Dikira Ijazah, Ternyata SKCK Prof Denny Berserakan di Martapura, Bawaslu Angkat Bicara Prof Yusril: Penetapan Tersangka Eks Sekda Tanbu Labrak HAM Legislator Kalsel Kecam e-Sport Disponsori Judi Online KPU Banjar Tanggapi Santai Protes BirinMu Soal Pembukaan Kotak Suara Ricuh Safari Subuh Denny dan ‘Paman Bakul’ Disetop, Pelanggaran ASN Jalan Terus

Piala Menpora 2021: Drama 6 Gol, Barito Putera Imbangi PSIS Semarang

- Apahabar.com Minggu, 21 Maret 2021 - 21:32 WIB

Piala Menpora 2021: Drama 6 Gol, Barito Putera Imbangi PSIS Semarang

Tertinggal lebih dulu, Barito Putera bermain 3-3 melawan PSIS Semarang di pertandingan pertama Grup A Piala Menpora. Foto-Barito Putera

apahabar.com, SOLO – Keseruan mengiringi duel Barito Putera dengan PSIS Semarang di Grup A Piala Menpora di Stadion Manahan Solo, Minggu (21/3). Tertinggal 0-3, Laskar Antasari berhasil memaksa hasil imbang.

Mengawali perjalanan di Piala Menpora, Barito Putera menurunkan semua pemain senior dalam daftar starter, yakni Adhitya Harlan, Rizky Rizaldi Pora dan Bayu Pradana.

Mereka mengawal Bagas Kaffa, Dandi Maulana, Muhammad Firly, Luthfi Kamal, Alif Jaelani, Ambrizal Umanailo, Kahar Kallu dan Beni Oktovianto.

Dua pemain asing, Cassio de Jesus dan Donald Bissa, masih menghuni daftar cadangan bersama pemain muda lain.

Sementara PSIS Semarang memainkan starter Joko Ribowo, Fredyan Wahyu, Pratama Arhan, Muhammad Rio, Alfeandra Dewangga, Finky Pasamba, Eka Febri Setiawan, Fandi Eko Utomo, Hari Nur Yulianto, Andreas Ado dan Komarudin.

PSIS mendapatkan kesempatan pertama di menit 2, ketika Hari Nur berhasil melakukan cut back di kotak penalti. Namun penyelesaian akhir sang gelandang terlalu lemah.

Barito membalas dengan peluang yang diperoleh Kahar Kallu di kotak penalti. Hanya kaki pemain muda itu terlambat menyambar umpan Beni Oktovianto.

Hingga menit 10, pertandingan berlangsung dalam tempo sedang. Kedua klub tampak berusaha memanfaatkan kecepatan sayap.

Gol nyaris terjadi di menit 16, setelah PSIS berhasil membongkar pertahanan Barito melalui kerjasama Eka Febri Setiawan dan Hari Nur Yulianto.

Bola lantas diterima Fredyan Wahyu yang berdiri cukup bebas di depan kotak penalti, lalu melepaskan tembakan.

Namun sepakan Fredyan Wahyu hanya menghasilkan tendangan sudut. Kendati kiper Adhitya Harlan sudah mati langkah, si kulit bundar dapat disapu Dandi Maulana.

Kemudian di menit 23, Luthfi Kamal membuat blunder backpass dan bola nyaris dapat dikejar Hari Nur Yulianto. Untungnya Dandi Maulana kembali berhasil menyapu si kulit bundar.

Akhirnya di menit 32, PSIS berhasil memecah kebuntuan. Gol berawal dari lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Bola kemudian diterima Fandi Eko Utomo di depan kotak penalti. Setelah dikontrol dengan dada, bola disepak sekencangnya ke gawang

Hanya berselang semenit, PSIS menggandakan keunggulan. Serangan balik yang dikreasikan Andreas Ado di sayap kiri, diakhiri umpan tarik.

