Peluncuran Vaksin AS Picu Kenaikan Harga Minyak Cuaca Kalsel Hari Ini, Hujan Berpetir Masih Mengancam PPKM Mikro Saat Ramadan, ASN di Banjarmasin Diminta Lebih Proaktif Tekan Inflasi, Kalsel Atensi Sistem Supply Chain Bahan Pokok Milan Lockdown, Eh Ibrahimovic Tepergok di Restoran

PPKM Mikro Diperpanjang sampai Ramadan, Wabup Banjar Harap Warga Memahami

- Apahabar.com Selasa, 23 Maret 2021 - 14:51 WIB

PPKM Mikro Diperpanjang sampai Ramadan, Wabup Banjar Harap Warga Memahami

Wabup Banjar, H Said Idrus usai rapat secara virtual perpanjangan PPKM Mikro dengan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Senin (22/3). Foto-istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menginstruksikan perpanjangan PPKM Mikro sampai Ramadan, karena angka penularan Covid-19 terus meningkat.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Banjar H Said Idrus Al Habsyie mengatakan pihaknya siap melaksanakan instruksikan Pj Gubernur Kalsel dengan dukungan semua pihak terkait.

Kendati semikian, Said Idrus mengakui kemungkinan adanya kendala yang dihadapi di lapangan saat Ramadan.

“Karena tahun lalu masyarakat tidak bisa menggelar dagangan kuenya. Padahal itu saat yang ditunggu-tunggu masyarakat. Saat ini pikiran mereka Covid-19 sudah berakhir,” ujarnya usai rapat secara virtual dengan Pj Gubernur Kalsel, kemarin.

Said Idrus berharap masyarakat dapat mengerti adanya perpanjangan PPKM Mikro dengan taat penerapan protokol kesehatan, khususnya 3M dengan ketat.

“Covid-19 memang tidak terlihat, tapi sangat membahayakan, kita akan melakukan pendekatan dari hati ke hati. Mudahan masyarakat mau mengerti,” harapnya.

Sementara Pj Gubernur Kalsel, Safrizal, saat rapat menerangkan perpanjangan PPKM Mikro di Kalsel berdasarkan Instruksi Mendagri nomor 6 tahun 2021.

“Secara nasional, saat ini Kalimantan Selatan menempati posisi ke 4 penyebaran Covid-19 tertinggi, setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan DKI Jakarta,” terang Safrizal.

Hadir di Comman Center Barokah Martapura, Wakil Bupati Banjar H. Said Idrus Al Habsyie, sejumlah unsur Forkopimda, Kepala Dinas kesehatan dr. Diaudin, Kepala Pelaksana BPBD Irwan Kumar, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian ( DKISP ) H. M Aidil Basith.

Sejak pandemi Covid-19 merebak hingga 21 Maret 2021 di Kalsel, total sudah 25.616 terkonfirmasi positif, 22.560 sembuh dan 799 meninggal dunia.

Sedangkan dalam 3 bulan terakhir dari Januari hingga Maret 2021, ada 10.316 orang yang terkonfirmasi positif, 8.754 sembuh, 214 meninggal dunia.

“Angka terkonfirmasi positif selama tiga bulan ini cukup tinggi, kasus Covid-19 meningkat, bahkan hampir separuh dari angka positif tahun 2020,“ ujarnya.

Dari 13 kabupaten/kota, Banjarmasin memiliki angka postif tertinggi yakni 2.543 berisiko sedang, Kabupaten Banjar diperingkat delapan dengan angka postif 711 berisiko sedang, sementara Tabalong di urutan terakhir 39 positif, satu-satunya kabupaten yang berisiko rendah.

Safrizal menambahkan banyak faktor penyebab meningkatnya jumlah terkonfirmasi positif tersebut, di antaranya dampak banjir hingga penurunan daya tahan tubuh, dan tingginya mobilitas masyarakat.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Lulus Terbaik I, Siswi MTsN 6 Banjar Ini Punya Cita-cita Hafal Al-Qur`an
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bukan Hanya Pengaron, Luapan Riam Kiwa Juga Rendam Desa di Astambul
Bupati Banjar Minta Penyuluh Tani Tak Gaptek!

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Minta Penyuluh Tani Tak Gaptek!
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Buku Saku Covid-19 Bahasa Banjar Sudah Tersedia di Aplikasi iMartapura
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Digelar Sederhana, Harjad ke-70 Kabupaten Banjar Diisi Penyerahan Banyak Penghargaan
Juru Parkir

Kabupaten Banjar

Seorang Juru Parkir Rumah Makan di Martapura Terpaksa Diamankan Polisi
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kasatpol PP Tutup Usia, Plh Bupati Banjar: Sosok Pekerja Keras dan Diandalkan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Beri Jaminan Kecelakaan Kerja dan Kematian untuk ASN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com