Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar Kuasa Hukum AF Tantang Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara

Masih Banjir, Pemkab Banjar Bahas Kesiapan Cegah Karhutla

- Apahabar.com Kamis, 25 Maret 2021 - 13:58 WIB

Masih Banjir, Pemkab Banjar Bahas Kesiapan Cegah Karhutla

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur saat sambutan dalam Rakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Kabut Asap akibat Karhutla 2021 yang digelar BPBD Banjar, di Aula Barakat Martapura, Kamis (25/3). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Kendati Kabupaten Banjar masih terendam banjir, namun Pemkab Banjar sudah bersiap untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Untuk itu, Pemkab Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar menggelar Rakor Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana Kabut Asap akibat Karhutla 2021, di Aula Barakat Martapura, Kamis (25/3).

Rakor tersebut dibuka resmi oleh Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, dan dihadiri Sekda Banjar HM Hilman, perwakilan Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura serta stakeholder terkait.

Bupati Saidi dalam sambutannya mengatakan, rakor ini merupakan tahapan pertama dalam menunjukkan komitmen pemerintah daerah, juga stakeholder terkait bahwa pihaknya siap menangani karhutla.

“Sebagaimana diketahui, kondisi cuaca saat ini meskipun masih sering terjadi hujan, namun kita terus meningkatkan upaya-upaya dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan akan kemungkinan terjadinya Karhutla di Kabupaten Banjar terutama di kawasan pertanian, perkebunan, dan lainnya,” kata Saidi.

Bupati berharap seluruh elemen di pemerintah, swasta, dan masyarakat agar selalu mendukung program pemerintah untuk menurunkan titik panas.

“Serta siap dalam upaya-upaya preventif, seperti pemadaman dini kebakaran hutan dan lahan hingga pemadaman secara tuntas.

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banjar, HM Irwan Kumar dalam laporannya mengatakan maksud dan tujuan rakor tersebut adalah untuk meningkatkan kinerja instansi pemerintahan, para relawan dan stakeholder dalam pencegahan serta kesiapsiagaan bencana kabut asap akibat Karhutla.

Sekadar diketahui, saat ini tercatat masih ada 5 kecamatan yang sebagian wilayahnya terendam banjir, yaitu Kecamatan Martapura, Martapura Timur, Martapura Barat, Sungai Tabuk, dan Cintapuri Darussalam.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Sahrin Terharu, Rumahnya Direhab Program Bakti TNI
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Di Martapura, Acara HPN 2020 Dimeriahkan Musik Panting dan Madihin
Syekh M Arsyad Al Banjari

Kabupaten Banjar

Banjir Hampir 4 Bulan, Santri Ponpes Syekh M Arsyad Al Banjari Terpaksa Belajar Sambil Berendam
Tahun Baru

Kabupaten Banjar

Potret Malam Tahun Baru di Kota Intan Martapura, Tanpa Petasan Mercon
Martapura

Kabupaten Banjar

Banjir di Martapura, Warga Labuan Tabu Minta Pemkab Banjar Tinggikan Jalan
Apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kemarau Diprediksi Awal Juli, Pemkab Banjar Bersiap Hadapi Karhutla
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Terima Bantuan APD, Sekda Banjar: Ruang Isolasi RSUD Ratu Zalecha Full Pasien Covid-19
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Sebut Kabupaten Banjar Tak Lagi Serambi Mekkah, Guru Khalil: Tinggal Seramnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com