Dinilai Cacat Hukum, Kuasa Hukum AF Pertanyakan SPDP dari Kejari Tanbu di Praperadilan Besok, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Mulai Terapkan Tes GeNose Rancangan Van Der Pijl Mulai Bias, Sejarawan Kalsel Ingatkan Lagi Sejarah Kota Banjarbaru Triwulan I, Bank Kalsel Laporkan Laba Rp 121 Miliar Kuasa Hukum AF Tantang Kejari Tanbu Tunjukkan Bukti Kerugian Negara

Tinjau Gampa Asahi dan Jembatan Alalak 1, Pj Gubernur Tanggapi Serius Akses Jalan

- Apahabar.com Senin, 22 Maret 2021 - 14:52 WIB

Tinjau Gampa Asahi dan Jembatan Alalak 1, Pj Gubernur Tanggapi Serius Akses Jalan

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal. Foto-Humas Pemprov Kalsel

apahabar.com, BANJARBARU – Kemacetan di jalan nasional ruas Handil Bakti-Marabahan-Margasari mendapat tanggapan serius dari Pj Gubernur Kalsel.

Menerima laporan dari Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal langsung melakukan peninjauan ke titik lokasi kemacetan di Desa Gampa Asahi, Kecamatan Rantau Badauh, Jumat (19/3).

Safrizal menyikapi informasi akibat getaran dari berseliwerannya angkutan berat dan berdampak terjadinya keretakan serta kerusakan terhadap sebagian rumah penduduk.

Sebelum itu, Safrizal dan jajaran terkait juga memantau keberadaan Jembatan Alalak 1 di Handil Bakti Kecamatan Alalak.

“Hal itu kami lakukan sehubungan adanya permintaan pihak DPRD Kalsel dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama SKPD terkait seperti Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN), Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, Dinas PU Kalsel, dan Asosiasi Angkutan Truk Logistik,” ucap Pj Gubernur.

Terkait Jalan Gampa Asahi, kata Safrizal, dinyatakan selama menunggu perbaikan yang dimulai Juni 2021 maka perawatan rutin dilakukan pihak BPJN, berupa pengurukan di titik-titik yang mengalami kerusakan.

Selanjutnya, pemeliharaan jalan yang sudah diuruk akan dikoordinasikan camat dengan pihak BPJN.

“Pemkab Batola meminta agar truk-truk yang melintas, dilakukan pembatasan tonase dan pengaturan jam melintas akan menunggu surat keputusan dari pihak provinsi yang ditindaklanjuti oleh Dishub Provinsi Kalsel bersama Polda Kalsel dan Balai Transportasi Darat,” tambah Safrizal.

Ia juga mengungkapkan kondisi Jalan Cemara Ujung, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin akan dilakukan pengerjaan perbaikan dalam waktu segera dan lelangnya sudah dilaksanakan.

Sementara menyangkut jalan negara ruas Handil Bakti–Marabahan–Margasari, tepatnya di Desa Gampa Asahi, dalam kontrol BPJN Kalimantan dan apabila ada kerusakan akan ditutupi sementara dengan agregat.

“Berdasarkan keterangan pihak BPJN jalan itu segera ditingkatkan dan saat ini lelang proyek sudah selesai berakhir Februari lalu. Kita minta adanya percepatan proses kontrak sehingga pengerjaan konstruksi permanen segera dilaksanakan,” tutur anggota DPRD Provinsi Kalsel Dapil Batola, Hasanuddin Murad.

Selain itu, pihak DPRD juga mendesak percepatan pengerjaan Jembatan Mataraman, Kabupaten Banjar agar kepadatan lalu lintas di Jalan A Yani ke Hulu Sungai kembali norma sehingga kepadatan jalan Handil Bakti–Marabahan–Margasari yang perbaikannya selesai akhir April 2021 bisa berkurang.

“Kami mengharapkan dukungan semua pihak agar apa yang menjadi keputusan ini segera bisa terwujud,” harap dia

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pascabanjir

Pemprov Kalsel

Relokasi Permukiman Pascabanjir HST, 3 Hektar Lahan Disiapkan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Bedah Sejarah Masjid Lewat Talkshow Virtual Bersama Dispersip Kalsel
Netralitas ASN

Pemprov Kalsel

Datangi Balai Kota, Pj Wali Kota Banjarmasin Singgung Netralitas ASN di PSU
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Proyek Renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin Terus Berlanjut
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Antisipasi Jemaah Haul Sekumpul Terpisah Rombongan, BPBD Kalsel Bangun Posko Pusat Informasi
bpbd kalsel

Pemprov Kalsel

BPBD Kalsel Terima Donasi Rp100 Juta Dari Telkomsel untuk Penanggulangan Banjir
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Sambut Ramadan, Pemprov Kalsel Launching Pasar Murah ‘Door To Door’
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Paman Birin Minta Warga Banua Tetap Semangat dan Saling Tolong Menolong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com