Kala Tapin Siap Jadi Lumbung Pangan IKN Baru di Kaltim Rangkaian Hari Menanam Indonesia, Wali Kota dan DLH Banjarbaru Tanam Ribuan Pohon Ternyata Rumah Ambruk di Gatot Subroto Banjarmasin tidak Kantongi IMB Kebanjiran Terus, Kalsel Siapkan Megaproyek Kolam Regulasi, Wabup HST Bantah Ilegal Logging Pertama di Kalsel, Kota Banjarbaru Capai Target Vaksinasi 70 Persen

PUPR Tanbu Ingin Berkontribusi pada Capaian Target Sektor Sanitasi Nasional

- Apahabar.com     Rabu, 3 Maret 2021 - 14:42 WITA

PUPR Tanbu Ingin Berkontribusi pada Capaian Target Sektor Sanitasi Nasional

Dinas PUPR Tanah Bumbu gelar pelatihan penguatan kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) bidang sanitasi tahun 2021. Foto: Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Dinas PUPR Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar pelatihan penguatan kapasitas Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) bidang sanitasi tahun 2021.

Kegiatan digelar di Gedung Serbaguna Mahligai Bersujud II, Gunung Tinggi, Selasa (2/3/2021).

Kegiatan tersebut sebagai upaya menguatkan pelayanan sektor air limbah domestik di Kabupaten Tanbu, dalam rangka ikut berkontribusi capaian target nasional 100 persen akses pelayanan dasar sektor sanitasi tahun 2025.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah pembekalan teknis pemberdayaan dalam rangka penyampaian kegiatan kebijakan dan petunjuk teknik terkait bantuan pembangunan tangki septik individual kepada masyarakat berpenghasilan rendah calon penerima manfaat,” terang Kepala Dinas PUPR Tanbu, Ansyari Firdaus.

Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, melalui Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, H Rahmat, mengatakan upaya peningkatan cakupan layanan sektor air limbah domestik, melalui pembangunan fasilitas sanitasi, perlu didukung oleh TFL.

TFL sendiri kata dia, merupakan ujung tombak pemerintah daerah di lapangan. Yakni bertugas mendampingi, membantu dan bekerja sama dengan aparatur negara untuk melakukan sosialisai serta pengawasan dalam kegiatan pembangunan fasilitas sanitasi di desa.

Oleh karena itu, kata H Rahmat, pelaksanaan pelatihan TFL memiliki tujuan strategis untuk neningkatkan pemahaman mengenai kebijakan dan petunjuk teknis penyelenggaraan pembangunan tangki septik individual bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Tanbu.

Keberhasilan pembangunan fasilitas sanitasi desa melalui pendampingan yang optimal dari TFL bakal menentukan terwujudnya sanitasi yang layak dan sehat di Tanbu.

“Jika masyarakat desa memiliki fasilitas sanitasi yang layak guna, maka masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya pertumbuhan penyakit stunting. Dan tentunya masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu semakin sehat,” pungkasnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Tanbu Gelar Rakor Pengawasan Suplai Pupuk dan Pestisida Bersubsidi

Pemkab Tanah Bumbu

Pemkab Tanbu Gelar Rakor Pengawasan Suplai Pupuk dan Pestisida Bersubsidi
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Komunitas Generasi Langit Gelar Akademi Ramadan
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Antisipasi Wabah DBD, Camat Kuranji Sosialisasi ke Sekolah dan Desa
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jalan Nasional di Angsana Dikerjakan Awal Maret, Cuncung Minta Warga Bersabar
Susun Rencana Awal RKPD 2021, Pemkab Gelar Forum Konsultasi Publik

Pemkab Tanah Bumbu

Susun Rencana Awal RKPD 2021, Pemkab Tanbu Gelar Forum Konsultasi Publik
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Di Tanbu, Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan Disuruh Bersihkan Sampah
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ikut Pelatihan Jurnalistik, Begini Kesan Gemala Azzahra
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jelang Idul Adha, 800 Hewan Kurban di Tanbu Dinyatakan Sehat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com