Bawa Sayur, Pengendara Motor di Balikpapan Tewas Tabrak Truk Kontainer Parkir Percepat Perubahan di Tanbu, Zairullah Kembali Rombak Pejabat Struktural Cuaca Kalsel Hari Ini, Hampir Seluruh Wilayah Cerah Berawan Dana BOS Gencar Disosialisasikan, Berikut Pesan Kadisdik Kapuas Pernah Cekcok, Warga LAS HST Nekat Bacok Rekan Sekampungnya

Minimalisir Anemia pada Remaja Putri, Tanbu Canangkan Pemberian Tablet Tambah Darah

- Apahabar.com Jumat, 26 Maret 2021 - 11:07 WIB

Minimalisir Anemia pada Remaja Putri, Tanbu Canangkan Pemberian Tablet Tambah Darah

Tablet Tambah Darah, Tanbu, Tanah Bumbu, Apahabar.com, Dinkes Tanbu, Anemia, Isi Piringku Minimalisir Anemia pada Remaja Putri, Tanbu Canangkan Pemberian Tablet Tambah Darah apahabar.com, BATULICIN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar gerakan pencanangan pemberian tablet tambah darah dan isi piringku pada remaja putri. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud, Kamis (25/3) serta disaksikan pula secara virtual oleh jajaran Dinas Kesehatan yang ada di 10 Kecamatan se-Tanah Bumbu. "Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka meminimalisasir remaja putri mengalami anemia. Karena jika remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil, maka akan berpotensi melahirkan bayi stunting," ungkap Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi. Selain itu, kata Setia Budi, remaja putri atau pelajar yang mengalami anemia juga berdampak pada konsentrasi belajar dan menurunnya prestasi di sekolah. Sementara itu untuk kampanye isi piringku, Setia Budi mengatakan adalah sebagai upaya mendorong remaja untuk makan makanan bergizi. "Kesehatan remaja penting. Karena remaja inilah nantinya yang akan menjadi penerus pembangunan di Bumi Bersujud," sebutnya. Sekadar informasi, Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah. Penyebab anemia yakni kurangnya konsumsi makanan zat besi, menstruasi, hamil, menderita penyakit infeksi (kecacingan, malaria), dan kehilangan zat besi pada pendarahan termasuk menstruasi. Sedangkan dampak yang ditimbulkan oleh anemia yaitu daya tahan tubuh menurun, menurunnya prestasi, kinerja, infeksi, serta kebugaran. Untuk mencegah dan mengatasi anemia yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengandung zat besi, makanan fortifikasi zat besi, minum tablet tambah darah, kebersihan lingkungan dan pribadi, serta kontrol penyakit infeksi. Syahriadi Salah satu remaja putri saat mengikuti kegiatan. Foto: Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar gerakan pencanangan pemberian tablet tambah darah dan isi piringku pada remaja putri.

Kegiatan dilaksanakan di Gedung Mahligai Bersujud, Kamis (25/3) serta disaksikan pula secara virtual oleh jajaran Dinas Kesehatan yang ada di 10 Kecamatan se-Tanah Bumbu.

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah daerah dalam rangka meminimalisasir remaja putri mengalami anemia. Karena jika remaja putri menderita anemia dan kemudian hamil, maka akan berpotensi melahirkan bayi stunting,” ungkap Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi.

Selain itu, kata Setia Budi, remaja putri atau pelajar yang mengalami anemia juga berdampak pada konsentrasi belajar dan menurunnya prestasi di sekolah.

Sementara itu untuk kampanye isi piringku, Setia Budi mengatakan adalah sebagai upaya mendorong remaja untuk makan makanan bergizi.

“Kesehatan remaja penting. Karena remaja inilah nantinya yang akan menjadi penerus pembangunan di Bumi Bersujud,” sebutnya.

Sekadar informasi, Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen, sehingga membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Penyebab anemia yakni kurangnya konsumsi makanan zat besi, menstruasi, hamil, menderita penyakit infeksi (kecacingan, malaria), dan kehilangan zat besi pada pendarahan termasuk menstruasi.

Sedangkan dampak yang ditimbulkan oleh anemia yaitu daya tahan tubuh menurun, menurunnya prestasi, kinerja, infeksi, serta kebugaran.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan mengandung zat besi, makanan fortifikasi zat besi, minum tablet tambah darah, kebersihan lingkungan dan pribadi, serta kontrol penyakit infeksi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Guru Zuhdi

Kalsel

Kabar Baik, Makam Guru Zuhdi Bakal Jadi Objek Wisata Religi di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Hilangkan Penat, Satgas TMMD Mancing
28 Kades Dilantik, Bupati Tapin: Pemimpin Harus Mengayomi

Kalsel

28 Kades Dilantik, Bupati Tapin: Pemimpin Harus Mengayomi  
apahabar.com

Kalsel

Menunggu Langkah Ibnu Sina Soal THM ‘Sarang’ Narkoba
apahabar.com

Kalsel

Berjuluk Jewel Of Borneo, Terminal Baru Syamsuddin Noor Beroperasi Awal Desember Ini
apahabar.com

Kalsel

Menteri Koperasi dan UMKM Sambut WARKO, Koperasi Milenial Ala Anak Banua
apahabar.com

Kalsel

Korban Longsor di Pumpung Susah Ditemukan
apahabar.com

Kalsel

Tantangan Pemuda Kian Berat, Ibnu Sina: Jangan Sampai Ciut!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com