahwa pencekalan atau larangan bepergian ke luar negeri terhadap seseorang dilakukan demi kepentingan penyidikan. Hal itu berlaku dalam kasus pencekalan terhadap Angin.

Ia pun membenarkan bahwa pihaknya telah melayangkan surat cekal kepada Ditjen Imigrasi Kemenkumham terkait penyidikan kasus dugaan korupsi di Ditjen Pajak.

“KPK benar telah mengirimkan surat kepada Ditjen Imigrasi untuk melakukan pelarangan ke luar negeri terhadap beberapa pihak terkait perkara ini,” kata Ali.

Walaupun demikian, Ali menuturkan pihaknya belum dapat menyampaikan detail kasus dan tersangka saat ini. “Kebijakan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan para tersangka,” katanya.

Alex sebelumnya menyatakan bahwa lembaga antirasuah, bersama Kementerian Keuangan, sedang menyelidiki kasus dugaan suap di Ditjen Pajak Kementerian Keuangan. Pihaknya juga sudah menggeledah beberapa lokasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pegawai yang diduga menerima suap telah dibebastugaskan dari jabatannya karena mengundurkan diri. Dia enggan mengungkap identitas pejabat tersebut demi menjunjung asas praduga tak bersalah.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ini Alasan Winda Earl Tak Pernah Ambil Tabungan Rp 20 M di Maybank
apahabar.com

Nasional

Berulang Kali Ditebas, Kepala Dimasukan ke Dalam Kantong Plastik
apahabar.com

Nasional

Fetish Kain Jarik Belum Habis, Kini Gempar Kasus Dosen ‘Swinger’
apahabar.com

Nasional

Pembantaian Salat Jumat di New Zealand, Jokowi : Mengutuk Aksi Penembakan
apahabar.com

Nasional

Waspada! Rokok Elektronik Rentan Disusupi Narkoba
apahabar.com

Nasional

Selain Kiamat, Fatwa Khotimun Lainnya Juga ‘Menakutkan’
apahabar.com

Nasional

Vaksin Covid-19 Sinovac Diproduksi Bio Farma Kuartal I 2021
apahabar.com

Nasional

Viral! Polisi Pukul Sopir Ambulans Gegara Bunyi Sirene
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com