Persiba Balikpapan Gasak PSIM Yogyakarta 2-0 Tarif Air Bersih Naik, Dewan Kotabaru Minta Pelayanan PDAM Ikut Membaik Indomaret Izin Masuk Barabai Bukan Pepesan Kosong Gaji ke-13 Sudah Cair Rp 8 Triliun, ASN Banjarmasin Sabar Dulu… Ratusan Anggota Polda Kalsel Naik Pangkat, Irjen Rikwanto Beri Wanti-wanti

Rakornis Pariwisata, Kalsel Usung Geopark Meratus Sebagai Destinasi Internasional

Di tengah lesunya sektor Pariwisata, Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan kembali gencar mengajukan Geopark Meratus sebagai...
- Apahabar.com     Senin, 15 Maret 2021 - 18:54 WITA

Rakornis Pariwisata, Kalsel Usung Geopark Meratus Sebagai Destinasi Internasional

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pariwisata di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru. Foto-Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Di tengah lesunya sektor Pariwisata, Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan kembali gencar mengajukan Geopark Meratus sebagai destinasi tingkat Internasional. Hal ini yang menjadi perbincangan utama dalam Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pariwisata di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, 15-17 Maret 2021.

“Tahun 2018 kita sudah mendapat sertifikat untuk skala nasional. Ke depan, kita ingin meningkatkan dengan mendapat pengakuan dari Unesco,” kata Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin, di sela kegiatan.

Tak main-main, Pemprov Kalsel bahkan melibatkan banyak pihak untuk mengembangkan destinasi Geopark tersebut. Di antaranya melakukan MoU bersama Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Kegiatan ini juga dihadiri Disbudpar Kabupaten Banyuwangi.

“Kebetulan mereka di sisi pariwisata cukup baik dan sudah go internasional. Makanya kita harapkan dari Kadisparbud Banyuwangi, terobosan yang ada di sana bisa kita adopsi di Kalsel,” ungkapnya.

Untuk diingat, Kalsel berencana mengajukan empat geosite unggulan menjadi Unesco Global Geopark (UGG). Lokasi yang memiliki potensial yakni kawasan Tahura Sultan Adam, Pendulangan Intan di kawasan Cempaka Banjarbaru, Tanjung Dewa yaitu geosite Dolerite Semilir Pulau Laut serta geosite Plagiogranite di Mantewe Tanah Bumbu.

“Batuan di Kalsel cukup unik, tidak terdapat di belahan dunia lainnya. Hanya di Kalsel-Indonesia, Perancis dan Yunani. Makanya kita cukup memiliki potensial dalam hal pengembangan pariwisata ke depan,” bebernya.

Di samping menonjolkan kekayaan alam, nantinya masyarakat sekitar Geopark Meratus akan dibina sebagai pengelola pariwisata. Mulai dari pembekalan pengetahuan hingga pelestarian lingkungan sebagai bagian dari daya tarik pariwisata.

“Lewat rakor ini, bagaimana kita membangkitkan kembali destinasi yang sempat terdampak bencana di Kalsel,” tuturnya.

Sebagai tambahan, kegiatan Rakornis menghadirkan peserta dari jajaran Bappeda Kalsel, PUPR Kalsel, Dinas PMD Kalsel, Dinas Pariwisata se Kabupaten/Kota di Kalsel, serta mitra bidang pariwisata. Mewakili Pj Gubernur Safrizal, acara rakornis dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Syaiful Azhari dan selaku tuan rumah acara, Walikota Banjarbaru Aditya Mufti arifin.

“Pemprov Kalsel mengapresiasi dan menyambut baik rakornis ini. Diharapkan menimbulkan terobosan dan inovasi terhadap kondisi pariwisata yang tengah mengalami kelesuan,” kata Syaiful menambahkan.

Rakornis Pariwisata

Pengembangan pariwisata Geopark Meratus, Dinas Pariwisata Kalsel melakukan MoU dengan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta. Foto-Musnita Sari

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dispora Kalsel Apresiasi Talenta Futsal Remaja Masjid
PLN

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Apresiasi Langkah PLN Pulihkan Listrik Korban Banjir
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Event Olahraga di Kalsel Mulai Bergairah
Pj Gubernur Kalsel

Pemprov Kalsel

Pj Gubernur Sebut Penerimaan Pajak Air Permukaan di Kalsel Relatif Kecil

Pemprov Kalsel

Vaksinasi Covid-19 di Kalsel Dikebut, Lansia Jadi Prioritas
Banjarmasin

Pemprov Kalsel

Draft Tersusun, Pemprov Kalsel Siap Laksanakan PPKM Skala Kecil

Pemprov Kalsel

Banjarbakula Diprediksi Macet Parah Pada 2034, Pemprov Kalsel Lakukan Kajian Khusus
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Resmikan Masjid SMAN 5 Banjarmasin, Nama Gubernur Kalsel Paman Birin Jadi Filosofis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com