Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Tiga Raperda Diusulkan, Termasuk Bantuan Hukum untuk Warga Banjarbaru

- Apahabar.com Rabu, 31 Maret 2021 - 21:16 WIB

Tiga Raperda Diusulkan, Termasuk Bantuan Hukum untuk Warga Banjarbaru

Ketua DPRD Banjarbaru bersama Wali Kota Banjarbaru saat ditemui awak media seusai rapat paripurna di DPRD Banjarbaru, Rabu (31/3). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disampaikan Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin dalam rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarbaru.

Adapun ketiga usulan Raperda, yakni peraturan daerah tentang bantuan hukum, tentang kerjasama dan rencana pembangunan jangka menengah daerah Kota Banjarbaru 2021-2026.

“Pengusulan raperda yang disampaikan Wali Kota terkait retribusi, kerjasama dan bantuan hukum ini terkait yang disampaikan Wali Kota hari ini akan kita agendakan di Paripurna selanjutnya dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi, terkait jawaban usulan Wali Kota tentang 3 buah raperda usulan,” ujar Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Fadliansyah saat ditemui apahabar.com seusai rapat paripurna, Rabu (31/3) sore.

Terkait ketiga usulan itu jelas Fadli akan dipelajari DPRD Banjarbaru, yang salah satu raperda yang diusulkan dinilai baik dan memiliki nilai kepedulian yang tinggi yaitu terkait bantuan hukum untuk warga.

“Setelah ini, kami mungkin ada mengomentari, mengkritisi atau mengkoreksi terkait raperda itu apabila nanti dijalankan. Terkait retribusi Bagaimana jika dijalankan akan bisa meningkatkan PAD disamping pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan jasa,” ucapnya.

“Kedua terkait dengan kerjasama kita mempelajari kerjasama bentuk apa dulu kita lihat di dalam bidang apa, dan bantuan hukum ini memang lembaga kita mengapresiasi karena itu suatu bentuk kepedulian terhadap keadilan masyarakat yang memerlukan bantuan hukum,” tambahnya.

Sebelum itu, DPRD Banjarbaru, kata Fadli, juga akan membahas laporan pertanggungjawaban pemerintah daerah atau LKPJ yang sudah disampaikan oleh Wali Kota Banjarbaru.

“Terkait laporan pertanggungjawaban, kita baru menerima LKPJ tahun 2020, kita belum koreksi tapi kita akan mengadakan rapat dan paripurna selanjutnya terkait LKPJ, dari sini kita juga mengevaluasi terkait anggaran tahun 2020. Kita targetnya evaluasi selesai di April ini,” pungkas Fadli.

Sementara itu, Wali Kota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin mengatakan berharap ketiga usulan raperda disetujui.

“Hari ini saya menyampaikan 3 buah raperda dari pemerintah kota terkait retribusi, lalu berkaitan dengan kerjasama pengelolaan aset daerah dan bantuan hukum untuk masyarakat juga terakhir kami menyampaikan laporan pertanggungjawaban anggaran tahun 2020,” ujar Aditya.

Aditya menegaskan jika ketiga usulan raperda disetujui, Pemerintah Kota Banjarbaru optimis dapat meningkatkan PAD.

“Yang jelas jika raperda ini disahkan kita ingin meningkatkan PAD, baik dari aset maupun retribusi yang ada di Banjarbaru melalui pengelolaan aset yang ada maupun aset-aset diluar yang bisa ditarik retribusinya untuk meningkatkan PAD. Terus yang kedua untuk bantuan hukum, bantuan hukum ini kita sebagai upaya melindungi masyarakat baik masyarakat yang terkena kasus hukum maupun masyarakat yang terimbas hukum atau yang memerlukan bantuan seperti itu ya Insyaallah ini akan terealisasi apabila raperda tersebut menjadi Perda,” tutupnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

H-1 Lebaran, Warga ‘Terserah’ Jejali Duta Mall dan Pasar Tradisional
H-10

Kalsel

H-9 Pencoblosan, Bawaslu Banjar Ajak Masyarakat dalam Pengawasan Partisipatif
apahabar.com

Kalsel

Giliran Serikat Pekerja Geruduk DPRD Kalsel, Simak Tuntutannya
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS..!! Cemara Raya Geger Kobaran Api
Penjual Gorengan asal Martapura

Kalsel

Viral, Gadis Cantik asal Martapura Jual Gorengan di Pasar Subuh Sekumpul

Kalsel

Tak Ada Klaster Unjuk Rasa, Peserta Aksi Demonstrasi di Banjarmasin Negatif Tes Swab

Kalsel

Stick Cone di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Dilepas, Apa Alasannya?
apahabar.com

Kalsel

AIMI Kalsel, Tidak Ada Kata Terlambat Sukses Menyusui
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com