Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Lakukan Penyelidikan, Pertamina Belum Hitung Kerugian Pascainsiden Percikan Api

- Apahabar.com Jumat, 26 Maret 2021 - 15:24 WIB

Lakukan Penyelidikan, Pertamina Belum Hitung Kerugian Pascainsiden Percikan Api

Area Manager Communications dan Relations Pertamina RU V, Ely Chandra. Foto-apahabar.com/Ahmad Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Pascainsiden percikan api yang terjadi di area cooling box atau bak pendinginan air di Kilang Minyak Balikpapan pada Jumat (26/3) pukul 08.42 Wita terus diselidiki pihak Pertamina.

Insiden yang mengakibatkan kebulan asap tebal membumbung tinggi di langit ini menjadi catatan evaluasi pihaknya.

Pertamina sendiri belum memastikan penyebab dari insiden tersebut. Sebab saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan bersama petugas terkait. Namun dia membenarkan bahwa insiden tersebut disebab oleh adanya percikan api.

“Saat ini kita sedang melakukan proses pendinginan lokasi dan teman-teman dari HSSE sedang melakukan pemeriksaan untuk menemukan flash tadi sumbernya dari mana,” kata Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikpapan, Ely Chandra Perangin-Angin.

Informasi yang dihimpun apahabar.com, tak jauh dari lokasi tersebut sedang ada kegiatan bersih-bersih. Namun para pekerja dari proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan terkejut tiba-tiba muncul flash dan asap tebal pun membumbung tinggi.

“Di dekat area situ sedang ada aktivitas tapi bukan persis di lokasi kejadian,” tambahnya.

Dari kejadian itu para pekerja langsung diminta mengentikan aktivitasnya dan dievakuasi ke luar area kilang guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Jadi prosedur untuk pengamanan lokasi ada prosedur standar kita apabila ada kejadian memang yang dilakukan karena keselamatan orang adalah yang utama. Sehingga apapun kejadiannya, yang pertama dilakukan adalah menyisir lokasi agar tidak ada orang yang mendekati lokasi sehingga petugas pemadam kebakaran bisa melakukan pemadaman di lokasi,” ungkapnya.

Ditanya berapa kerugian materil akibat peristiwa ini, Ely belum mau mengungkapnya lantara masih dalam tahap penyelidikan. Hanya saja insiden tersebut tidak menghentikan produksi dari Kilang Minyak itu sendiri.

“Karena ini masih masa penyelidikan kita tidak bisa menebak-nebak kerugian, kita masih melakukan penyelidikan dari teman-teman yang ada di lapangan,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Balikpapan

Kaltim

Pria Paruh Baya di Balikpapan Ditemukan Tewas Tergantung
apahabar.com

Kaltim

Penjual Pulau Malamber Akui Terima Duit dari Bupati Penajam, Simak Bantahan AGM
perampok

Kaltim

Ditangkap, Perampok Pegawai Pajak di Balikpapan Ngaku Dikuasai Setan
apahabar.com

Kaltim

Kampung Inggris Penajam Segera Dibangun
apahabar.com

Kaltim

KLHK Dorong Kaltim Miliki Laboratorium Lingkungan
Dinkes Balikpapan

Kaltim

Tangani Covid-19, Dinkes Balikpapan Dapat Anggaran Rp 25 Miliar
apahabar.com

Kaltim

Resmi Jadi Wali Kota Balikpapan, Rahmad Masud Kenang Almarhum Thohari Azis
apahabar.com

Kaltim

Tambah 210 Kasus, Total Positif Covid-19 di Kaltim 11.047 Orang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com