Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjuang hingga 19 April Bawa Sayur, Pengendara Motor di Balikpapan Tewas Tabrak Truk Kontainer Parkir Percepat Perubahan di Tanbu, Zairullah Kembali Rombak Pejabat Struktural Cuaca Kalsel Hari Ini, Hampir Seluruh Wilayah Cerah Berawan Dana BOS Gencar Disosialisasikan, Berikut Pesan Kadisdik Kapuas

Polda Kalsel Dorong Polisi Muda Punya Rumah Sendiri

- Apahabar.com Selasa, 16 Maret 2021 - 18:55 WIB

Polda Kalsel Dorong Polisi Muda Punya Rumah Sendiri

Penandatanganan MoU oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Rikwanto dan Kepala Kanwil Regional V BTN, Teguh Wahyudi serta Direktur PT Citra Megah Utama. Foto-apahabar.com/Muhammad Syahbani

apahabar.com, BANJARMASIN – Kesejahteraan anggota Polri di lingkup Polda Kalsel mendapat perhatian. Khususnya bagi yang baru bergabung di kepolisian alias polisi muda.

Mereka dituntut punya rumah sendiri. Jangan sampai tinggal di kontrakan, apalagi numpang di tempat mertua. Ini sangat dilarang, karena mereka sudah punya gaji tetap.

Polda Kalsel pun mencoba membuka jalan agar polisi muda bisa punya rumah sendiri. Tak bisa beli kontan, kredit pun tak apa-apa.

Tadi siang, Senin (16/3) dilakukan penandatanganan kerjasama (MoU) antara Polda Kalsel, Bank BTN, dan PT Citra Megah Utama.

Kerjasama ini dimaksudkan untuk penyediaan rumah kredit dengan bunga rendah yang dikhususkan bagi personel kepolisian di Polda Kalsel.

“Tentunya dengan punya rumah sendiri bekerjanya juga lebih baik untuk polri dan masyarakat,” ujar Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto usai penandatanganan.

Perumahan ini terletak di Banjarbaru. Persisnya di Jalan Cempaka Baru. Ada 350 unit rumah bertipe 36 yang disediakan di sana, dengan luasan tanah 160 meter persegi.

Kapolda Rikwanto mendorong para personel polisi muda untuk memiliki rumah di sana. Alasannya, selain lokasinya strategis, Mapolda Kalsel juga digadang-gadang bakal dipindah ke Banjarbaru.

“Karena rencananya di 2021 ini Polda Kalsel dibangun di Banjarbaru. Kalau dilihat jarak hanya 10 menit dari perumahan ke Polda,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Regional V BTN, Teguh Wahyudi mengemukakan, bahwa rumah kredit ini memang dikhususkan bagi personel kepolisian Polda. Dimana mereka diberikan keringanan bunga dari yang biasanya.

“Kalau yang biasa lima persen, khusus untuk ini cuma satu persen. Maksimal 20 tahun dan besaran bunga kredit tetap dengan waktu yang panjang,” ujar Teguh.

Teguh mengatakan, digandengnya PT Citra Megah Utama sebagai pengembang dalam program KPR tersebut satu di antaranya karena lahan yang akan dibangun perumahan tersebut sudah dipastikan layak dan tidak tumpang tindih kepemilikannya.

“Kami menggandeng Pak Wahyu (Direktur PT Citra Megah Utama) karena tanah itu juga sudah clean and clear tidak ada tumpang tindih,” kata Teguh.

Adapun Direktur PT Citra Megah Utama, Wahyu Utomo mengatakan, rumah-rumah subsidi bertipe 36 tersebut dibangun di atas tanah dengan luasan masing-masing 160 meter persegi.

Pihaknya juga memberikan penawaran harga yang lebih terjangkau, yaitu Rp 151 juta lebih rendah dibanding rata-rata harga rumah bersubsidi saat ini yaitu Rp 164 juta.

“Kami juga membantu menguruskan dana Asabri, jadi bisa lebih murah lagi. Dengan tenor 20 tahun, satu bulan tidak sampai satu juta cicilannya,” pungkas Wahyu.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Puting Beliung

Banjarbaru

Puting Beliung Hantam Liang Anggang; 9 Bangunan Ambruk, 3 Orang Luka-luka

Kalsel

Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu
apahabar.com

Kalsel

Pesawat Lebih Besar, Kloter Haji Kalsel Berkurang
jaringan

Kalsel

Banjir di Kalsel, XL Axiata Jamin Jaringan Terkendali
apahabar.com

Kalsel

Jumat Berkah, YN’S Center Bagikan Ratusan Paket Bapok
apahabar.com

Kalsel

Videonya Viral di Medsos, Nyanyikan Lagu India Sambil Gelantungan di Pick Up, Gimar Terinsipirasi Aktor Laga Jackie Chan
longsor

Kalsel

Warga Desa Tungkaran Tala Kosongkan Kampung Takut Longsor Susulan
apahabar.com

Kalsel

Iuran BPJS Menunggak, Mawarni Tak Bisa Obati Sakit Jantung: Di Mana Bupati Tanbu?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com