Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Survei: 40 Persen Anak Muda Nilai RI Kurang Demokratis

- Apahabar.com Senin, 22 Maret 2021 - 07:40 WIB

Survei: 40 Persen Anak Muda Nilai RI Kurang Demokratis

Ilustrasi. Foto-Opini.id

apahabar.com, JAKARTA – Sebanyak 40 persen anak muda menilai saat ini Indonesia menjadi negara yang kurang demokratis. Hal itu terungkap melalui survei Indikator Politik Indonesia.

Hasil survei ini diperoleh menggunakan metode random sampling dengan sampel sebanyak 1.200 responden rentang usia 17 hingga 21 tahun yang dipilih secara acak. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan persentase tersebut lebih tinggi dibandingkan hasil survei dengan pertanyaan serupa yang dilayangkan lembaganya kepada masyarakat umum pada beberapa pekan lalu.

“(Survei nasional) 27,8 persen, (survei anak muda) 40 persen,” kata Burhanuddin dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia yang dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (21/3).

Dia memaparkan ada 35,7 persen anak muda yang menilai bahwa demokrasi di Indonesia tetap sama keadaannya. Sementara itu, anak muda yang beranggapan Indonesia menjadi lebih demokratis hanya 15,5 persen. Sementara sisanya, sebanyak 8,8 persen anak muda tak menjawab.

Meski begitu, 52,1 persen anak muda mengaku cukup puas terhadap pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Anak muda yang mengaku sangat puas hanya 0,7 persen, kurang puas 36,7 persen, tidak puas sama sekali 3,6 persen, dan tidak menjawab 6,9 persen.

Secara umum, Burhanuddin berkata, masyarakat Indonesia menilai bahwa demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang terbaik untuk diterapkan di Indonesia.

“76 persen percaya bahwa demokrasi walaupun tidak sempurna adalah sistem pemerintahan yang tepat,” tuturnya.

Sebagai informasi, dalam survei ini, Indikator Politik Indonesia menggunakan metode random sampling dengan sampel sebanyak 1.200 responden rentang usia 17-21 tahun yang dipilih secara acak. Adapun margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Dirjen PAUD

Nasional

Pernyataan Dirjen PAUD tentang Atribut Keagamaan Dinilai Meresahkan
apahabar.com

Nasional

Militer AS yang Baru Pulang dari China akan Dikarantina
apahabar.com

Nasional

Polda Lampung Periksa Kejiwaan dan Motif Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber
Buruh

Nasional

Pekan Depan! Buruh Bakal Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja, Termasuk Kalsel
apahabar.com

Nasional

Pasok BBM ke Labuan Bajo, Pertamina Andalkan Jalur Alternatif
apahabar.com

Nasional

SBY Berduka, DPD Demokrat Kalsel Ikut Berbelasungkawa
Lebaran 2021

Nasional

Satgas Sebut Kebijakan Mudik Lebaran 2021 Belum Final
apahabar.com

Nasional

Tangani Pasien Corona, IDI: Tenaga Medis Kekurangan APD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com