Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Rasulullah SAW Sampaikan Kabar Gembira Setelah Jatuh dari Keledai

- Apahabar.com Minggu, 28 Maret 2021 - 09:20 WIB

Rasulullah SAW Sampaikan Kabar Gembira Setelah Jatuh dari Keledai

ilustrasi. foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Rasulullah SAW pernah menyampaikan kabar gembira pada sahabatnya, Muadz. kabar tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi Muadz, tapi bagi seluruh orang yang beriman. Menariknya, kabar tersebut disampaikan bukan di tengah-tengah umat.

Mengutip Republika, diceritakan Rasulullah suatu ketika mengendarai khimarnya yang berjuluk Ya’fur. Beliau berkata, Naiklah wahai Muadz’ Muadz menjawab, “Melajulah, ya Rasul! Beliau berkata lagi, “Ayo naiklah.” Dan Muadz pun menyertai beliau.

Muadz berkata, maka aku pun menyertai beliau. Lalu keledai itu terjatuh karena kami.” Kedelai itu jatuh. Muadz pun jatuh, dan tidak ketinggalan Rasulullah. Lalu, apa yang diperbuat Rasulullah?

Muadz berkata, “Rasulullah lalu bangkit dan tertawa. Muadz segera bangkit dan memohon maaf. Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Nabi SAW tertawa dua hingga tiga kali.

Nabi dan Muadz kemudian melaju lagi. Rasulullah SAW pun mengarahkan tangannya ke punggung Muadz dan memukul pelan dengan tongkatnya. Nabi SAW berkata, “Wahai Muadz, tahukah kamu apa hak Allah atas hamba-hamba Nya?

Muadz berkata, ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu. Beliau menjawab, “Sesungguhnya hak Allah atas hamba-hamba-Nya adalah agar mereka menyembah-Nya tanpa menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun.”

Dua sahabat itu melaju kembali. Rasulullah kembali mengarahkan tongkatnya ke punggung Muadz dan berkata, ‘ Wahai Muadz, tahukah engkau apa hak seorang hamba atas Allah jika hamba tersebut melakukan itu (melaksanakan hak Allah)?

Muadz menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahuinya. Nabi SAW lantas bersabda, “Sesungguhnya hak seorang hamba atas Allah jika hamba tersebut memenuhi hak Allah adalah masuk ke dalam surga.”

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Ini Alasan Kenapa Sayidina Umar bin Khattab Bisa Tidur Nyenyak di Atas Kerikil
apahabar.com

Hikmah

Iblis, Musuh Nyata Manusia yang Terusir dari Surga karena Sombong
Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Hikmah

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab
apahabar.com

Hikmah

Begini Tanggapan Sayidina Umar RA Ketika Ditanya Penyebab Hancurnya Suatu Daerah
apahabar.com

Hikmah

Hadis Nabi Muhammad Tentang Kejatuhan Konstantinopel
apahabar.com

Hikmah

Kata Ghuluw dalam Alquran dan Hadis, Ini Maknanya?
apahabar.com

Hikmah

Nasihat untuk Suami: Jangan Abaikan Hak Nafkah Istri
apahabar.com

Hikmah

Melihat Kemajuan Islam di Amerika Serikat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com