Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Merinding! Sederet Wasiat Demang Lehman Jelang Vonis Mati

- Apahabar.com     Jumat, 5 Maret 2021 - 12:37 WITA

Merinding! Sederet Wasiat Demang Lehman Jelang Vonis Mati

Belanda membuka sayembara untuk menangkap Demang Lehman. Foto: Mansyur for apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Demang Lehman merupakan sosok yang tak asing bagi masyarakat Banjar.

Dia pernah dihukum mati dengan cara digantung oleh kolonial Belanda melalui sidang Auditorium Militer.

“Sebelum dihukum mati , Demang Lehman sempat mengajukan beberapa permintaan kepada kolonial Belanda,” ucap Ketua Lembaga Kajian Sejarah, Sosial dan Budaya (SKS2B) Kalimantan, Mansyur kepada apahabar.com, Jumat (5/3).

Pertama, Demang Lehman meminta agar jangan meninggalkan Borneo (Kalimantan) selama-lamanya. Meskipun dia harus dihukum mati dengan cara digantung.

“Permintaan Demang Lehman agar dirinya jangan dibawa keluar dari tanah Borneo. Namun hal tersebut tidak dituruti oleh kolonial Belanda. Dari penelusuran sementara, banyak versi menyebutkan kepala Demang Lehman ada di Museum Leiden hingga Anatomi Belanda,” katanya.

Kedua, Demang Lehman berpesan agar proses pengurusan jenazah dilakukan sang istri.

“Hal tersebut juga tidak dipenuhi Belanda. Dari catatan sejarah, pada saat Demang Lehman dieksekusi gantung dan dibawa ke rumah sakit Martapura tidak ada yang mengaku sebagai keluarga dan orang terdekat Demang Lehman. Hal tersebut dikarenakan warga takut disangkut pautkan dengan pemberontakan,” jelas Dosen Prodi Pendidikan Sejarah FKIP ULM ini.

Berdasarkan catatan sejarah, sambung Mansyur, dalam surat kabar Sumatra Nieuws en Advertentie Bladedisi 7 Mei 1864, tidak ada satupun penduduk Martapura yang mengklaim Demang Lehman sebagai keluarga.

“Proses eksekusi sang Panglima Perang Banjar ini dilakukan pada saat dirinya berpuasa. Ketika ditahan, Demang Lehman berbuka dengan memakan roti biasa atau roti beras untuk jam-jam tertentu,” beber Mansyur.

Menjelang hari terakhir, ungkap Mansyur, Demang Lehman sangat tenang dan pasrah. Persis ketika dia mendengar vonis hukuman mati di Pengadilan Perang.

“Demang Lehman bahkan berterima kasih atas hukumannya, karena merupakan rahmat. Bahkan hukuman mati yang akan dieksekusi padanya seperti yang dia minta, hanya dia lebih suka apabila hukuman itu (eksekusi hukuman mati) dia jalani di Bandjermasin (Banjarmasin, ejaan lama, red),” tambah Mansyur.

Namun pihak Belanda tidak menyetujui permintaan tersebut. Bahkan Demang Lehman dibawa ke Martapura dan dieksekusi gantung di Alun-alun.

Sampai sampai ini yang menjadi pertanyaan besar adalah di mana jasad Demang Lehman dimakamkan.

Berdasarkan penelusuran arsip kolonial ujar Mansyur, belum ada data valid di mana sang syahid dikebumikan.

“Karena dari data awal, tidak ada satu keluarga pun yang menyaksikan dan tidak ada keluarga yang menyambut mayat beliau. Mayner hanya menulis kan setelah meninggal, jenazah Demang Lehman yang tanpa kepala itu dikebumikan (disalatkan) kemudian dimakamkan setelah dibawa ke Rumah Sakit di Martapura,” tandasnya.

Editor: Muhammad Robby - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Indocement Kotabaru Gelar Webinar Protokol Pembelajaran New Normal di SMK Mitra

Tak Berkategori

Kapolres Tabalong Serahkan Motor Sempat Hilang ke Pemiliknya
RSID

Tak Berkategori

RS Idaman Banjarbaru Akui Kesalahan, Keluarga Pasien: Kami Tetap Dirugikan
apahabar.com

Tak Berkategori

Tes SKB CPNS Kalteng Mulai 1 September, Simak Pesan Kepala BKD
PT Pama

Tak Berkategori

Tutup Proyek, Segini Total Karyawan PT Pama dan Mitra Kerja Terkena PHK
Ponsel

Tak Berkategori

Sempat Kabur, Pembobol Puluhan Ponsel dari Gadget Mart Banjarmasin Ditangkap
Bank bjb

Tak Berkategori

Bank bjb-LJK Tandatangani Piagam Korporasi Konglomerasi Keuangan
apahabar.com

Tak Berkategori

DKP3 Banjarbaru Akhirnya Angkat Bicara Soal RPH Gunung Kupang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com