Sadarkan Diri, Dokter Ungkap Kondisi Terkini Echa Si Putri Tidur Banjarmasin POPULER SEPEKAN: Waspada Air Pasang, Ambruknya Pasar Ujung Murung, hingga Viral Putri Tidur Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Buron Biang Tenggelamnya Polisi di Sungai Martapura Belum Ditemukan Panas Lagi, Laporan Bakul Denny Indrayana Berbalas Jadwal Imsakiyah

Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha di Balangan, BPJS Kesehatan Gandeng Kejaksaan

- Apahabar.com Kamis, 25 Maret 2021 - 14:14 WIB

Tingkatkan Kepatuhan Badan Usaha di Balangan, BPJS Kesehatan Gandeng Kejaksaan

Penandatanganan kesepakatan bersama tentang enanganan masalah hukum bidang Datun antara BPJS Kesehatan Cabang Barabai dan Kejaksaan Negeri Balangan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – BPJS Kesehatan Cabang Barabai memastikan agar penyelesaian hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) berjalan lancar di Kabupaten Balangan. Baik dalam hal litigasi maupun non litigasi.

Untuk itu, BPJS Kesehatan menggandeng Kejaksaan Negeri Balangan. Tujuannya agar meningkatkan kerja sama, koordinasi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan fungsi.

Penandatanganan kesepakatan bersama untuk penyelesaian hukum Datun telah dilakukan di Kejari Balangan, Rabu (24/3).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Chohari, mengungkapkan, salah satu tujuan dari kesepakatan bersama ini adalah guna meningkatkan kepatuhan Badan Usaha (BU) di Balangan.

Chohari juga menyatakan upaya meningkatkan kepatuhan BU, pihaknya selalu mengedepankan upaya-upaya persuasif melalui sosialisasi terpadu dan mediasi.

“Apabila upaya-upaya tersebut masih belum efektif dalam meningkatkan kepatuhan badan usaha, kami akan menerbitkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejari Balangan yang dalam hal ini adalah melalui Jaksa Pengacara Negara (JPN),” jelas Chohari.

Dalam agenda yang di balut dengan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Tahap I Tahun 2021 Kabupaten Balangan, Chohari memaparkan tujuan kegiatan ini agar tercapainya pemahaman yang sama dalam mendukung tiga aspek penting terkait pelaksanaan dan kesinambungan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Terutama perluasan cakupan kepesertaan, penegakan regulasi nasional, serta peningkatan kualitas pelayanan.

Chohari juga mengungkapkan harapan dukungan dari para pihak dalam yang terlibat dalam sinergi pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan ini.

“Kami sangat membutuhkan segala bentuk dukungan, ide, nasehat dan saran dari para pihak ini. Dari pihak Kejaksaan Negeri Balangan tentu berupa bantuan, pertimbangan dan atau tindakan hukum lainnya sebagaimana yang tercantum dalam kesepakatan bersama,” tuturnya.

Dukungan dari DPMPTSP dan Tenaga Kerja Balangan, kata Chohari juga diperlukan. Seperti mempersyaratkan kepesertaan JKN-KIS dan memastikan BU tidak memiliki tunggakan iuran dalam proses perizinan kepada badan usaha.

“Selain itu, dukungan dari UPTD Balai Pengawas Tenaga Kerja untuk dapat membantu menindaklanjuti ketidakpatuhan BU juga sangat kami butuhkan,” tutup Chohari.

Dalam sambutannya, Kajari Balangan, La Kanna, mengungkapkan harapan agar sinergitas antara Kejaksaan Negeri Balangan dan BPJS Kesehatan Cabang Barabai dapat berjalan dengan baik, lancar, dan tertib.

“Kami akan selalu mendukung langkah-langkah yang disepakati pada kesepakatan bersama ini dalam rangka penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara,” ungkap Kajari.

Kajari juga menyatakan pentingnya keterbukaan informasi dari dan kepada para pihak sehingga poin-poin yang menjadi tujuan kesepakatan bersama ini dapat dicapai.

“Kesepakatan bersama ini memang diperlukan oleh kedua pihak. Semoga penandatanganan kesepakatan bersama ini dapat memberikan dampak yang baik bagi Kejaksaan Negeri Balangan dan juga BPJS Kesehatan Cabang Barabai,” terang dia.

“Selain itu, mari kita satukan persepsi bahwa setiap upaya dan kerjasama yang kita lakukan ini adalah sepenuhnya untuk bangsa dan negara,” jelas Kajari.

Editor: M Syarif - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Bercita-Cita Jadi TNI, Pemuda Meratus Pilih JKN-KIS Jaga Kesehatannya
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cerita Sutinah Tentang Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Bahas Keterbukaan Informasi, BPJS Kesehatan Buka FGD Bersama Komisi Informasi Kalsel
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Luthpie Pilih Jadi Peserta Mandiri

BPJS Kesehatan Barabai

Hari Kesehatan Nasional, Duta BPJS Kesehatan Apresiasi Nakes dan Kampanyekan Prokes di HST
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Cukup Lakukan Ini, Masyarakat Banua Anam Tak Perlu Repot ke Kantor BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan Barabai

Kehadiran Bayi Laki-Laki, Rasminah Terbantu KIS PBI APBN
apahabar.com

BPJS Kesehatan Barabai

Iuran BPJS Kesehatan Kembali ke Aturan Awal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com