Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG…. Deretan Masjid di Banjarmasin yang Gelar Salat Id Pagi Ini, Tetap Prokes Ya! Malam Lebaran, Kebakaran Gegerkan Warga Kuin Banjarmasin! Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong!

Pemkot Banjarmasin Terima Prototipe JBG Ahmad Yani dan Veteran

- Apahabar.com Senin, 1 Maret 2021 - 14:17 WIB

Pemkot Banjarmasin Terima Prototipe JBG Ahmad Yani dan Veteran

Pemkot Banjarmasin menerima beberapa prototipe atau desain awal dari standar ukuran sebuah Jembatan Bangunan (JBG) yang didesain oleh Ikatan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalsel. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pascabencana banjir, Pemkot Banjarmasin melakukan normalisasi sungai dengan membongkar bangunan yang menutupi aliran sungai.

Ini termasuk jembatan yang struktur bangunannya tidak memenuhi standar.

Sebagai lanjutan dari tahapan normalisasi sungai, Pemkot Banjarmasin menerima beberapa prototipe atau desain awal dari standar ukuran sebuah Jembatan Bangunan Gedung (JBG) yang didesain oleh Ikatan Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (Intakindo) Kalsel.

Bertempat di Balai Kota Banjarmasin, penyerahan 2 buah prototipe jembatan, yaitu jembatan di kawasan Jalan Ahmad Yani dan kawasan Jalan Veteran itu, dilakukan Ketua Intakindo Kalsel Nanda Febryan, dan diterima langsung oleh Plh Wali Kota Banjarmasin H Mukhyar.

Setelah diterima, prototipe tersebut nantinya akan dievaluasi lebih lanjut oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Sungai di Dinas PUPR Kota Banjarmasin, untuk kemudian bisa dijadikan sebagai dasar hukum untuk standar pembangunan JBG di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Veteran.

“Sesegerannya kita pelajari, karena ini juga berkejaran dengan waktu untuk mereka bisa membangun jembatan yang dibongkar. Jadi sesegeranya kami pelajari lagi dengan tim Satgas PUPR, kemudian nanti kami tindaklanjuti dengan Surat Keputusan Wali Kota bahwa inilah tipe JBG yang harus dibangun di dua titik itu,” ujar Mukhyar.

Asisten II Bidang Perekonomian Sekdako Banjarmasin, Doyo Pudjadi, menegaskan bahwa dengan adanya rancangan standar JBG tersebut, menjadi sebuah bukti bahwa normalisasi sungai pascabanjir masih berlanjut, tidak hanya pada saat tanggap darurat.

“Jadi sekaligus menegaskan bahwa dasar ini sebenarnya menguatkan bahwa normalisasi sungai itu terus berlanjut bukan hanya pada saat tanggap darurat. Ini yang paling penting, jangan sampai masyarakat menilai seolah-olah berhenti, tidak! Tetapi terus berlanjut sampai benar-benar di A Yani dan Veteran jembatannya sesuai dengan rancangan dari Intakindo,” ucapnya.

Dari informasi terhimpun, desain awal JBG di Jalan Ahmad Yani nantinya akan menggunakan girder baja, sedangkan untuk di Jalan Veteran menggunakan material kayu ulin.

Kemudian juga terdapat kombinasi kayu ulin dan baja, serta juga terdapat full baja, menyesuaikan dengan kebutuhan beban di masing-masing jembatan dan bentang sungai.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

banjir kalsel

Pemkot Banjarmasin

Kunjungi Banjarmasin, Pemkot Samarinda Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir
Pj Sekdakot Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Jumpa Pers 5 Tahun Kepemimpinan, Herman Absen, Ibnu Sina Sendirian Hadapi Wartawan
MTQ

Pemkot Banjarmasin

Kabar Baik, Banjarmasin Kembali Juara Umum MTQ Kalsel
Pilgub Kalsel

Pemkot Banjarmasin

PPK dan PPS PSU Pilgub Kalsel Dilantik, Simak Harapan Pj Wali Kota Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Serahkan 5 Ribu Alat Rapid Tes Antigen ke Pemkot Banjarmasin, Safrizal: Kalau Habis, Laporkan!

Pemkot Banjarmasin

Pasar Murah Bulan Ramadan, Paket Sembako Cuma Rp34 Ribu
PT Taspen

Pemkot Banjarmasin

PT Taspen Serahkan Paket Sembako untuk Korban Banjir Banjarmasin
apahabar.com

Pemkot Banjarmasin

Tingkatkan Pelayanan Perizinan di Kota Banjarmasin, Sistem OSS Disiapkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com