Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Miliki Kewenangan Lebih, Dewan Ingatkan Pj Wali Kota Banjarmasin

- Apahabar.com Selasa, 30 Maret 2021 - 18:07 WIB

Miliki Kewenangan Lebih, Dewan Ingatkan Pj Wali Kota Banjarmasin

Balai Kota Banjarmasin segera diisi oleh Pj Wali Kota Banjarmasin yang ditunjuk Mendagri seiring putusan pemungutan suara ulang di Pilwali 2020. Foto: dok.apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) segera melantik penjabat (Pj) wali kota Banjarmasin sepeninggal Ibnu Sina.

Pj Gubernur Kalsel saat ini, Safrizal ZA bilang, sudah mengantongi sosok pengganti Mukhyar yang bertugas sebagai pelaksana harian (Plh) wali kota Banjarmasin.

Dengan adanya kabar itu, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Matnor Ali berharap sosok yang ditunjuk sebagai Pj wali kota Banjarmasin memiliki leadership kuat. Sebab, berbeda dengan Plh, tugas Pj bakal lebih berat.

Sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, Plh atau Plt tidak berwenang mengambil keputusan dan/atau tindakan bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi, kepegawaian, dan alokasi anggaran.

“Karena sebagai Pj wali kota, dia diamanahkan untuk bisa mengambil kebijakan strategis terkait penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujar politikus Golkar tersebut kepada apahabar.com, Selasa (30/3).

Banjarmasin

Matnor Ali. Foto: Dok. apahabar.com

Pj Wali Kota Banjarmasin, kata Matnor, nantinya bakal dihadapkan oleh sejumlah permasalahan. Antara lain kerusakan Jalan Cemara Ujung.

“Yang mesti segera dikerjakan adalah melakukan perbaikan jalan di Cemara Ujung. Itu salah satu prioritas yang mesti dikejarakan oleh Pj wali kota Banjarmasin,” ujarnya.

Selain itu, contoh lain PR bagi Pj wali kota Banjarmasin, kata Matnor, adalah peningkatan langkah penanganan Covid-19.

“Saat ini Kota Banjarmasin adalah penyumbang paling banyak kasus Covid-19 di Kalsel. Sudah hampir 8.000 kasus positif. Maka dari itu diharapkan Pj wali kota bisa segera mengambil langkah strategis untuk menangani hal itu,” paparnya.

Terlepas itu, Matnor turut berharap, Pj wali kota nantinya bisa bersinergi secara baik dengan DPRD Banjarmasin.

“Kita berharap sosok ini juga bisa seirama dalam bekerja sama dengan perangkat pemerintah kota, khususnya DPRD Banjarmasin,” tambahnya.

Lantas apakah sudah tahu sosok yang bakal ditunjuk sebagai Pj Wali Kota Banjarmasin? Matnor bergeming.

“Belum ada bocoran. Kalau tahu pun bukan ranah kami untuk menyampaikan ke publik,” katanya.

“Yang terpenting dia bisa melanjutkan program yang ada dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD),” tutupnya.

Sebagai pengingat, Pilwali Banjarmasin 2020 terpaksa diulang lantaran Mahkamah Konstitusi (MK) menemukan kejanggalan pada pemungutan suara sebelumnya. Pemungutan suara ulang mesti digelar 30 hari sejak putusan dibacakan MK per Senin 22 Maret lalu.

SAH! MK Kabulkan Sebagian Gugatan Sengketa Pilwali Banjarmasin AnandaMu

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Banjarmasin

DPRD Banjarmasin

Utak-atik RTRW Banjarmasin, Kantor Pemkot Diusulkan Pindah
Banjarmasin

DPRD Banjarmasin

Jembatan Kuin-HKSN Lamban, Komisi III Soroti Pemkot Banjarmasin
Banjarmasin

DPRD Banjarmasin

Normalisasi Sungai Banjarmasin Tak Bisa Simsalabim, Dewan: Pemkot Jangan Tidur!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com