Ini 5 Strategi Indef Selamatkan Perekonomian Indonesia di Tengah Ketidakpastian Global Pembelaan Lengkap Wahid: Minta Bebas hingga Tak Sita Semua Hartanya Hotel Aria Barito dan Armani: Fasilitas Berbintang Alat Damkar Kelas Melati IPW Desak Kapolda Kalsel Copot AKBP AB Dkk Salut.. AKBP Afeb Dkk Inisiasi Darul Qur’an di Sungai Jingah
agustus

KPU Respons Titah MK PSU 7 Kecamatan di Kalsel: Kita Rekrut Lagi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan angkat bicara perihal Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam lanjutan Pilkada 2020.Penyelenggara..
- Apahabar.com     Jumat, 19 Maret 2021 - 21:15 WITA

KPU Respons Titah MK PSU 7 Kecamatan di Kalsel: Kita Rekrut Lagi

Pilgub Kalsel dipastikan belum usai seiring keluarnya perintah MK ke KPU untuk melakukan pemungutan suara ulang di 7 kecamatan di 3 kabupaten/kota berbeda. Foto: Ist

Seiring terkabulnya sebagian gugatan hasil sengketa itu, Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah menerangkan bahwa pihaknya menunggu perintah untuk melakukan PSU di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Banjarmasin Selatan.

“Karena ini Pilkada Gubernur jadi kita menunggu arahan dari provinsi. Dan provinsi menunggu arahan dari KPU RI,” ujarnya kepada apahabar.com.

Lantas dari mana biayanya?

Rahmi bilang biaya pelaksanaan PSU di Banjarmasin Selatan akan dibebankan kepada KPU dan Pemprov Kalsel.

KPU Banjarmasin, kata dia, hanya bersifat melaksanakan pemungutan Pilkada ulang. Termasuk melakukan perekrutan KPPS, PPK dan PPS yang baru.

“Dalam keputusan itu PPK, PPS dan KPPS bukan yang sebelumnya. Tapi kita tetap menunggu KPU Provinsi, karena mereka yang melaksanakan mau gimana,” ucapnya.

Lebih jauh untuk tanggal pelaksanaan PSU, pihaknya lagi-lagi mengikuti instruksi KPU Kalsel.

MK memerintahkan PSU digelar selambat-lambatnya 60 hari setelah putusan berlangsung.

Lantas, berapakah jumlah TPS di Banjarmasin Selatan?

Penelusuran media ini, Banjarmasin Selatan memiliki 301 TPS yang tersebar di 12 kelurahan. Sedangkan daftar pemilih tetapnya (DPT) sebanyak 107.782 jiwa.

“Siap tidak siap, kalau itu keputusan kita harus melaksanakan,” ucapnya.

MK membatalkan surat penetapan KPU tentang penetapan rekapitulasi hasil Pilgub Kalsel 2020 sepanjang perolehan suara di Banjarmasin Selatan, Sambung Makmur, Aluh-aluh, Martapura, Mataraman, dan Astambul dan 24 TPS di Kecamatan Binuang karena terjadi pelanggaran.

Karenanya, dalam amar putusannya, MK menyimpulkan bahwa telah terjadi kecurangan dan pelanggaran sehingga mencederai demokrasi di Pilgub Kalsel 2020.

Dalil Pemohon

Dikabulkan MK, BirinMu-H2D Berebut Suara di Ratusan TPS Banjarmasin Selatan

Dalam permohonannya, paslon H2D sebelumnya mengajukan sejumlah dalil kecurangan, ancaman hingga intimidasi saat pemungutan suara berlangsung di Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, Kecamatan Hatungun Kabupaten Banjar, hingga Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Denny juga menyebut sebelum proses, saat tahapan kampanye, pada hari pencoblosan, dan setelahnya: berbagai modus pelanggaran dan kecurangan pemilu dilakukan dengan terstruktur, sistematis, dan masif.

Dalil permohonan lainnya, adanya pengerahan aparat pemerintah, dan negara serta penyelewengan anggaran pusat, dan daerah — tidak terkecuali anggaran dana bansos pembagian sembako.

Meminjam laporan KPU, BirinMu meraih 843.695 suara dalam Pilgub Kalsel 2020. Sedangkan H2D 851.822 suara. Selisih keduanya terpaut tipis 8.127 suara atau memenuhi syarat ambang batas sengketa.

“Doa kita diskualifikasi. Tapi kalau pun putusannya nanti Pemungutan Suara Ulang (PSU), itu artinya KPU Kalsel/Paman Birin tetap kalah, dan kita menang dalam persidangan di MK,” ujar Denny dihubungi apahabar.com, Jumat (19/3) pagi.

Sementara, Kuasa Hukum Tim Sahbirin-Muhidin, Andi Syafrani memprediksi hasil putusan hakim MK menolak permohonan pemohon.

“Bahwa majelis hakim MK bakal memutuskan akan menolak semua gugatan yang dilayangkan pihak H2D,” ujar Syafrani, belum lama tadi.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Harga Emas

Tak Berkategori

Terseret Kenaikan Imbal Hasil-Penjualan Ritel, Harga Emas Turun Tajam
apahabar.com

Tak Berkategori

Diancam Digempur China, Taiwan Minta Bantuan Internasional
apahabar.com

Tak Berkategori

Cerita Krisyanto Korban Selamat Tsunami Anyer
apahabar.com

Tak Berkategori

Mayat Mengambang di HST Diduga Anak Keterbelakangan Mental

Tak Berkategori

Ratusan Ribu Keluarga di Tala Akan Didata Ulang
apahabar.com

Tak Berkategori

Sukamta Sampaikan Rancangan KUA PPAS 2021
apahabar.com

Tak Berkategori

Resmi, Tak Pakai Masker di HSS Tak Cuma Dihukum Nyapu Jalan
kebakaran

Tak Berkategori

Pelaku Pembakaran di Gunung Bugis Balikpapan Diperiksa 14 Hari di RSJ Samarinda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com