Dua bek Barito yang berdiri di depan gawang, gagal mengantisipasi bola. Akibatnya si kulit bundar disambar Hari Nur Yulianto yang berdiri di belakang.

Bukan memperkecil kedudukan, Barito kebobolan gol ketiga di menit 40. Proses gol terbilang simpel, karena diawali umpan silang Fredyan Wahyu dari kanan, dan diselesaikan sontekan Komarudin.

Setelah tertinggal 0-3, Barito Putera melakukan dua pergantian. Kahar Kallu dan Ambrizal Umanailo digantikan Bissa Donald dan Rifky S.

Memasuki babak kedua, Bissa Donald memperlihatkan kualitas sebagai seorang striker. Pria kelahiran Pantai Gading ini membawa Barito memperkecil ketinggalan di menit 49.

Gol diawali kerja keras Beni Oktovianto di sayap kiri yang berduel dengan Pratama Arhan, lalu melepas umpan ke tengah kotak penalti.

Bola berusaha disapu Alfeandra Dewangga, tapi mengarah ke gawang dan membentur badan Joko Ribowo. Donald Bissa yang berada di depan gawang, tak kesulitan menyambar bola rebound.

Gol tersebut cukup melecut semangat Laskar Antasari. Mereka terus berusaha membongkar pertahanan PSIS dengan menyerang dari berbagai sisi.

Peluang bagus diperoleh Bayu Pradana di menit 63, ketika melepas sepakan dari jarak jauh. Namun Barito kurang beruntung, karena bola dapat diblok Joko Ribowo.

Kedudukan masih tidak berubah hingga menit 78, setelah sundulan Dandi Maulana yang menyambut umpan Rizky Pora masih melambung dari sasaran.

Gol tambahan Barito baru dicetak gol menit 84. Diawali tendangan bebas di kiri lapangan, bola melambung ke ujung kanan kotak penalti dan disambut kepala Ferdiansyah.

Setelah bola kembali ke tengah kotak penalti, datang Bayu Pradana yang mencetak gol dengan tendangan mendatar.

PSIS sebenarnya bisa membunuh pertandingan di menit 90, seandainya Hari Nur Yulianto dapat menaklukkan Adhitya Harlan dalam posisi satu lawan satu.

Kegagalan itu harus dibayar mahal oleh PSIS. Tepat di menit 90+3, Barito mendapatkan tendangan bebas di kanan lapangan akibat pelanggaran Muhammad Rio kepada Chris Rumbiak.

Rizky Rizaldi Pora yang mengambil tendangan bebas itu, mengarahkan bola ke tiang jauh dan gagal dijangkau Joko Ribowo.

Gol itu sekaligus menutup pertandingan. Dengan hasil ini, semua kontestan di Grup A sama-sama mengemas 1 poin.

Sebelumnya di partai pembuka Piala Menpora 2021, Arema FC bangkit dari ketertinggalan dan bermain imbang 1-1 kontra Persikabo.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Puncak Haornas ke-36, Bukti Gerakan Olahraga Sudah Masif di Banjarmasin
apahabar.com

Sport

Main di Bangkok, Timnas Indonesia Wajib Karantina 14 Hari
apahabar.com

Sport

Hasil Timnas U19 Indonesia vs Qatar, Babak Pertama Skor Imbang 1-1, Berkat Gol Penalti Brylian Aldama
apahabar.com

Sport

Dipimpin Jacksen, AMB Nikmati Latihan Perdana Barito di Stadion 17 Mei
apahabar.com

Sport

Resmi, Borneo FC Umumkan Perpisahan dengan Pelatih Edson Tavares
Marc Marquez

Sport

Hore! Marc Marquez Masuk Daftar Pebalap Seri Pembuka MotoGP 2021
apahabar.com

Sport

Status Yunan di Timnas U-23
apahabar.com

Sport

Wow, Inter Milan Siap Bayar Messi Lebih dari Ronaldo di Juventus
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com