Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG…. Deretan Masjid di Banjarmasin yang Gelar Salat Id Pagi Ini, Tetap Prokes Ya! Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong!

Menderita Tumor Bawaan, Kondisi Balita di Belawang Batola Ini Semakin Memprihatinkan

- Apahabar.com Senin, 8 Maret 2021 - 21:51 WIB

Menderita Tumor Bawaan, Kondisi Balita di Belawang Batola Ini Semakin Memprihatinkan

Mengalami lymphangioma yang terdeteksi ketika berusia 8 hari, balita Yeni Febriasyah mengalami pembengkakan di area leher. Foto: KitaBisa

apahabar.com, MARABAHAN – Menderita lymphangioma sejak lahir, kondisi seorang balita bernama Yeni Febriansyah di Desa Patih Selera, Kecamatan Belawang, semakin memprihatinkan.

Putri pasangan Bardiansyah dan Irma ini lahir dengan benjolan di bagian leher. Benjolan itu sudah terlihat, sejak Yeni berusia 8 hari.

Lantas dalam satu minggu belakangan, kondisi balita yang sekarang berusia 2 tahun itu terbilang memburuk.

Selain benjolan yang semakin membesar, juga terdengar bunyi di bagian leher, ketika Yeni meminum susu. Diperkirakan benjolan mulai menghambat alur pernapasan

Bardiansyah sebenarnya tidak tinggal diam menyaksikan kondisi sang anak. Namun akibat penghasilan mencari ikan cuma sekitar Rp17 ribu per hari, biaya pengobatan pun semakin berat.

Akhirnya sejak Maret 2020, Yeni tidak lagi menjalani pengobatan, “Kami tak punya biaya lagi untuk berobat ke Banjarmasin,” ungkap Bardiansyah.

Dari pekerjaan mencari ikan, penghasilan harian cuma Rp17 ribu,” tutur Badriansyah, seperti dilansir lama KitaBisa, Senin (8/3).

Sebelumnya Yeni menjalani serangkaian pengobatan sejak 2019. Dua kali berobat ke RSUD Ulin Banjarmasin, serta masing-masing sekali ke RSUD Ansari Saleh dan RS Bhayangkara.

Meski biaya penebusan obat dan pemeriksaan masing ditanggung BPJS, tetap saja Bardiansyah dan Irma membutuhkan bantuan.

Untuk sementara mereka berharap penggalangan dana yang dilakukan Yayasan Pelita melalui laman KitaBisa, bisa membawa titik terang.

“Saya tidak sekolah, suami cuma lulus SD, sehingga kami hanya menuruti anjuran orang. Kami berharap ada yang mendampingi dalam pengobatan Yeni,” timpal Irma.

Kondisi Yeni juga sudah menjadi atensi Yayasan Dompet Sedekah Peduli Barito Kuala yang diketuai Bupati Hj Noormiliyani AS.

“Namun untuk menentukan jenis bantuan yang diberikan, kami menunggu informasi dari Camat Belawang” papar Hery Sasmita, Sekretaris Yayasan Dompet Sedekah Peduli Batola.

“Berdasarkan informasi awal, balita tersebut sudah pernah berobat di RS Ansari Saleh. Namun pihak rumah sakit menyatakan kondisi pasien belum siap untuk diambil tindakan,” tandasnya.

Menukil Blog Kita Bisa, limfangioma merupakan jenis tumor jinak yang menyerang bayi baru lahir dan anak-anak. Kelainan bawaan ini ditandai dengan pembengkakan di area leher dan kepala.

Meski tergolong tumor jinak, lymphangioma tak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera ditangani, penderita bisa mengalami perdarahan, selulitis, sampai perembesan cairan getah bening.

Dalam kasus tertentu, lymphangioma juga bisa meningkat menjadi tumor ganas yang dinamakan limfangiosarkoma.

Hingga sekarang belum diketahui penyebab pasti lymphangioma. Namun ahli menyebutkan bahwa kondisi ini dipicu proses pembentukan pembuluh limfa yang tidak sempurna, ketika janin berada dalam kandungan.

Pun karena termasuk kelainan kongenital atau bawaan lahir, limfangioma sulit dideteksi selama masa kehamilan.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Bank Kalsel

Bank Kalsel

Catut Nama Petinggi Bank Kalsel Marabahan, Pengangguran Sukses Tipu Warga

Batola

Warga Anjir Muara Batola Tewas Akibat Tabrak Lari, Polisi Buru Pelaku
apahabar.com

Batola

Terkait Penurunan Harga Jeruk di Batola, Begini Penjelasan Dinas Pertanian
apahabar.com

Batola

Masuki Tahun Keempat Kepemimpinan, Noormiliyani Tekankan Kalimat Inspirasi Presiden AS
apahabar.com

Batola

Mengadu ke Bupati Batola, Pilihan Terakhir Ortu Bayi Jantung Bocor
apahabar.com

Batola

Bersih-bersih Ala Satresnarkoba Batola, Tangkap Dua Pengedar Sabu di Anjir Pasar
Vaksinasi ASN

Batola

Sudah Dimulai, Vaksinasi ASN di Barito Kuala Lampaui Ekspektasi
Tata Ruang

Batola

Langgar Aturan Tata Ruang, Bangunan Milik Dua Perusahaan di Batola Dibongkar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com