Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Buron Biang Tenggelamnya Polisi di Sungai Martapura Belum Ditemukan Panas Lagi, Laporan Bakul Denny Indrayana Berbalas Jadwal Imsakiyah

Petani Kalteng Sukses Produksi 12 Ton Cabai

- Apahabar.com Kamis, 18 Maret 2021 - 17:18 WIB

Petani Kalteng Sukses Produksi 12 Ton Cabai

Kelompok tani demonstration plot (demplot) cabai Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Tengah, di Kabupaten Kotawaringin Timur, panen perdana, Kamis (18/3). Foto-Istimewa

apahabar.com, PALANGKA RAYA —Kelompok tani demonstration plot (demplot) cabai Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kalimantan Tengah, di Kabupaten Kotawaringin Timur, menggelar panen perdana, Kamis (18/3).

Panen perdana dipimpin Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati, bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Rihando dan didampingi jajaran dinas pertanian.

Kepala KPwBI Kalimantan Tengah, Rihando, mengatakan demplot cabai di atas lahan 0,5 hektar, yang dikelola Kelompok Tani Margomulyo ini mampu menghasilkan produksi 12 ton cabai dari 12.000 batang tanaman cabai.

Menurutnya, demplot cabai dilakukan sebagai program percontohan budidaya komoditas strategis di Kalimantan Tengah dalam mendukung ketahanan pangan.

Dia mengapreasiasi hasil positif lahan percontohan budidaya cabai dalam bentuk demplot di Kabupaten Kotawaringin Timur ini.

Rihando mengharapkan inovasi demplot sejenis diharapkan dapat diterapkan di daerah lain dengan komoditas sama atau berbeda.

Dengan demikian, selain bertujuan mendukung stabilisasi harga komoditas pangan strategis, juga akan mendukung ketahanan pangan secara nasional dan menciptakan kemandirian pangan di daerah.

Oleh karenanya, dukungan dari berbagai pihak, termasuk optimalisasi peran Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) sangat penting dilakukan.

Sebab melalui peran TPID yang proaktif akan tercipta keterjangkauan harga, menjamin ketersediaan pasokan, menjaga kelancaran distribusi dan komunikasi yang efektif kepada masyarakat.

Rihando mengajak pemerintah daerah dan UMKM untuk dapat memanfaatkan peluang digitalisasi di tengah tekanan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Di sisi pemerintahan, pemanfaatan elektronifikasi dalam berbagai aktivitas ekonomi publik, baik pada transaksi pemerintah daerah dan bantuan sosial, dapat ditingkatkan sehingga mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi daerah.

Sedangkan untuk meningkatkan kinerja UMKM pada era digital, KPwBI Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, asosiasi, perbankan dan stakeholder lainnya tengah membangun portal web yang dilengkapi dengan e-catalog dan kanal pembayaran QRIS.

Melalui portal web UMKM dan Pariwisata digital tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan permintaan produk UMKM dan jasa pariwisata yang saat ini tengah lesu terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Irawati, memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya KPwBI Provinsi Kalimantan Tengah yang menjadikan Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Mentawa, sebagai lokasi demplot cabai.

Irawati berharap prestasi demplot cabai yang telah diraih tersebut tidak hanya di Kelompok Tani Kelurahan Pasir Putih saja, namun dapat dikembangkan ke daerah lain sehingga dapat mendukung ketahanan pangan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Selama PSBB, Satpol PP Kapuas Imbau Penyedia Warung Makan Patuhi Aturan
apahabar.com

Kalteng

Isolasi ODP-PDP, Ratusan Ruangan Disiapkan di Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Murid Perguruan Silat PSJ Kapuas Kalteng Dikukuhkan
apahabar.com

Kalteng

15 Kasus dengan 6 Tersangka Karhutla Kalteng
TPKAD

Kalteng

OJK: TPAKD Palangka Raya Bisa Jadi Motor Penggerak Ekonomi
apahabar.com

Kalteng

Pascalibur Panjang, Kasus Covid-19 di Kalteng Kini Meningkat
apahabar.com

Kalteng

Kabut Asap Masih Pekat, Pemko Palangka Raya Perpanjang Libur Sekolah
apahabar.com

Kalteng

Diduga Depresi, IRT Penumpang KM Lawit Nekad Cebur Ke Laut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com