Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Pilgub Kalsel Usai, Inilah Catatan Bawaslu Batola

- Apahabar.com Sabtu, 20 Maret 2021 - 23:01 WIB

Pilgub Kalsel Usai, Inilah Catatan Bawaslu Batola

Bawaslu Barito Kuala menggelar evaluasi pengawasan partisipatif pelaksanaan Pilgub Kalsel 2020. Foto: Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan, terbilang lancar di Barito Kuala. Namun bukan berarti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak memiliki catatan.

Salah satu bukti kelancaran penyelenggaraan Pilgub 2020 di Batola adalah 0 persen kasus laporan pelanggaran Pemilu.

“Kasus 0 persen mengindikasikan pencegahan yang dilakukan Bawaslu Batola cukup berhasil. Artinya mereka mengutamakan tindakan preventif dalam setiap tahapan tahapan,” papar Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah, Jumat (19/3).

“Tindakan ini dilakukan bersama-sama masyarakat dan instansi terkait melalui pengawasan partisipatif. Situasi ini juga memperlihatkan partisipasi yang tinggi dari masyarakat,” tambahnya.

Bukan perkara mudah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Dibutuhkan sejumlah program yang dilakukan bersama masyarakat, maupun instansi terkait.

“Kami di antaranya melakukan patroli pengawasan, pojok pengawasan, warung pengawasan, hingga kerjasama dengan stakeholder terkait,” jelas Ahdi Hanafiah, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Antar Lembaga Bawaslu Batola.

Namun masih terdapat sejumlah aspek yang perlu dibenahi dan dievaluasi untuk mempersiapkan Pemilu berikutnya. Salah satunya kesadaran melaporkan politik uang.

“Terdapat tahapan yang belum memperlihatkan partisipasi masyarakat, seperti selama masa kampanye. Belum ditemukan laporan masyarakat, terkait politik uang atau sebagainya. Ini yang akan dievaluasi,” tegas Ahdi.

“Kendati demikian, kami harus mengapresiasi partisipasi masyarakat seperti dalam tahapan pemutakhiran data pemilih. Masyarakat ikut melaporkan pemilih yang tidak terdaftar maupun pemilih ganda,” tambahnya.

Diyakini partisipasi yang sudah baik selama pelaksanaan Pilgub Kalsel 2020 di Batola, dapat berlanjut dalam penyelenggaraan Pemilu terdekat berupa Pemilihan Bupati (Pilbup).

“Partisipasi masyarakat sangat penting, karena jumlah pengawas tidak seimbang dengan yang diawasi. Pun banyak tahapan yang bisa diawasi masyarakat,” tandas Ahdi.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Batola

Banjir Kelilingi Batola, Relawan Berjibaku Evakuasi Lansia
operasi jaran intan 2021

Batola

Operasi Jaran Intan 2021, Polres Batola Tangkap 4 Tersangka
apahabar.com

Batola

Bersih-bersih Ala Satresnarkoba Batola, Tangkap Dua Pengedar Sabu di Anjir Pasar
Batola

Batola

Hari Perdana Pembelajaran Tatap Muka di Batola, Kehadiran Tidak 100 Persen
banjir

Batola

Pertimbangkan Jumlah Pengungsi, Batola Perpanjang Status Tanggap Darurat Banjir
Banjir

Batola

Curah Hujan Meningkat, Tiga Kecamatan di Batola Dikelilingi Banjir

Batola

Perburuk Dampak Banjir, Sungai Semangat Dalam Batola Segera Dikeruk
apahabar.com

Batola

Kasus Aktif Covid-19 Menurun, Batola Tutup Karantina Mess KTM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com