Nah Loh, Dana PPKM Level IV Banjarmasin Gagal Cair Update Pemakaman Istri Guru Ijai: Sekumpul Lengang, Polisi Berjaga di Puluhan Titik Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal Ramuan Herbal Daun Sungkai Digunakan Warga Bantu Pengobatan Pasien Covid-19 di Banjar BREAKING! Ambulans Mendiang Istri Abah Guru Sekumpul Tiba di Ar-Raudhah

Pemko Banjarmasin Saring Seratus Usulan Pembangunan

- Apahabar.com     Rabu, 31 Maret 2021 - 22:15 WITA

Pemko Banjarmasin Saring Seratus Usulan Pembangunan

Pemko menyaring seratus usulan prioritas pembangunan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) di lima kecamatan se-Kota Banjarmasin, Pemko Banjarmasin berhasil menyaring sekira seratus usulan prioritas pembangunan.

Dalam Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Banjarmasin Tahun 2022, yang dipimpin Plh Walikota Banjarmasin H Mukhyar, di Aula Kayuh Baimbai, Balai Kota Banjarmasin, Rabu (31/03), keseratus usulan tersebut dibahas, untuk mendapatkan masukan terkait kesesuaiannya terhadap Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Banjarmasin Tahun 2005 sampai 2025.

Selain itu, usulan prioritas pembangunan yang dimasukkan ke dalam program RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2022, juga harus disesuaikan dengan amanah yang termuat dalam Pasal 79 dan 80 ayat 1 Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 yang memfokuskan pada penanganan dampak pandemi Covid-19 dan akibat dari bencana banjir.
Kemudian, H Mukhyar menambahkan, selain mengacu pada amanah dari Permendagari tersebut, agar evaluasi pembangunan juga memperhatikan angka stunting, kawasan kumuh dan angka kemiskinan.

“Selain itu juga memperhatikan capaian angka stunting, kawasan kumuh, pengendalian kemiskinan, kota layak anak dan open defecation free atau buang air besar sembarangan yang sifatnya koordinatif dari SKPD dengan memperhatikan kebijakan pemerintah pusat dan provinsi,” ujarnya.

Untuk alokasi dana pembangunan yang diusulkan nantinya, ia berpesan kepada Kepala SKPD agar dapat mengusulkan hal tersebut melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) atau dana alokasi lainnya, mengingat dalam suasana pandemi Covid-19 Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin sangat terbatas. “Saya mintakan kepada seluruh kepala SKPD untuk mengusulkan kegiatan dengan dana yang bersumber dari DAK atau sumber-sumber lain, mengingat keterbatasan dana APDB Kota Banjarmasin,” lanjutnya.

Untuk diketahui, Musrenbang RKPD Kota Banjarmasin Tahun 2022 yang dilaksanakan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah Kota Banjarmasin itu, para peserta dihadirkan melalui media video conference, sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya kerumunan yang memungkinkan penularan Covid-19.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkot Banjarmasin

Kirim Kafilah MTQ ke Tanah Bumbu, Ini Pesan Plh Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

5 Tahun Kerja, Duet Ibnu-Herman Dinilai Sukses Bangun Banjarmasin
Beasiswa

Pemkot Banjarmasin

Ratusan Korban Banjir di Banjarmasin Terima Beasiswa Sekolah
Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

URGEN! Pegawai Surati Plh Wali Kota Banjarmasin Minta Lockdown Balai Kota

Pemkot Banjarmasin

Momentum HUT Otda XXV, Pemko Banjarmasin Dituntut Tingkatkan Kualitas Layanan Publik
Pemkot menggelar rakor Persiapan Smart City. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemkot Banjarmasin Gelar Rakor Persiapan Smart City

Pemkot Banjarmasin

Wali Kota Resmi Buka Vaksinasi Covid-19 Warga Binaan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin
Drs H Mukhyar M.Ap menerima kunjungan dan silaturahmi dari PT Pembangkit Listrik Negara (PLN) Persero yang bertempat di Ruang Kerja wali kota. Foto-Istimewa

Pemkot Banjarmasin

Subsidi Listrik Akibat Covid-19 di Kota Banjarmasin Diperpanjang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com