Juni, PPDB Online SMPN di Banjarbaru Dibuka Pelunasan Bipih Ditutup, Puluhan Jemaah Cadangan Lengkapi Kuota Haji Kalsel 2022 Innalillahi, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif Tutup Usia PT BKB Tanbu Laporkan Ormas KPK Tipikor Kalsel ke Polisi [ANALISIS] Judi ‘Gurak’, Ritual Adat atau Kepentingan Pribadi?

Tak Cuma Kalimantan, Ternyata Papua Juga Punya Spesies Ikan Arwana

- Apahabar.com     Minggu, 14 Maret 2021 - 16:38 WITA

Tak Cuma Kalimantan, Ternyata Papua Juga Punya Spesies Ikan Arwana

Ilustrasi ikan arwana. Foto-Istimewa

apahabar.com, MERAUKE – Tak cuma di pulau Kalimantan saja, spesies ikan Arwana juga bisa dijumpai di Papua. Ikan arwana Papua ini berhabitat di Merauke.

Melansir dari detik travel, Sungai Digul di Boven Digoel serta Sungai Maro di Merauke ternyata memiliki spesies ikan endemik. Ikan ini populer disebut ikan arwana Papua. Namun penduduk setempat menyebutnya sebagai ikan kaloso.

Secara tradisional, oleh masyarakat di sekitar Sungai Digul dan Sungai Maro, ikan ini sering ditangkap dengan cara dipancing atau dijaring untuk dikonsumsi. Daging ikan ini dikenal rasanya sangat enak.

Ikan arwana Papua, yang memiliki nama latin Scleropages Jardinii itu terkenal sangat lincah dan sangat sulit ditangkap. Mereka bahkan mampu meloloskan diri dari kepungan jala yaitu dengan cara meloncat cepat keluar dari jala.

Ciri khas ikankaloso adalah suka mengerami telur dalam mulut. Telur-telur ikankaloso akandimasukan dalam mulut ikan jantan hingga menetas dan anak ikan bisa mandiri.

Ikan kaloso merupakan ikan air tawar endemik Papua selatan. Untuk itu perlu dilindungi dan dijaga kelestariannya dari ancaman kepunahan yang bisa terjadi di masa depan.

Caranya adalah dengan membiarkan ikan ini hidup di habitat aslinya, tidak menangkap mereka secara sembarangan, dan tidak boleh diperdagangkan maupun dibawa ke luar Papua.

Untuk itu peran balai karantina hewan baik di bandara maupun pelabuhan harus dioptimalkan. Namun rupanya, jenis ikan ini ternyata bisa juga didapatkan di perairan Queensland, Australia utara.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Jokowi berjanji mengurangi sampah laut. Foto-Biro Pers Setpres.

Nasional

Bicara di One Ocean Summit, Jokowi Komitmen Kurangi Sampah Plastik Laut
apahabar.com

Nasional

Kunjungi Kediaman Idham Azis, DPR Sebut Keluarganya Harmonis dan Patut Diteladani
apahabar.com

Nasional

Hipmi Ingatkan Dampak Buruk Pelarangan Ekspor Nikel
apahabar.com

Nasional

Buntut Pernikahan Sedarah, Ansar Bakalan Diusir dari Bulukumba
apahabar.com

Nasional

Tsunami Selat Sunda, BNPB: 373 Orang Meninggal
apahabar.com

Nasional

Jenis Transportasi Umum Ini yang Bakal Digunakan di Ibu Kota Baru
Sertifikat Vaksin Covid-19

Nasional

Perhatian! Jangan Posting Sembarang Sertifikat Vaksin Covid-19 di Medsos, Biodata Bisa Bocor?
apahabar.com

Nasional

Dua Tersangka Penyerang Novel Baswedan Tiba di Bareskrim
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com