Kuasa Hukum AF Minta Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara AnandaMu Dihentikan, Kasus SARA Ustaz HA Berlanjut ke Polisi! Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru

Rapat Paripurna DPRD HSS, Bupati Sampaikan LKPj Tahun 2020

- Apahabar.com Selasa, 23 Maret 2021 - 10:33 WIB

Rapat Paripurna DPRD HSS, Bupati Sampaikan LKPj Tahun 2020

Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry. Foto-Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah untuk akhir Tahun Anggaran 2020 dalam Rapat Paripurna DPRD HSS, Senin (22/3).

Bupati HSS, H Achmad Fikry menyampaikan pertumbuhan ekonomi HSS pada tahun 2019 sebesar 5,30 mengalami penurunan menjadi -1,19 persen pada tahun 2020 atau mengalami penurunan sebesar 122,45 persen.

Pertumbuhan ekonomi hingga mencapai nilai negatif, kata Bupati, adalah salah satu dampak negatif dari Pendemi Covid-19.

Meski begitu, Pendapatan Perkapita HSS yang sebelumnya Rp 26.222.288 justru mengalami peningkatan menjadi Rp 27.782.761 atau terjadi peningkatan sebesar 5,95 persen.

“Baik jumlah penduduk miskin, tingkat pengangguran terbuka dan tingkat ketimpangan (Gini Ratio) di HSS juga menunjukkan hasil yang positif,” ujar Bupati.

Pada tahun 2019, jumlah penduduk miskin di HSS adalah 12.636 jiwa, di tahun 2020 mengalami penurunan menjadi 12.390 jiwa.

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) turun sebesar 12,50, sedangkan Tingkat Ketimpangan (Gini Ratio) menunjukkan angka yang baik yakni menurun dari 0,317 persen menjadi 0,288 persen, yang mengindikasikan distribusi pendapatan penduduk semakin merata.

Rapat Paripurna DPRD HSS dalam rangka LKPj Kepala Daerah anggaran tahun 2020. Foto-Istimewa

Rapat Paripurna DPRD HSS dalam rangka LKPj Kepala Daerah anggaran tahun 2020. Foto-Istimewa

Bupati mengatakan, kemajuan suatu wilayah juga tergambar dari kualitas pendidikannya. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Tahun 2019 IPM Kabupaten HSS sebesar 68.80 menjadi 68.85 di tahun 2020, ada peningkatan sebesar 0,05 persen. Rata-rata lama sekolah meningkat dari 7,72 menjadi 7,75. Angka Harapan Hidup (AHH) meningkat dari 65.82 menjadi 65,97,” ungkapnya.

Menurutnya peningkatan ini tidak terlepas dari berbagai upaya Pemkab melaksanakan berbagai program peningkatan kesadaran masyarakat.

“Mengenai pola hidup sehat, pengelolaan lingkungan yang sehat serta meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pelayanan kesehatan khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini,” lanjutnya.

Dalam penyampaian LKPj tersebut, turut berhadir Wabup Syamsuri Arsyad, Sekda H Muhammad Noor, Kapolres HSS AKBP Siswoyo, Dandim 1003 Kandangan Letkol Armed Dedy Soehartono, Ketua PN Yunto Safarillo Hamonangan Tampubolon dan Perwakilan Kejari, Para Asisten dan Staf Ahli Setda, Kepala OPD serta Camat Se HSS.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Wabup HSS Syamsuri Arsyad Buka Perkemahan Pramuka Penggalang 2019
apahabar.com

HSS

Diskominfo HSS Siap Menuju Wilayah Bebas Korupsi
apahabar.com

HSS

Kabar Gembira dari HSS! 1 Pasien Positif Covid-19 Sembuh
apahabar.com

HSS

Dukung Percepatan Tanam, Bupati HSS Serahkan Bantuan ke Petani
apahabar.com

HSS

Khataman Al Quran ASN Kecamatan Simpur, Tradisi Baca Ayat Suci Sebelum Bekerja Minimal 5 Menit di HSS
apahabar.com

HSS

Bank Kalsel Gelar ‘Government Business Ecosystem’ dengan Pemkab Hulu Sungai Selatan
apahabar.com

HSS

Meriahkan ‘Sehati Plus Cinta’, Dinas Ketahanan Pangan HSS Gelar Bazar Murah
apahabar.com

HSS

Silaturahmi Bersama Ikmasil HSS, Ini Pesan Bupati Achmad Fikry
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com