Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Pelayanan PDAM Tabalong Makin Meningkat, Pelanggan Terus Bertambah

- Apahabar.com Kamis, 25 Maret 2021 - 19:25 WIB

Pelayanan PDAM Tabalong Makin Meningkat, Pelanggan Terus Bertambah

Petugas PDAM Tabalong melayani warga yang ingin melakukan pemasangan sambungan rumah baru. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG – Seiring meningkatnya pelayanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Tabalong, warga yang ingin menjadi pelanggan juga terus bertambah.

Hal ini bisa dilihat pengajuan warga sebagai pelanggan PDAM Tabalong di seluruh ibu kota kecamatan yang terus bertambah.

Seperti halnya pengajuan pemasangan sambungan rumah di kantor induk PDAM Tabalong.

Direktur PDAM Kabupaten Tabalong, Abdul Bahid, melalui Kasi Perencanaan, Karyadi, mengatakan tahun ini sudah ada 287 permohonan sambungan baru. Pemasangan sambungan rumah juga sudah dilakukan.

“Januari 90 permohonan, Februari 108 permohonan dan bulan Maret sampai hari ini, 89 permohonan, ” jelasnya, Kamis (25/3).

Permohonan sambungan rumah tersebut berada di wilayah Kecamatan Tanjung, Murung Pudak dan Tanta. Di tiga kecamatan itu terdapat 17 instalasi air bersih (IPA), yaitu 7 unit di Kelurahan Agung, 6 unit di Kelurahan Belimbing dan 4 unit di Puain.

“Di semua IPA tersebut masih banyak kapasitas yang tersedia, sehingga distribusi air bersih tetap lancar, baik pelanggan lama ataupun baru,” kata Karyadi.

Karyadi mengatakan bagi masyarakat yang ingin menjadi pelanggan PDAM Kabupaten Tabalong, prosesnya sangat mudah.

Pertama yang harus dilakukan calon pelanggan adalah datang secara langsung ke kantor PDAM di alamat Jalan Kamboja, Tanjung, dengan membawa fotokopi KTP.

Setelah berada di kantor PDAM Tabalong bisa langsung menghubungi seksi perencanaan untuk proses pengajuan permohonan pendaftaran sambungan baru.

“Petugas akan membuatkan surat permohonan pemasangan tersebut,” jelas Karyadi.

Setelah itu, tim petugas survey dari pihak PDAM Tabalong akan menuju ke lokasi pemasangan baru untuk melakukan pengukuran dan foto pendokumentasi rumah calon pelanggan.

Petugas akan menginputkan data calon pelanggan yang sudah disurvei oleh tim PDAM dan menghubungi calon pelanggan untuk menginformasikan berapa biaya yang akan dibayar terkait pemasangan baru tersebut.

Kemudian, calon pelanggan kembali ke Kantor Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tabalong dan langsung menuju ke bagian Perencanaan untuk mengambil RAB.

Lalu, menuju seksi sambungan baru dan pemasaran untuk menyerahkan RAB kepada petugas pendaftaran dan petugas pendaftaran membuat surat pengantar bayar.

“Setelah calon pelanggan melakukan pembayaran ke kasir, transmisi distribusi melalui petugas pemasangan PDAM Tabalong akan melakukan pemasangan sambungan rumah atau lokasi pelanggan itu,” terang Karyadi.

Waktu yang dibutuhkan untuk pemasangan pelanggan baru adalah 5 hari, terhitung sejak RAB sambungan rumah baru dibayar calon pelanggan.

Sementara untuk biayanya, tarif 1 unit dari pipa dinas Rp 1.909.600 dengan panjang maksimal pipa dalam 1 unit 6 meter. Lebih dari 6 meter akan ditambahkan sesuai harga yang berlaku.

“Bila disambung dari pipa linier akan dibebankan biaya pipa linier demikian juga bilamana harus menyeberang jalan juga dihitung sesuai tarif yang berlaku di PDAM Tabalong,” pungkas Karyadi.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tabalong

Tabalong

2 Pasien Sembuh, Tabalong Tak Ada Kasus Baru Covid-19
apahabar.com

Tabalong

Selesaikan SKK, Kejari Tabalong Dapat Apresiasi dari BPJS

Tabalong

Mundur di Tanjakan, Truk Bermuatan Eskavator Robohkan Gerbang Ikan Patin di Tabalong
siaga banjir

Tabalong

Siaga Banjir, Polres Tabalong Cek Sarana Prasarana Evakuasi
Obat Terlarang

Tabalong

Simpan Obat Terlarang, Tiga Pemuda di Tabalong Diborgol Polisi
Amal Bakti Kemenag

Tabalong

Hari Amal Bakti Kemenag, Satlantas Polres HSU Atur Jalur Lalu Lintas
vaksin covid-19

Kalsel

Siap-Siap, Besok Malam Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Tabalong
Commander Wish

Tabalong

Ciptakan Keselamatan Berlalu Lintas, Sat Lantas Polres HSU Laksanakan Commander Wish
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com